fbpx
ecommerce enabler

Apa Itu Ecommerce Enabler, Bagaimana Cara Mereka Membantu Pebisnis Digital?

102 juta atau 53% jumlah total dari populasi di Indonesia termasuk sebagai konsumen digital. Itu artinya, dalam ranah digital, kesempatan sebuah bisnis untuk berkembang sangatlah besar. Syaratnya satu, mereka mau mengubah cara tradisional pemasaran yang selama ini dijalankan.

Sebagai contoh, para pelapak di Tanah Abang. Selain masih menerima pesanan secara offline, mereka harus ikut andil ke dalam ranah digital, seperti membuat toko online baik itu di marketplace (Tokopedia, Lazada, Shopee, dll) hingga memiliki webstore.

Dengan melakukan strategi yang pas, mudah bagi mereka untuk mendapatkan banyak pesanan bahkan dari daerah yang jauh dari tempat mereka, luar kota maupun luar negeri.

Jika pesanan mulai banyak, hal itu akan berimbas kepada hal lain, seperti stok di dalam gudang, laporan keuangan dll. Pada saat inilah, peran ecommerce enabler berguna sebagai media perantara.

Apa yang dimaksud dengan ecommerce enabler dan bagaimana peran mereka bisa mempermudah bisnis dalam dunia digital?

Apa yang dimaksud dengan Ecommerce Enabler?

E-Commerce enabler adalah sebuah sistem yang bisa memecahkan masalah operasional dalam bisnis digital. Semua permasalahan end to end (A-Z) bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

Dengan kata lain, enabler ecommerce ini mirip seperti sebuah ekosistem dimana permasalahan seperti manajemen toko, pengolahan gudang (fulfillment), hingga Customer Relation Management (CRM) dikelola hanya dalam satu akun saja.

Sebagai contoh, pemrosesan pesanan dari semua marketplace bisa dikelola dalam satu kali klik. Kemudian, stok barang di gudang masing-masing produk akan otomatis berkurang sesuai dengan pesanan. Lalu, pengiriman barang juga diselesaikan di dalam gudang seketika itu juga.

Baca Juga: Omnichannel, Platform Bisnis yang Diperlukan Oleh Pebisnis Saat Ini

Peran E-Commerce Enabler

Ecommerce Enabler memiliki peran penting untuk mempermudah proses bisnis pebisnis. Beberapa diantaranya adalah:

1. Listing produk

Dengan adanya marketplace enabler ini, pebisnis gak perlu repot lagi upload produk satu persatu. Sebab, mereka hanya perlu lakukan sekali kemudian enablernya akan secara otomatis melisting produk itu ke marketplace, webstore ataupun sosial media sesuai keinginan kamu.

2. Jasa pembuatan webstore

Karena ini merupakan sebuah ekosistem yang besar, maka enabler bisa membantu para pebisnis untuk mewujudkan impian mereka dalam membuat webstore atau toko online. Dengan begitu, channel penjualan mereka semakin beragam dan variatif.

3. Point of Sales (POS)

Selain pembuatan webstore, enabler biasanya juga mempunyai sistem Point of Sales (POS) untuk membantu para pebisnis mempermudah urusan toko offline mereka. Dengan begitu, semuanya menjadi satu kesatuan yang bisa dikelola dalam sebuah dashboard saja.

4. Customer Service (CS)

Jika semua sistem sudah berjalan namun ada masalah dalam pelaksanannya, enabler mempunyai customer service yang dapat membantu memecahkan masalah tersebut. Sistem ini memastikan jika semua masalah bisa diselesaikan tanpa merugikan pebisnis.

Baca Juga: 5 Omnichannel Terbaik Untuk Mengelola Bisnismu Saat Ini

Jubelio Solusi Untuk Anda?

Jika kamu sedang mencari ecommerce enabler yang mampu menyelesaikan semua tersebut, maka Jubelio merupakan jawaban yang kemungkinan bisa membantu kamu!

Sebab, Jubelio mempunyai beberapa produk unggulan mulai dari omnichannel yang dapat menyelesaikan aktivitas bisnis ke marketplace, ecommerce, sosial media hingga webstore.

Selain itu, Jubelio juga mempunyai produk lain yaitu webstore yang memudahkan kamu untuk membuat website toko online. Tak hanya sampai disitu, Jubelio juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan pelanggan pertama dengan cara mengembangkan trafik.

Ada dedicated team yang akan membantu kamu mendapatkan trafik ke dalam toko online tersebut. Dengan kata lain, Jubelio tidak akan membiarkan toko online kamu sepi dari pengunjung.

Mau tau produk apa lagi yang bisa kamu dapatkan di dalam Jubelio?

Daftar Jubelio Gratis!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×