fbpx
warehouse management system

Apa yang Dimaksud dengan Warehouse Management System (WMS)?

Warehouse Management System (WMS) adalah sebuah solusi bagi para pebisnis terutama mereka yang kesulitan mengelola gudangnya. Semakin besar sebuah gudang, maka akan semakin rumit pula penataannya.

Sebagai contoh, besarnya sebuah gudang pastinya akan membuat staff kesulitan mencari sebuah barang. Selain karena tempatnya yang besar, gudang tersebut juga berisikan banyak rak-rak yang serupa namun tersusun secara rapih. Sehingga, pencarian akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Contoh lainnya adalah penataan barang berdasarkan masa kadaluarsanya. Berjualan barang seperti kosmetik tentunya berbeda dengan fashion ritel. Sebab, kosmetik perlu disusun berdasarkan tanggal kadaluarsanya, itu berarti penyusunan harus dilakukan secara benar.

Sebab jika tidak, barang bisa rusak, basi ataupun tak terpakai yang akhirnya mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

Itu adalah sebagian kecil dari masalah-masalah yang terjadi ketika tidak menggunakan Warehouse Management System. Apa itu WMS dan bagaimana hal tersebut bisa menjadi solusi bagi para pebisnis?

Baca Juga: Fulfilment, Gudang Bersama Untuk Pebisnis yang Males Kelola Stok

Apa Itu Warehouse Management System?

WMS adalah sebuah solusi yang bisa digunakan oleh para pebisnis agar mendapatkan visibilitas penuh ke dalam persediaan gudang mereka. Dengan kata lain, pebisnis dapat memonitor semua aktivitas gudangnya melalui platform di dalam gadget.

Semua proses mulai dari inbound (barang masuk) hingga outbound (barang keluar) terekap ke dalam satu platform. Dengan demikian, tidak ada satupun langkah yang tidak tercatat di dalam sistem WMS.

Karena tugas utamanya memantau pergerakan barang di gudang, WMS juga didukung dengan pemindaian menggunakan barcode, batch number ataupun serial number. Hal tersebut sangat penting untuk membedakan jenis barang apa yang dijual.

Jika sudah menggunakan sistem ini, tidak akan ada masalah lagi ketika pelanggan memesan barang. Pencatatan sudah sempurna dan overselling pastinya bukan lagi problem utama.

Pentingnya Konsep FEFO dalam WMS

Sistem WMS sangat bagus untuk memperkecil peluang barang kadaluarsa tidak terjual. Dengan kata lain, sistem ini bisa memastikan jika barang-barang dengan masa kadaluarsa tertentu dapat dijual terlebih dahulu.

Dalam bisnis, konsep penjualan ini bisa disebut sebagai FEFO (First Expired, First Out).

Untuk menentukan barang mana yang akan dijual lebih dahulu, biasanya sistem WMS akan mendeteksinya berdasarkan batch number yang ditempel di setiap barangnya.

Sebagai contoh, menjual bedak khusus anak-anak.

Nantinya, ketika ada pesanan dari pelanggan, sistem WMS akan mengarahkan staff gudang untuk mengambil bedak tersebut sesuai dengan batch number yang masa kadaluarsanya itu cepat.

Dengan begitu, tidak akan ada barang kadaluarsa karena terjual sesuai dengan waktu yang diberikan.

Keuntungan Menggunakan WMS

Apa saja sih keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan warehouse management system ini?

Pertama, akses penuh ke dalam barang di dalam gudang bahkan hingga ke level rak. Pebisnis bisa memantau berapa banyak stok yang tersisa sehingga mereka bisa membeli sebelum barangnya benar-benar habis.

Kedua, orang gudang tidak akan kebingungan mencari barang yang akan mereka ambil. Sebab, biasanya sistem WMS sudah terintegrasi dengan aplikasi di dalam gadget yang bisa memandu mencari barang tertentu.

Ketiga, sistem ini akan memastikan jika barang yang akan dikirim sudah sesuai dengan pesanan. Dengan begitu, tidak akan ada komplain dari pelanggan mengenai kesalahan pengiriman ataupun barang yang cacat.

Yang terpenting, biasanya WMS terintegrasi dengan channel penjualan seperti di marketplace. Sehingga, stok akan secara otomatis terupdate di masing-masing toko. Penjualan akan semakin lancar sebab masalah stok bisa diatasi dengan mudah.

Baca Juga: 5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Gudang Untuk Bisnismu

Gunakan WMS Jubelio

Untuk mendapatkan sistem WMS yang sudah terintegrasi dengan channel penjualan seperti marketplace, kamu bisa menggunakan Jubelio. Sebab, platform omnichannel tersebut paling bisa diandalkan untuk urus semua bisnismu.

Selain marketplace, kamu juga bisa mengintegrasikan WMS tersebut ke Social Commerce (FB & IG Shopping), Point Of Sales (POS) hingga webstore (Jubelio Store).

Jubelio berkomitmen untuk mempermudah semua kegiatan operasional bisnis kamu sehingga bisa diselesaikan lebih cepat dan mudah.

Kamu bisa mencoba menggunakan Jubelio secara GRATIS dengan cara klik tombol yang ada di bawah ini.

Daftar Jubelio Gratis!

Namun jika kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai cara kerja sistem WMS dan Omnichannel Jubelio, kamu bisa klik link di bawah ini.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×