fbpx
Tingkatkan Penjualan Saat HARBOLNAS

5 Tips Meningkatkan Penjualan Saat HARBOLNAS

HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) adalah festival tahunan yang diinisiasi beberapa e-commerce besar di Indonesia sejak tahun 2012. Pesta belanja ini menghadirkan berbagai produk menarik dengan banyak diskon dan promo menarik lainnya.

Dari tahun ke tahun, nilai transaksi pada kegiatan tahunan ini mengalami selalu trend peningkatan. JUBELIO memperkirakan untuk kedepannya akan terus meningkat karena masyarakat semakin percaya dalam bertransaksi secara online.

Untuk mendukung suksesnya pergelaran HARBOLNAS, JUBELIO berikan 5 tips untuk pebisnis agar bisa meningkatkan transaksi di berbagai channel penjualannya.

  1. Lakukan Analisa Penjualan 

    Pebisnis perlu melakukan analisa penjualan dari data tahun-tahun sebelumnya. Dari analisa penjualan tersebut, kemudian bisa memperkirakan produk apa beserta jumlah stok yang perlu dipersiapkan. Untuk mempermudah analisa penjualan, pebisnis bisa menggunakan tabel pivot yang tersedia di berbagai aplikasi.

  2. Rencanakan Penawaran Produk dan Harga

    Dari hasil analisa dan perkiraan penjualan, pebisnis perlu menyusun program penawaran agar pelanggan mau berbelanja lebih banyak. Beberapa cara yang bisa dilakukan seperti produk bundling, harga coret, dan banyak lainnya.

  3. Siapkan Persediaan/Stok Barang

    Pebisnis perlu memastikan jumlah stok barang yang tersedia, bahkan jika perlu mempersiapkan stok cadangan untuk meminimalisir risiko overselling. Meskipun nilai transaksi meningkat, risiko overselling dengan stok habis bisa mengakibatkan review negatif dari pelanggan. Jadi, pebisnis tidak hanya perlu memikirkan untuk meningkatkan transaksi, tapi juga pelayanan terhadap pelanggan juga penting untuk dilakukan.

  4. Sempurnakan teknis dan operasional bisnis

    Dengan jumlah order yang melonjak, membuat tim kamu akan sibuk untuk memprosesnya. Jika tidak di rencanakan dengan baik, bahkan bisa kewalahan menanganinya. Selain itu, jika proses operasionalnya berantakan bahkan banyak risiko yang bisa muncul.  Seperti stok yang tidak sinkron, barang tidak terkirim ke pelanggan, bahkan bisa ada barang hilang dan masih banyak lainnya. Pebisnis perlu memahami bagaimana alur proses kerja di berbagai channel penjualan dan juga di tim internal. Akan lebih baik, jika pebisnis bisa meng otomasi operasional bisnisnya dari hulu ke hilir. Sehingga bisa meminimalisir human error yang terjadi.

  5. Promosikan produk di berbagai channel

    Kegiatan HARBOLNAS ini dimeriahkan oleh berbagai marketplace atau e-commerce bahkan bisa melalui webstore brand pebisnis sendiri. Jadi, pebisnis pun sekarang tidak perlu takut untuk membuat promosi di berbagai channel penjualan tersebut.

Sekarang ini pebisnis bisa memaksimalkan pesanan di berbagai channel penjualan. Hal ini disebabkan adanya teknologi omnichannel untuk otomasi seluruh operasional bisnis. Mulai dari urus pesanan, sinkronisasi stok, integrasi marketplace, dan banyak lainnya. Bahkan, pebisnis bisa melakukan 5 kegiatan persiapan HARBOLNAS yang disebutkan di atas hanya dalam 1 dashboard.

Dengan platform omnichannel, pebisnis bisa melakukan efisiensi tenaga, biaya dan waktu. Selain itu pastinya bisa fokus untuk menjangkau pasar yang lebih luas karena seluruh operasional terintegrasi di didalamnya.

JUBELIO merupakan pionir platform omnichannel di Indonesia yang sudah dipercaya ribuan pebisnis untuk kelola bisnis mereka. Terbukti di berbagai event seperti HARBOLNAS, dan Hari Raya bisa terlaksana dengan lancar. Dengan menggunakan JUBELIO, para pebisnis bisa bekerja dengan tenang dan pelanggan pun menjadi senang.

Penasaran dengan cara JUBELIO memudahkan bisnis kamu? Klik tombol dibawah untuk informasi lebih lanjut.

Daftar Jubelio Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×