fbpx
toko-pasti-puas-blog

Cerita Pebisnis #3 – Strategi Menangkan Hati Pelanggan Ala Toko Pasti Puas

Jubelio bertemu dengan Kak Tania, pemilik dari Toko Pasti Puas yang berdomisili di daerah Depok.

Toko Pasti Puas menjual produk atau alat rumah tangga, seperti sapu, perkakas, gayung, tong sampah dan sebagainya. Kamu bisa dengan mudah mencari toko tersebut di marketplace-marketplace.

Dalam pertemuan tersebut, Kak Tania bercerita sedikit mengenai pengalamannya menjadi seorang pebisnis yang berawal dari ketidaksengajaan ketika masih bekerja dahulu.

Selain itu, ia juga memberikan sedikit tips dan trik agar sukses berjualan di marketplace tanpa mengeluarkan budget untuk iklan sama sekali.

Baca Juga: Cerita Pebisnis #1 – Omset Naik 4 Kali Lipat Semenjak Pakai Jubelio

Bagaimana awal mula toko pasti puas ini bisa terbuat?

Pas masih kuliah, emang punya niat untuk buat usaha tapi belum mantep karena masih mahasiswa juga. Terus pas udah kerja, mulai nih pengen coba untuk seriusin keinginan dulu. Makanya, saya mulai bangun Toko Pasti Puas ini.

Sebelumnya, ada usaha lain atau ini yang pertama?

Ini usaha saya yang pertama karena sebelumnya kan saya kerja di salah satu ecommerce di Indonesia. Pas kerja, saya bikin toko ini jadi awalnya cuma untuk tes akun aja.

Saya bekerja di divisi untuk membantu para seller-seller di ecommerce tersebut untuk tumbuh dalam segi penjualan. Jadi, akun itu buat tau masalah-masalah para seller dan cara penanganannya ketika orderan meningkat pemenuhan pesanannya tidak terganggu

Nah akun jualan itu jadi demo gimana si rasanya jadi seller dan memecahkan masalah mereka selama menangani masalah penjualan.

Jadi pas saya ketemu para seller, saya bisa memberikan masukkan yang sesuai karena saya sudah mencoba bagaimana berjualan secara online.

Terus, gimana pas pertama kali coba berjualan?

Awalnya saya coba berjualan dari rumah. Semua barang ada di rumah dan yang ngurusin sih ada ‘mbak’. Kerjaan dia di rumah gak banyak, makanya dia bantu-bantu saya buat nyiapin pesanan sama kirim ke pelanggan.

Kemudian, saya investasi beli printer yang bisa cetak resi sendiri dari rumah ketika saya kirim resinya dari kantor.

Jadi pas resinya keluar, si mbak bisa cari barang dan terus siapin buat dikirim.

Dulu juga barangnya baru dua macem aja, susu dan pampers belum banyak seperti sekarang.

Banyak yang jual susu dan pampers di marketplace, itu bagaimana cara mengatasi persaingannya?

Kalo dulu saya motivasinya bukan untung, makanya bener-bener dari harga belinya, saya cuma ambil profit sedikit jadi bisa bersaing sama penjual-penjual lain di marketplace.

Jadi pas orang kebanyakan pada main iklan, saya pilih cara biasa aja karena emang orientasinya kan bukan buat bisnis. Nah tapi berjalannya waktu, penjualannya malah banyak dan reviewnya juga lumayan makanya orang pada semakin percaya beli di toko saya ini.

Terus reviewnya kalo udah banyak nah bisa tuh mulai deh naikkin harganya sedikit sama kayak penjual lain yang penting jangan paling mahal sendiri. Jualan kita pasti bisa bersaing soalnya harga gak beda jauh dan review dari konsumen juga bagus.

Baca Juga: Cerita Pebisnis #2 – Penjualan Tetap Meningkat di Masa Pandemi

Pas awal mulai jualan di marketplace, berapa lama sampe dapet penjualan pertama?

Wah lumayan juga tuh, ada sampe dua minggu baru dapet orderan pertama. Terus, orderan kedua juga gak dapet dalam waktu cepet ada jarak waktu yang lumayan juga dulu.

