fbpx
7 Langkah Bikin Website Toko Online untuk Bisnis Offlinemu

7 Langkah Bikin Website Toko Online untuk Bisnis Offline mu

Bisnis selalu berkembang dan penjualan secara online tidak bisa lagi dihindarkan. Pebisnis pandai pasti mengerti betapa pentingnya buat website toko online untuk beradaptasi dengan dunia digital seperti sekarang ini.

Memiliki akun di berbagai marketplace tentunya menjadi alternatif dalam meningkatkan penjualan. Namun yang menjadi bahan pertimbangan bagi pebisnis adalah sulitnya untuk terlepas dengan kompetisi persaingan harga jika berada pada pasar yang sama.

Untuk menjawab atas persaingan harga yang terjadi, berikut kami sampaikan 7 langkah cepat untuk pebisnis bisa membuat website toko online untuk memasarkan produknya sendiri.

1. Planning

Persiapan yang matang akan membawa kesuksesan untuk situs toko online para pebisnis. Untuk itu mulai lah dari mencari jawaban atas beberapa pertanyaan berikut:

  • Fitur dan layanan apa saja yang dibutuhkan untuk buat web toko online?
  • Siapa yang bertanggung jawab dalam pembuatan situs toko online?
  • Berapa anggaran yang perlu dipersiapkan untuk pembuatan webstore?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa launching website toko online?
  • Adakah benefit tambahan yang bisa didapat jika membuat toko online?

Dari jawaban atas pertanyaan sederhana diatas, pebisnis bisa mulai merencanakan konsep website toko online yang sesuai kebutuhan. Selain itu bisa membantu dalam menentukan pilihan atas penyedia jasa yang akan digunakan.

2. Tentukan Nama Domain

Menentukan nama domain mungkin terdengar hal yang sederhana. Namun jika tidak dilakukan secara hati-hati, akan berdampak terhadap persepsi pelanggan terhadap produk atau brand para pebisnis.

Beberapa tips agar nama domain bisa meningkatkan kepercayaan para pelanggan:

  • Mudah dibaca – Hal ini dimaksudkan agar nama domain pebisnis bisa dengan mudah untuk dibicarakan dan disebarkan oleh pelanggan setia.
  • Mudah diingat – Semakin mudah untuk diingat, maka akan semakin gampang bagi pelanggan untuk kembali lagi ke website pebisnis.
  • Menunjukkan identitas brand – Nama domain sebisa mungkin mudah diasosiasikan dengan brand atau pebisnis. Hal ini karena akan semakin dapat menunjukkan karakter dari brand.

3. Pilih Tema Webstore

Kini saatnya pebisnis untuk membangun website, dengan dimulai dari memilih tema toko online. Dengan pilihan desain yang premium akan meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berseluncur di dalam situs yang pebisnis punya.

Selain desain premium, dibutuhkan juga desain yang responsive bisa diakses dengan mudah melalui mobile gadget. Dengan perilaku pelanggan yang semakin mobile, membuat fitur ini menjadi sangat krusial.

Secara tidak langsung, dengan desain premium dan responsif membuat website memiliki peluang lebih tinggi untuk mengkonversi pengunjung website menjadi pelanggan dari produk

4. Unggah Produk

Tampilkan produk terbaik yang bisa ditampilkan kepada para pelanggan. Saat mengunggah produk terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan atau terlupa untuk di unggah seperti foto produk, harga, spesifikasi atau informasi produk, maupun persediaan.

Semakin lengkap dan relevan informasi dari produk yang ditampilkan di website akan memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian.

Baca juga: 5 Tips Fotografi Untuk Membuat Pelanggan Tertarik Datang ke Toko Onlinemu

5. Masukkan Informasi Tambahan

Website toko online bukan hanya sekedar untuk berjualan. Namun juga bisa menjadi sarana “kehadiran” bagi brand di dunia digital. Dengan informasi tambahan tentang brand kamu, maka pelanggan pun akan semakin mengenal dan percaya dengan pebisnis.

Selain informasi tentang brand, pebisnis juga bisa menambahkan kebijakan atau tata cara bertransaksi. Dengan informasi yang lengkap dan jelas, pelanggan akan semakin nyaman dan betah berbelanja di website kamu.

6. Atur Layanan Pembayaran dan Pengiriman

Gerbang pembayaran dan proses pengiriman merupakan bagian penting dalam bisnis online. Pebisnis perlu atur layanan pembayaran dan pengiriman ini untuk dapat membuat pelanggan semakin nyaman.

Tentunya pebisnis perlu memilih penyedia gerbang pembayaran yang menyediakan layanan sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk urusan pengiriman, hal yang perlu diperhatikan adalah tambahan alamat pengiriman dalam website toko online jika berbeda dari alamat bisnis.

7. Go Live!

Pastikan sudah memahami dan menguasai jasa dan layanan yang pebisnis gunakan dalam membuat website toko online. Sebelum website toko online dijalankan, gunakan waktu sebaiknya untuk melakukan pengujian situs toko online.

Pengujian situs ini dapat mencakup kesalahan ketik, tautan yang bermasalah atau kendala lainnya. Pastikan kendala yang ada bisa teratasi dengan baik, pebisnis bisa meminta bantuan penyedia untuk memastikan semua berjalan lancar.

Membangun website toko online tidak harus menjadi sebuah project yang besar dan butuh waktu yang lama. Hal tersebut bergantung dengan banyak produk yang pebisnis miliki. Semakin banyak produknya semakin butuhkan waktu yang lebih lama.

Jadi mulailah untuk membuat rencana membuat website toko online. Semakin cepat untuk memulai, semakin cepat juga kesempatan untuk menjangkau pasar yang lebih luas untuk brand para pebisnis.

Dengan JUBELIO Store kamu bisa mendapatkan semua fitur secara lengkap. Bahkan pebisnis bisa mengatur semua operasional bisnis dalam satu platform omnichannel milik JUBELIO. Sehingga pebisnis tak perlu pusing lagi karena semua sudah terintegrasi dalam satu sistem.

Mau tahu lebih lanjut tentang JUBELIO Store? Coba gratis dengan klik tombol dibawah ini.

Daftar Jubelio Gratis!

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×