fbpx
apa itu faktur penjualan dan fungsinya?

Apa Itu Faktur Penjualan Dan Fungsinya dalam Sebuah Bisnis?

Apa itu faktur penjualan – Dalam dunia bisnis pasti akan selalu terjadi proses transaksi antara produsen, konsumen, dan distributor, proses transaksi tersebut akan berputar secara berulang-ulang.

Dalam proses transaksi tersebut nanti nya akan dibuatkan suatu catatan, seperti nota atau faktur yang digunakan untuk suatu bukti transaksi apabila telah terjadi suatu kesepakatan.

Selain sebagai bukti fisik dalam setiap transaksi, nota atau faktur tersebut dapat menjadi dokumen penting yang dapat disimpan oleh si konsumen maupun perusahaan untuk dijadikan record telah melakukan suatu transaksi.

Bagi para akuntan bukti transaksi adalah sesuatu yang sangat penting, karena dengan bukti transaksi tersebut mereka dapat melakukan pencatatan dan pembukuan untuk perusahaan mereka.

Ada banyak sekali jenis bukti transaksi salah satunya adalah faktur.

Faktur terbagi menjadi faktur penjualan dan faktur pembelian. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami maksud dari kedua faktur tersebut bahkan tidak mengetahui perbedaan dari kedua hal tersebut.

Apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki background akuntansi, padahal sebenarnya bukti-bukti transaksi seperti faktur tersebut sudah sering mereka lihat dalam kehidupan sehari-hari.

Pada pembahasan kali ini kita akan kupas tuntas mengenai apa itu faktur penjualan dan kegunaanya dalam sebuah bisnis.

Baca Juga: 4 Jenis Laporan Keuangan Sederhana yang Perlu Dipahami Pebisnis

Apa Itu Faktur Penjualan?

Faktur penjualan atau dalam bahasa Inggris adalah sales invoice merupakan alat bukti yang diterima seorang pembeli dari seorang penjual barang ataupun jasa.

Biasanya faktur penjualan akan diterima oleh si pembeli apabila produk yang dipesan telah tiba di tempat tujuan.

Namun ada juga yang mengirim fakturnya di awal transaksi, tergantung pada kesepakatan yang telah di sepakati.

Untuk lebih mudah nya berikut adalah contoh bentuk faktur penjualan tunai yang biasanya kita bisa lihat dan dapatkan melalui format spreadsheet dan format excel.

faktur penjualan

Fungsi Faktur Penjualan

Faktur penjualan memiliki fungsi-fungsi yang sangat baik dalam hal perpajakan maupun dalam hal pembukuan. Berikut beberapa fungsi tersebut,

  1. Sebagai bukti transaksi dalam penyusunan laporan keuangan
  2. Bukti transaksi dalam melakukan pelaporan pajak
  3. Informasi mengenai Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan Barang/Jasa Kena Pajak (BKP/JKP)
  4. Informasi jadwal tenggat pembayaran yang harus diselesaikan yang sangat penting dalam manajemen keuangan perusahaan
  5. Bukti Pemesanan jika terjadi kesalahan pengiriman barang pesanan
  6. Dokumen rujukan yang diperuntukkan penjualan kembali barang atau jasa

Baca Juga: 5 Omnichannel Terbaik Untuk Kelola Bisnis

Apa itu faktur penjualan? Mungkin, sekarang kamu sudah bisa menjawabnya. Namun, apakah kamu berpikiran untuk membuat faktur ini secara otomatis dan terhubung secara otomatis ke dalam sebuah sistem yang lebih besar? Kalo iya, berarti kamu harus menggunakan platform omnichannel Jubelio.

Dengan platform omnichannel Jubelio, semua urusan bisnis kamu bisa diselesaikan secara cepat, mulai dari listing barang ke marketplace, proses integrasi, pemenuhan pesanan pelanggan.

Selain disebut sebagai platform omnichannel, Jubelio juga merupakan ecommerce enabler yang membantu kamu berjualan di semua marketplace secara lebih hemat waktu.

Singkatnya, kamu hanya perlu melakukan satu aktivitas saja melalui Jubelio, nanti secara otomatis akan terupdate di semua marketplace kamu berjualan.

Penasaran dengan Jubelio? Klik di bawah sini buat cari tahu lebih jauh sekaligus daftar gratisnya ya.

Daftar Jubelio Gratis!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×