fbpx
Menciptakan dan mempertahankan loyalitas konsumen kamu

5 Cara Menciptakan Loyalitas Konsumen Saat Harbolnas

Pasti saat momen Harbolnas kamu kewalahan untuk mengurus segala orderan yang masuk, tapi kamu pernah enggak sih kepikiran kalo misalnya loyalitas konsumen enggak cuma dilihat dari produk kamu aja?

Ternyata seorang pelanggan akan loyal terhadap bisnis atau brand, kalo misalnya toko bisa membuat mereka puas dan senang dalam memenuhi kebutuhan mereka lho.

Oiya tapi kamu tahu gak sih loyalitas konsumen itu apa?

Jadi, loyalitas konsumen adalah wujud kesetiaan pelanggan untuk menggunakan suatu produk secara terus menerus dan biasanya mereka akan merekomendasikannya ke orang lain.

Ada tingkat loyalitas konsumen dan indikator seperti membeli secara berulang dan kepercayaan pembeli terhadap brand kamu.

Nah, supaya kamu tahu seperti apa jenis pelanggan yang loyal, kamu bisa baca artikel di bawah ini dulu ya.

Baca juga : 3 Jenis Pelanggan dan Karakteristiknya

Kalo kamu udah tau, terus gimana sih cara mempertahankan loyalitas konsumen apalagi saat momen harbolnas:

Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen agar mereka mengingat serta membeli produk kamu terus menerus dan meningkatkan penjualan, diantaranya.

1. Tingkatkan Kualitas Produk

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebelumnya adalah meningkatkan kualitas produk jualan kamu sebelum momen harbolas.

Kenapa? karena biasanya pelanggan akan melihat kualitas produk terlebih dahulu sebelum akhirnya menjadi konsumen loyal.

Produk berkaitan langsung kepada konsumen kamu karena jika mereka puas dengan produk kamu maka mereka akan membeli barang kamu secara terus menerus.

2. Konsisten untuk Memberikan Pelayanan

Biasanya saat momen harbolnas, kamu kewalahan untuk memenuhi pesanan konsumen kamu sehingga kamu mengabaikan pelayanan yang baik terhadap konsumen.

Padahal itu adalah hal yang salah, karena seorang konsumen akan menjadi loyal jika diberikan pelayanan yang baik juga.

Terlebih saat harbolnas biasanya pelanggan akan menanyakan seputar produk jualan kamu melalui chat.

3. Buat Program Rewards

Kalo kamu ingin mempertahankan konsumen loyal kamu, kamu bisa membuat program rewards untuk mereka misalnya memberikan gratis satu produk atau diskon untuk pelanggan yang sudah membeli produk kamu sebanyak 5 kali.

Kenapa sih kamu mesti membuat penawaran spesial?

Karena biasanya konsumen loyal akan merasa senang jika diberikan rewards khusus untuk dirinya dan dengan begitu biasanya secara tidak sadar mereka akan menyebarkan lagi ke orang lain (word of mouth).

Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Penjualan Saat Momen Harbolnas

4. Tangani Keluhan dengan Baik

Jika kamu ingin menciptakan loyalitas konsumen selain meningkatkan kualitas produk dan memberikan pelayanan yang baik.

Kamu harus juga bisa menangani setiap keluhan konsumen karena itu termasuk ke dalam service dari bisnis kamu.

Biasanya banyak keluhan yang disampaikan konsumen seperti waktu pengiriman barang sampai produk yang dikirim tidak sesuai.

Cara untuk menangani keluhan konsumen adalah kamu jangan sampai terbawa emosi saat menanggapinya dan kalau bisa kamu cepat dalam menangani permasalahan tersebut.

5. Kamu Bisa Membangun Komunikasi 

Agar konsumen kamu ingat dengan produk atau brand bisnis kamu salah satunya dengan membangun komunikasi. Cara ini cukup mudah dilakukan, dengan cara ini kamu bisa sambil memasarkan produk baru juga.

Setelah momen harbolnas kamu tetap menjalin hubungan baik dengan konsumen. Banyak channel yang bisa kamu lakukan misalnya mengirimkan Newsletter, Whatsapp Business, atau chat commerce.

Kalo kamu berjualan di marketplace atau E-commerce pasti kewalahan menangani chat dari pelanggan kamu apalagi saat momen harbolnas tiba.

Kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membalas pesan mereka satu persatu. Tapi sekarang kamu enggak perlu membalas pesan satu persatu lagi, karena kamu bisa gunakan software Jubelio Chat.

Sebagai platform omnichannel, Jubelio menyediakan fitur chat yang tentunya efektif dan efisien karena kamu tinggal membalas pesan konsumen hanya dalam satu sistem aja.

Nah, kalo kamu masih penasaran sama Jubelio Chat kamu bisa tanya dengan klik tombol tanya di bawah ini ya

Atau kamu mau coba Jubelio Chat secara GRATIS dengan klik Daftar Jubelio Gratis di bawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×