fbpx
Indikator kepuasan pelanggan

5 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Wajib Kamu Ketahui

Indikator Kepuasan Pelanggan atau Konsumen – Dalam berbisnis tentu salah satu hal yang harus dilakukan adalah memasarkan produk kita agar dikenal oleh banyak orang.

Tapi salah satu penentu keberhasilan pemasaran produk adalah kepuasan pelanggan terhadap usaha kamu.

Nah, maka dari itu kamu harus memahami nih apa itu indikator kepuasan pelanggan dan apa saja yang termasuk indikator penentu kepuasan konsumen.

Simak penjelasannya setelah ini ya.

Apa Itu Indikator Kepuasan Konsumen?

Indikator Kepuasan Pelanggan adalah tingkatan dimana kepuasan konsumen setelah mereka membandingkan suatu produk yang diterima dengan yang diharapkan.

Dari kepuasan konsumen ini bisa membuat pelanggan kamu setia sama produk yang kamu jual. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca artikel dibawah sini ya.

Baca juga : Kepuasan Pelanggan : Pengertian Beserta Jenis yang Wajib Diketahui

Indikator Kepuasan Pelanggan

Dalam menentukan apakah konsumen kita merasa puas dengan produk atau toko kita, kamu dapat melihatnya secara umum dengan 5 indikator kepuasan konsumen.

1. Kualitas Produk 

Sebagai pelanggan, pasti kita mengharapkan produk yang kita beli memiliki kualitas produk yang bagus sesuai dengan klaim atau iklan.

Maka dari itu, kamu sebagai pebisnis perlu memperhatikan kualitas produk jualan kamu agar tidak mengecewakan konsumen.

2. Kualitas Pelayanan Konsumen

Berikutnya adalah kualitas pelayanan. Kenapa kualitas pelayanan menjadi faktor kepuasan konsumen juga ? karena dengan pelayanan yang baik, konsumen kamu akan merasa nyaman.

Faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan seperti kecepatan, ketepatan, dan keramahan customer service kamu dalam melayani pelanggan.

Baca juga : Pentingnya Loyalitas Pelanggan Dalam Keberlangsungan Bisnis

3. Harga Suatu Produk

Harga produk yang ditawarkan tentu sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen kamu loh, karena mereka biasanya ragu-ragu untuk membelinya jika harganya mahal mereka takut tidak sesuai dengan kualiat produk.

Maka dari itu, kamu dapat menyesuaikan antara harga dengan produk yang ditawarkan karena hal tersebut merupakan faktor penentu kepuasan pelanggan.

4. Kemudahan Mengakses Produk

Konsumen akan merasa puas jika produk yang mereka inginkan mudah untuk dibeli. Dalam hal ini, akses untuk membeli produk juga harus kamu perhatikan.

Karena biasanya pelanggan menghindari pembelian produk yang prosesnya susah dan sulit ditemukan.

Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Penjualan Saat Momen Harbolnas

5. Cara Iklan Produk

Selain empat hal sebelumnya, ternyata cara kamu mengiklankan produk juga sebagai indikator kepuasan konsumen kamu loh.

Karena kamu harus membuat iklan produk yang mudah dimengerti dan sesuai dengan target pasar kamu.

Keberhasilan sebuah usaha bukan hanya mengukur kepuasan pelanggan loh tapi bagaimana kamu sebagai pebisnis dapat mengelola usaha mulai dari laporan keuangan, manajemen persediaan barang, sampai laporan penjualan juga.

Mungkin sebagian dari kamu, masih melakukan hal tersebut secara manual. Padahal sekarang lebih mudah karena tersedianya software yang membantu kamu kelola usaha misalnya Jubelio.

Dengan Jubelio kamu udah bisa kelola semua penjualan kamu mau yang online atau offline karena semuanya udah terintegrasi secara otomatis. Jadi, kamu mengurus usaha hanya dalam satu sistem dashboard aja deh. Mudah bukan ?

Ditambah banyaknya fitur Jubelio seperti Omni channel, Jubelio POS, dan Jubelio Store. Kamu pengen tahu kelebihan dari semua fitur tersebut ? Bisa langsung tanya, tinggal klik Tanya Jubelio dibawah ini ya

Kamu bisa cari tahu dulu keunggulan dari semua fitur Jubelio atau langsung daftar secara GRATIS, klik tombol dibawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

×