fbpx
Aplikasi Stock Opname Gudang

4 Tips Melakukan Stock Opname Gudang Dengan Tepat

Dalam sebuah bisnis hal yang paling penting harus kamu lakukan sebelum memasarkan produk jualan kamu adalah melakukan stock opname gudang.

Stok opname adalah salah satu hal rutin yang harus kamu lakukan untuk mengetahui ketersediaan stok barang di toko maupun gudang.

Nah, untuk melakukan perhitungan stok barang gudang membutuhkan upaya lebih bagi pebisnis. Maka dari itu, aku mau kasih tips ke kamu mengenai stock opname barang gudang yang tepat.

Tujuan Stock Opname Gudang

Tujuan utama dilakukan stok opname gudang adalah untuk mengetahui catatan dalam pembukuan bisnis kamu. Karena dengan adanya stok opname gudang kamu bisa tahu secara detail mengenai stok barang yang ada di gudang.

Setelah itu kamu akan menyesuaikannya dengan catatan data pembukuan  yang ada untuk disesuaikan jumlah dan nilainya.

Selain itu, stock opname dilakukan untuk mengurangi kejadian selisih antara barang persediaan dan data yang ada dipembukuan.

Langkah Melakukan Stock Opname Gudang 

Ada 4 tips dalam melakukan stok opname gudang yang harus kamu ketahui agar tidak terjadi kesalahan atau selisih antara persediaan barang dengan data, diantaranya :

1. Melakukan Pemetaan Produk

Tahap pertama, kamu mesti lakukan pemetaan produk sesuai dengan jenis dan kategorinya. Caranya kamu bisa meminta bantuan orang gudang untuk memberikan tag atau stiker di setiap stock barang.

Tujuannya adalah agar kamu lebih mudah menemukan produk yang akan dihitung dan merapikan persediaan gudang yang kamu miliki.

Baca juga : Cara Membuat Beserta Contoh Laporan Stock Opname Barang 

2. Jangan Lupa Double Check

Ada hal yang enggak boleh kamu lupakan yaitu double check. Kamu bisa melakukan perhitungan barang minimal 2 kali supaya hasil  yang didapatkan benar serta untuk mengecek takut adanya kekeliruan.

Tips mudahnya kalo kamu melakukan perhitungan akan lebih baik jika kamu memberikan tanda agar tidak terhitung dua kali.

3. Lakukan Stock Opname Secara Rutin

Hal penting lainnya adalah kamu harus menjadwalkan stok opname secara rutin untuk menghindari kerugian usaha kamu.

Dalam melakukan stok opname barang kamu bisa memilih hari yang tidak banyak terjadi transaksi, jangan lakukan pada saat peak season.

Kamu bisa melakukan stok barang gudang sesuai dengan kebutuhan bisnis, bisa satu bulan sekali atau tiap 3 bulan sekali.

Baca juga : 6 Aplikasi Gudang Untuk Memudahkan Perhitungan Stok Barang

4. Manfaatkan Teknologi

Terakhir, semakin berkembangnya teknologi pasti memudahkan kamu dalam mengurus segala hal. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan teknologi dalam melakukan perhitungan persediaan barang gudang.

Salah satunya dengan menggunakan Warehouse Management System (WMS) dari Jubelio. Kamu bisa membuat denah visual rak, kamu bisa lacak keluar masuk barang, dan kamu bisa mengetahui stok barang kamu di gudang.

Ditambah kamu bisa melakukan proses putaway, picking, packing, dan shipping cukup melalui sistem WMS Jubelio aja. Sistem manajemen gudang ini termasuk ke Jubelio Omnichannel juga loh.

Jubelio omnichannel ini memudahkan kamu dalam mengatur bisnis karena kamu bisa kelola sistem gudang, persediaan barang, laporan keuangan hanya dalam satu sistem aja. Mudah bukan ?

Jadi, tunggu apalagi ? Kamu bisa langsung daftar secara GRATIS tinggal klik tombol Daftar Jubelio dibawah ini aja.

Daftar Jubelio Gratis!

Kamu juga bisa langsung tanya-tanya nih mengenai WMS dari Jubelio, caranya klik tombol dibawah ini ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×