fbpx
Bopis Jubelio

Apa yang Dimaksud dengan BOPIS (Buy Online Product Pick Up In Store)?

Semenjak pandemi, ada banyak sekali metode jualan yang diterapkan oleh para pebisnis. Hal itu dimaksudkan untuk kembali meningkatkan penjualan mereka yang tergerus akibat wabah COVID-19.

Bagi para pebisnis ritel terutama yang ada di bidang fashion, metode penjualan beli online kemudian barang diambil di toko terdekat adalah jawabannya. Metode ini dikenal sebagai BOPIS (Buy Online Pick Up In Store).

Sebagai contohnya adalah Apple. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu secara online, kemudian pelanggan bisa ambil barangnya di toko terdekat dari rumahnya.

Singkatnya, BOPIS ini adalah metode yang mengkombinasikan website penjualan online dengan toko fisik (offline). Dengan kata lain, sebagai penjual, kamu harus memiliki toko online dan offline.

Lalu, apa sih keuntungan menggunakan metode ini untuk bisnismu?

Keuntungan Buy Online Pickup In Store

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan layanan Buy Online Pickup In Store

Kesempatan Upselling Produk

Dengan layanan Buy Online Pickup In Store, pelanggan diwajibkan datang ke toko terdekat sebab mereka harus mengambil barang yang dibelinya secara online.

Di saat mereka datang, itu adalah kesempatan bagi para penjual untuk melakukan upselling produk yang lain.

Sebagai contoh, dengan memberikan diskon tambahan apabila ingin membeli barang lain ataupun menawarkan program bundle dengan tentunya harga lebih murah dari biasanya.

Tidak Memerlukan Pengiriman

Biasanya, penjual terlalu ribet untuk melakukan pengiriman karena harus menyediakan packing sampai mengantarnya ke jasa pengiriman.

Tapi dengan fitur BOPIS, ini tidak memerlukan pengiriman sehingga dapat mempersingkat barang untuk sampai di tangan pelanggan apalagi yang membutuhkan barang tersebut dengan cepat.

Dan dengan fitur tersebut membantu untuk mempertahankan kesetiaan dari pelanggan terhadap produk jualan kamu.

Mengurangi Biaya Pengiriman Barang

Kelebihan lainnya dapat mengurangi biaya pengiriman karena pelanggan langsung datang ke toko offline kamu untuk mengambil produk.

Dia bisa memilih untuk mengambil toko offline yang terdekat dari dirinya sehingga tidak mengeluarkan biaya untuk pengirimannya.

Lebih lanjut, datangnya pelanggan ke toko terdekat untuk mengambil barang pesanannya, juga akan memperkecil kemungkinan retur barang. Sebab, mereka pasti akan memeriksa barangnya di tempat secara langsung.

Jika barangnya baik, itu berarti mereka tidak memerlukan retur.

Terus, apakah metode penjualan BOPIS hanya bisa dipakai oleh ritel-ritel besar saja? Tentu saja tidak!

Semua jenis usaha bisa menggunakannya, selama mereka memiliki toko online dan offline serta keduanya sudah saling terintegrasi secara otomatis.

Buy Online and Pick Up In Store sudah ada di Jubelio.

Kamu hanya perlu menggunakan Jubelio Store (untuk kebutuhan toko online) dan Jubelio POS (untuk kebutuhan toko offline). Jika sudah menggunakan keduanya, maka kamu bisa memakai BOPIS untuk bisnismu.

Masih kurang lengkap mengenai penjelasan BOPIS di Jubelio? Silahkan bisa bertanya di nomor whatsapp berikut ini.

Kamu bisa cari tahu sendiri mengenai Jubelio Buy Online Pickup In Store  lebih lengkap atau bisa coba disini. Klik tombol dibawah ini aja.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

×