Mungkin emang karena dulu orientasinya bukan cari untung kali ya, jadi saya santai aja dan gak tergiur buat pake iklan dan lain-lain gitu. Tapi lama-lama, penjualan dateng juga kok walaupun waktunya gak tau pasti kapan.

Terus, kapan sih pindah dari jualan di rumah sampe punya gudang sendiri?

Pertamanya, gak sadar aja sih kamar itu udah jadi kayak gudang. Ada tempat kosong sedikit, pasti bakal ditempatin buat menaruh barang-barang jualan, kayak di bawah kasur sama sudut-sudut ruangan kamar sampe belakang garasi mobil di rumah saya.

Orang tua saya kan di luar kota, sedangkan saya tinggal disini sama saudara jadinya pas mereka dateng, mereka kaget. Mereka melihat kamar saya kok jadi kayak gudang gitu, banyak barang-barang buat jualan.

Orang tua yang melihat saya kok sepertinya punya minat untuk bisnis sendiri, mereka support saya. Mereka kemudian nyariin saya tempat buat menaruh barang-barang ini. Akhirnya, saya pindahin semua barang-barang di rumah ke gudang yang sekarang di tempatin ini.

Bisnis udah besar, terus kapan sih kepikiran buat pake omnichannel Jubelio?

Sebelum pindah ke gudang yang sekarang, saya emang udah tau Jubelio. Soalnya, banyak dari klien-klien saya pas masih kerja, udah pake Jubelio ini buat mempermudah bisnis mereka.

Nah makanya pas mau pindah ke gudang yang sekarang, saya udah siapin jadwal untuk mulai pake Jubelio. Jadi pas udah di tempat yang baru ini, semuanya langsung bisa diurus lewat Jubelio aja.

Fitur apa sih yang bikin kak Tania memerlukan omnichannel seperti Jubelio?

Saya kan jualan di marketplace nah itu perlu banget buat untuk sync stok-nya, jadi biar stok di marketplace sama di gudang saya tuh selalu sama.

Sebelumnya ada beberapa pilihan sih, tapi saya dikasih tau temen saya kalo dia pake Jubelio. Fitur-fiturnya juga cukup lengkap jadi saya akhirnya ikutan pilih Jubelio.

Balik lagi sih, menurut saya emang fitur sync stok emang paling berguna banget sih. Soalnya, kan saya jualan di banyak marketplace tuh, gak mungkin saya harus adjust stoknya manual satu persatu pasti bakal makan waktu banget belum lagi ada aja kesalahan yang bisa terjadi.

Apa yang dilakukan oleh Toko Pasti Puas selama masa pandemi ini?

Kita berkolaborasi dengan Yayasan Dharma Bakti Astra atau YDBA yang membina UMKM-UMKM. Toko Pasti Puas membantu memasarkan produk mereka secara online. Jadi, UMKM yang membuat produknya nanti dititipkan ke kita untuk dipasarkan dan dijual di marketplace.

Emang pas pandemi kayak gini, UMKM itu penjualannya menurun karena masih menggunakan metode offline. Makanya, YDBA dan Toko Pasti Puas berkolaborasi untuk bersama-sama membantu UMKM agar produk-produk nya dapat dipasarkan di pasar online.

Bentuk kolaborasi seperti ini bagus soalnya kita bisa membantu untuk memasarkan dan menjual barang barang UMKM. Toko Pasti Puas membantu dari mulai dari foto produk, upload produk, customer service, pemenuhan dan packing pesanan,dll dan UMKM bisa fokus untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk.

Toko Pasti Puas menggunakan Jubelio untuk mempermudah aktivitas bisnis mereka, seperti pemrosesan pesanan dari marketplace, pencatatan laporan, penggunaan akunting, dll.

Jika kamu membutuhkan sebuah platform yang dapat memudahkan kegiatan operasional bisnis, kenapa gak coba Jubelio aja? Lebih hemat waktu, efisien dan tidak membuang banyak tenaga. Klik di bawah ini untuk mencoba Jubelio.

Daftar Jubelio Gratis!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

×