fbpx
macam macam jasa pengiriman barang

Macam Macam Jasa Pengiriman Barang yang Ada di Indonesia

Macam macam jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia – Semakin pesatnya perkembangan teknologi kemudian juga dibarengi dengan keadaan pasca pandemi corona, orang-orang malas belanja di luar. Dengan begitu, ecommerce dan marketplace semakin ramai lantaran bisa diakses dengan sangat mudah melalui smartphone ataupun laptop.

Trafik pembelian yang terus meningkat, membuat jasa pengiriman barang terkena imbasnya. Setiap harinya, ribuan hingga puluhan ribu barang terkirim sehingga membuat bisnis jasa pengiriman barang semakin diuntungkan.

Tak ayal, peningkatan ini membuat berbagai pebisnis melihat adanya peluang besar di sektor ini jika mereka ikut ‘bermain’.

Berbagai macam macam jasa pengiriman barang pun mulai bermunculan. Di bawah ini, saya akan menjelaskan beberapa jenis yang cukup populer di Indonesia berdasarkan pengelolaan dan jenis layanannya.

Baca Juga: 3 Cara Bikin Jualan Laku Saat Pesta Belanja Online

Macam Macam Jasa Pengiriman Barang di Indonesia

1. Berdasarkan Rute Pengiriman

Jika berbicara antar pengiriman, berarti itu dibagi 3 yakni antar kota, antar pulau dan antar negara. Apa perbedaan signifikan dari ketiga jenis tersebut? Biasanya adalah alat transportasinya.

Antar kota biasanya menggunakan kendaraan mobil, truk dan semacamnya. Antar pulau, dimuat dengan menggunakan kapal barang. Sedangkan antar negara, bisa dimuat dengan menggunakan pesawat.

2. Berdasarkan Pengelola Jasa

Berbicara mengenai pengelola jasa, itu berarti dibagi dua yakni milik negara dan swasta.

Pengelolaan milik negara itu hanya ada satu yaitu POS Indonesia.

Bukan hanya pertama sebagai milik negara, tetapi juga menjadi pionir perusahaan ekspedisi di Indonesia. POS Indonesia tidak hanya melayani barang saja melainkan juga dokumen maupun surat-surat penting lainnya.

Kalo swasta, itu ada banyak seperti JNE, JNT, Si Cepat, Wahana Logistic dll. Biasanya, jasa pengiriman ini bisa kamu temukan ketika sedang berbelanja online di marketplace.

3. Berdasarkan Jalur Transportasi

Semua jalur transportasi bisa digunakan sebagai ‘wadah’ untuk pengiriman barang yaitu darat, laut dan udara.

Biasanya, pembagian pengirimannya digunakan berdasarkan jarak tempuh sebuah barang dikirimkan. Sebagai contoh, pengiriman barang dari Aceh ke Papua, itu kemungkinan besar menggunakan jalur transportasi udara mengingat jauhnya jarak yang ditempuh.

Baca Juga: Kelola Stok Barang Secara Otomatis di Marketplace, Emang Bisa?

Pebisnis Perlu Tahu!

Buat para pebisnis, kamu perlu mengetahui hal ini. Kenapa? karena kamu terlibat kerjasama dengan mereka.

Biasanya kerjasama para pebisnis dengan jasa pengiriman dimulai dari pembuatan resi hingga pengiriman. Nah buat kamu yang orderannya puluhan, ratusan hingga ribuan, pasti males kan harus buat resi manual satu persatu.

Jubelio punya solusinya nih!

Dengan menggunakan platform omnichannel Jubelio, resi akan otomatis terbuat dan kamu bisa langsung cetak terus tempel deh. Kalo orderan ratusan hingga ribuan, bisa juga langsung otomatis kok.

Penasaran dengan fitur-fitur lainnya dari Jubelio? Coba deh klik tombol di bawah ini.

Daftar Jubelio Gratis!

 

 

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×