fbpx
Apa itu inventory manajemen

Apa Itu Inventory Management dan Tips Pengelolaan Otomatis

Pernah mengalami kehabisan stok secara tiba-tiba atau kesulitan untuk melacak informasi produk ?

Tandanya bisnis kamu belum bisa melakukan pengelolaan stok barang secara optimal nih, dengan begitu kamu dapat menerapkan sistem manajemen persediaan.

Apalagi pada perusahaan manufaktur, kemungkinan dapat terjadi kehabisan bahan baku sehingga menyebabkan tertundanya proses produksi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kekurangan bahan mentah tersebut ?

Kamu membutuhkan manajemen inventory yang efisien dan efektif untuk menunjang setiap proses produksi sampai distribusi barang.

Nah, sebelum itu kamu mesti paham dulu apa itu inventory, manfaat manajemen inventory, dan tips melakukan pengelolaan stok barang otomatis.

Apa yang Dimaksud Inventory Management System ?

manajemen inventory control

Mungkin sebagian dari pebisnis belum tahu nih apa itu inventory manajemen dan tujuan utama melakukan pengelolaan stok barang.

Jadi, manajemen inventory adalah sebuah proses pencarian, penyimpanan, hingga menjual produk. Bisa saat pemrosesan bahan baku maupun barang jadi yang siap dijual.

Untuk mengelola stok barang agar lebih efektif, kamu dapat menerapkan metode manajemen persediaan barang agar lebih mudah.

Dimana tujuan manajemen persediaan yang paling utama ialah meminimalisir biaya yang dikeluarkan oleh bisnis kamu sehingga lebih efisien.

Perusahaan kamu bisa menghasilkan laba yang lebih optimal pula.

Baca juga : 5 Fungsi Manajemen Sistem Pergudangan yang Perlu Diketahui

Pentingnya Manajemen Persediaan yang Efisien

apa itu inventory dan Pentingnya manajemen persediaan

Setelah kamu mengetahui apa itu inventory barang, berikutnya kamu harus paham mengapa manajemen persediaan yang efisien berperan penting bagi sebuah bisnis.

Pengelolaan manajemen inventory akan membantu bisnis kamu dalam jangka waktu panjang.

Sebab, tanpa mengelola persediaan barang dengan baik bisa menyebabkan bisnis kamu mengalami kelebihan dan kekurangan stok barang (overselling), kesalahan pengiriman, dan lainnya.

Maka dari itu kamu wajib melakukan inventory control maupun pengelolaan sistem manajamen gudang (WMS).

Terlebih manajemen inventory dalam bisnis ritel, sangat diperlukan dalam keberlangsungan usaha karena barang yang dikelola banyak.

Terdapat 2 contoh manajemen persediaan yang terbagi menjadi persediaan barang dagang seperti pada bisnis ritel dan satu lagi pada perusahaan manufaktur.

Dimana lebih luas dalam mengatur stok barang, mulai dari bahan baku produksi sampai barang jadi.

Faktor yang Mempengaruhi Persediaan Barang 

faktor manajemen persediaan barang gudang

Sebelum kamu melakukan kontrol pada persediaan barang, kamu wajib pahami terlebih dahulu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat persediaan, diantaranya:

  • Jumlah dana yang telah tersedia dan mempengaruhi tingkat pembelian persediaan
  • Tingkat penawaran dan permintaan barang di pasar
  • Daya tahan barang, apakah dapat bertahan lama atau memiliki jangka waktu yang sedikit biasanya terdapat masa kadaluarsa.
  • Frekuensi pembelian barang, semakin barang tersebut banyak diminati konsumen maka jumlah persediaan akan cepat menipis.
  • Waktu tunggu barang ketika dipesan
  • Bencana, persediaan barang juga dipengaruhi terjadinya bencana alam maupun bencana yang disebabkan oleh manusia seperti kebakaran.

Maka dari itu, kamu membutuhkan platform Jubelio yang dapat membantu dan memudahkan dalam mengelola persediaan stok barang.

Untuk menggunakan Jubelio software inventory management terbaik, bisa langsung COBA GRATIS, dan dapatkan penawaran spesial dengan klik tombol di bawah ini.

Ikut Demo Jubelio

Banner Coba Gratis Jubelio

Baca juga : Sistem Pencatatan Persediaan Barang, Mana yang Kamu Pakai ?

Tips Melakukan Manajemen Persediaan 

tips mengelola inventory management system

Terdapat beberapa kegiatan utama yang dapat dilakukan manajemen persediaan barang agar tidak terjadi overselling produk.

  • Tips pertama yaitu dengan memastikan persediaan produk cukup selama periode berjalan
  • Pastikan semua persediaan barang dikelola secara optimal
  • Gunakan biaya persediaan secara efisien, dimana perusahaan dapat memperkecil biaya tersebut.

Ada cara terakhir yang bisa membantu pebisnis supaya pengelolaan stok barang lebih mudah, yaitu penggunaan software stok barang.

Kamu dapat memilih aplikasi manajemen inventory terbaik yaitu platform Jubelio.

Dengan Jubelio, kamu nggak cuma urus persediaan barang aja tapi bisa mengelola semua kebutuhan bisnis seperti akuntansi, laporan penjualan, sampai manajemen gudang (WMS).

Untuk mengurus semuanya hanya melalui satu sistem dashboard, plus Jubelio sudah terintegrasi ke semua channel penjualan di toko fisik sekaligus marketplace, social commerce, dan webstore.

Jadi, kamu bisa mengelola semua channel penjualan secara bersamaan.

Penawaran khusus untuk kamu yang ikut Jubelio Demo sekarang, dapatkan DISKON SPESIAL 20% semua sistem Jubelio dengan klik tombol di bawah.

Ikut Demo Jubelio

Kamu mau langsung coba Jubelio ? buat akun, GRATIS!

Coba Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×