fbpx
gudang online

4 Gudang Online Buat Pebisnis yang Males Kelola Stok Sendiri

Gudang Online – Bagi para pebisnis besar, yang sudah menjual produknya ratusan hingga ribuan order perhari, gudang adalah masalah vital. Sebab, disana semua stok akan disimpan dalam waktu lama.

Pengelolaan sebuah gudang sendiri tidaklah mudah, mulai dari pembersihan, perapihan berkala hingg pengecekan. Sungguh merupakan kegiatan yang menguras waktu, tenaga dan juga pastinya uang.

Terlebih untuk barang-barang berkebutuhan khusus seperti makanan dan minuman, gudang harus diatur sedemikian rupa. Jika tidak, maka stok hanya akan berakhir di tempat sampah alias dibuang karena rusak.

Apakah itu sebuah kerugian? Tentu saja iya, dan itu harus dihindari oleh para pengusaha.

Baca Juga: Jubelio Luncurkan Layanan Terbaru dalam Ekosistem Logistik Bisnis Online: Fulfillment

Berdasarkan pengalaman tersebut, kini ada inovasi terbaru bernama fulfillment. Di Indonesia, biasanya juga disebut sebagai gudang online.

Fungsi dari gudang ini adalah tempat penyimpanan bersama semua pebisnis. Dengan kata lain, kamu tidak perlu lagi punya gudang sendiri sebab bisa dititipkan ke gudang bersama tersebut.

Apakah barang kamu akan aman? Tentu saja iya, dan dijamin oleh sang pemilik gudang.

Di bawah ini, ada beberapa pemain gudang online besar yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Dan mungkin bisa kamu coba untuk bisnis kamu.

Gudang Online Amazon

Siapa yang tidak kenal Amazon? Raksasa ecommerce asal Amerika Serikat tersebut mempunyai gudang online bersama yang cukup luas. Jika dihitung, luasnya bisa mencapai 14 kali lapangan sepakbola profesional.

Bisa dibayangkan? Itu hanya gudang bersama pusat mereka yang berada di US.

Belum lagi, mereka sudah mempunyai cabang di belasan negara di dunia. Semenjak berita ini diturunkan, Amazon belum mempunyai cabang di Indonesia, namun kemungkinan ke depannya akan ada.

Di gudang tersebut, semua barang para penjual Amazon berada. Jadi ketika ada pesanan masuk, pemilik bisnis hanya akan memencet tombol proses dan sisanya akan dikerjakan oleh Amazon.

Itulah mudahnya menggunakan gudang bersama ini.

Sedikit tambahan, Amazon Fulfillment Center merupakan pionir dari jenis bisnis ini. Baca lebih lengkap disini.

Baca juga : 6 Aplikasi Gudang Untuk Memudahkan Perhitungan Stok Barang

Boeing Everett Factory

Jika Amazon dikenal sebagai pionir, berbeda dengan Boeing Everett Factory. Ini merupakan gudang online terbesar yang ada di dunia. Luasnya hampir mencapai 400.000 m2.

Saking besarnya, tempat ini jauh lebih luas dibandingkan semua Disneyland. Lantas, apa saja barang-barang yang disimpan disini?

Ini merupakan tempat penyimpanan, pembuatan dan perakitan pesawat skala internasional.

Terletak di Washington, tempat ini memiliki jarak gudang yang besar. Bahkan pegawai mereka harus menggunakan alat transportasi seperti sepeda apabila ingin berpindah dari satu gudang ke gudang lainnya.

Tesla Warehouse

Apakah Ironman hanya toko fiksi? Sepertinya sebentar lagi bisa menjadi kenyataan. Orang dibalik itu semua adalah Elon Musk bersama dengan perusahaanya yaitu Tesla Company.

Mereka mempunyai gudang penyimpanan sendiri untuk menyimpan semua barang canggih yang mereka buat seperti mobil, motor hingga alat transportasi lainnya. Banyak juga alat canggih selain transportasi yang mereka ciptakan.

Konon kabarnya, di tempat ini juga terdapat ratusan robot yang masuk ke dalam tahap produksi. Akankah Ironman menjadi kenyataan dalam waktu dekat?

Baca Juga: Apa Itu Fulfillment, Fungsi dan Cara Kerjanya dalam Dunia Bisnis?

Jubelio Fulfillment

Gudang online terakhir adalah Jubelio Fulfillment. Tempat penyimpanan barang bersama ini diperuntukkan khusus para pebisnis yang tidak mempunyai atau malas untuk stok barang sendiri.

Dengan Jubelio Fulfillment, semua kegiatan operasional mulai dari pengemasan, pengiriman hingga penyelesaian dilakukan oleh sistem Jubelio.

Sehingga, pebisnis gak perlu lagi bingung dengan stok. Mereka hanya perlu melakukan proses pesanan dari rumah masing-masing. Setelah itu, proses dikendalikan oleh Jubelio.

Tidak ada lagi barang yang rusak, cacat dan gagal jual. Sebagai pebisnis, kamu juga tidak perlu mengeluh kehilangan banyak waktu karena barang rusak, ataupun membayar gaji pegawai.

Semuanya diselesaikan dalam waktu singkat, tidak perlu ribet dan pastinya efisien.

Ditambah dengan fulfillment ini memudahkan kamu dalam  kelola gudang loh karena lebih efisien kamu cukup kelola dalam satu sistem dashboard aja.

Penasaran dengan cara kerja Jubelio Fulfillment dan mau tanya lebih lanjut? coba tanya kami dengan klik tombol di bawah ini.

Tanya Seputar Promo

Mau daftar dan cobain dulu produk Jubelio? klik tombol di bawah ini

Daftar Jubelio Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

×