fbpx
apa itu pembayaran qris

Apa Itu QRIS Code Beserta Kegunaan dan Kelebihannya

Zaman semakin lama semakin canggih dan perkembangan teknologi saat ini pun juga semakin meningkat.

Perkembangan ini salah satunya terlihat ketika orang mulai beralih dari belanja yang datang ke toko langsung dan sekarang berbelanja online hanya melalui gadget.

Bukan hanya itu aja, bahkan masyarakat sudah melakukan transaksi digital secara contactless seperti transfer bank atau pembayaran kartu debit.

Di Indonesia sendiri mulai muncul metode pembayaran menggunakan kode QR (QRIS) dan kehadirannya semakin populer terlebih di keadaan pandemi saat ini.

Apa itu QRIS ?

Mungkin kamu belum tahu nih apa itu QRIS code.

QRIS adalah standarisasi pembayaran dengan menggunakan metode kode QR dari Bank Indonesia agar setiap transaksi yang dilakukan lebih aman, mudah, dan cepat.

Jadi, cukup menggunakan QRIS semua pembayaran hanya memerlukan satu kode QR aja dan telah terintegrasi dengan seluruh metode pembayaran digital.

Kamu enggak perlu deh punya banyak stiker QR dari berbagai macam aplikasi pembayaran digital, cukup memakai satu kode QR sudah terhubung ke semua dompet digital.

Kegunaan Pembayaran QRIS

Nah, dari penjelasan sebelumnya kamu udah tahu dong kalau tujuan utama dan kegunaan diterapkannya QRIS itu agar mempermudah transaksi digital dan pastinya bermanfaat sekali bagi pembeli maupun merchant.

Sebab, semua pembayaran nontunai dapat diawasi melalui satu pintu aja.

Lalu, sumber dana pada transaksi QRIS tuh apa aja sih ?

Sama seperti dompet digital pada umumnya, sumber saldo berasal dari kartu debit, kartu kredit, maupun uang elektronik yang telah disetujui oleh Bank Indonesia.

Kalo misalnya kamu udah punya saldo di dompet digital tersebut, kamu tinggal scan kode QR nya aja deh.

Setelah itu, pembeli akan menunjukkan QR code di smartphone apabila berhasil melakukan transaksi.

Mudah banget kan ?

Kelebihan Metode Pembayaran QRIS 

Berikut ini, kelebihan adanya QRIS sebagai metode pembayaran bagi bisnis kamu.

1. Mempermudah Transaksi

Adanya QRIS tentunya mempermudah kamu sebagai pemilik usaha agar tidak perlu repot untuk mendaftar ke banyak penyedia aplikasi pembayaran digital.

Apalagi kalau bisnis kamu menyediakan banyak pembayaran digital, ditambah di Indonesia sendiri saat ini sudah lebih dari 30 layanan dompet digital.

Pasti kamu akan ribet mengurus pendaftaran di masing-masing merchant bukan ?

Nah, dengan QRIS kamu cukup mendaftar satu kali dan dapat menerima pembayaran dari berbagai bank maupun dompet digital.

Sehingga lebih mudah mencatat setiap transaksi dan mengontrol keuangan usaha kamu.

2. Mempercepat Transaksi

Dengan transaksi menggunakan metode kode QR dipastikan lebih cepat dan praktis.

Pelanggan kamu tidak perlu repot untuk membawa uang tunai dan kamu juga tidak perlu mencari uang kembalian.

Sebab, konsumen hanya tinggal scan QR code melalui aplikasi yang mendukung lalu memasukkan nominal transaksi, dan menyelesaikan transaksi.

Semua itu dapat dilakukan pelanggan dengan menggunakan handphone dan koneksi internet.

Jubelio Demo

3. Terjamin Keamanannya

Kalo kamu takut, hasil transaksi hilang secara tiba-tiba atau menerima uang palsu tandanya kamu harus menggunakan metode  QR code ini.

Transaksi menggunakan QRIS dijamin keamanannya karena pemindaian kode QR sama seperti ketika kamu melakukan transfer antar rekening.

Untuk melakukan transaksi pun memerlukan PIN atau kode sandi sebagai persetujuan.

Jadi keamanannya sangat terjamin jika memakai metode transaksi ini.

4. Tersedia Berbagai Alternatif Transaksi

Selain menggunakan jenis pembayaran dengan uang tunai, tentunya pelanggan kamu memiliki alternatif lain untuk membeli produk kamu.

Biasanya kebanyakan pelanggan akan memakai kartu debit yang nantinya akan disambungkan ke EDC dan pastinya cukup memakan waktu.

Maka hadirlah alternatif transaksi lainnya seperti kode QR sehingga pelanggan kamu bisa dengan mudah memilih jenis pembayaran yang mereka ingingkan.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan BOPIS (Buy Online Product Pick Up In Store)?

Pembayaran QRIS Telah Hadir di Jubelio POS

Kali ini Jubelio POS bekerjasama dengan payment gateaway menghadir dengan fitur terbarunya yang tentunya memudahkan proses transaksi pada usaha kamu dengan menawarkan metode pembayaran QRIS.

Dengan jenis pembayaran QRIS Jubelio POS telah terintegrasi ke seluruh metode pembayaran digital sehingga transaksi pembayaran lebih mudah dan cepat.

Memberikan banyak opsi kepada konsumen saat melakukan transaksi apalagi kalo pelanggan kamu kebanyakan melakukan proses pembayaran cashless.

Penasaran gimana cara menerapkannya di bisnis? Kamu bisa tanya dan ikutan Jubelio Demo setiap Selasa dan Kamis nih. tinggal klik tombol di bawah ini.

Ikut Demo Jubelio

Jubelio Gratis

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×