fbpx
pentingnya memiliki database pelanggan

Kenali Pentingnya Database Pelanggan Bagi Keberhasilan Usaha

Ketika kamu baru memulai bisnis, mungkin kamu belum memahami target pasar mana yang cocok terhadap produk yang kamu jual.

Untuk mengetahui informasi mengenai konsumen kamu bisa menggunakan customer database

Database pelanggan adalah kumpulan informasi terkait pelanggan kamu seperti nama pelanggan, usia, alamat, dan informasi lainnya.

Maka dari itu, informasi mengenai pelanggan kamu harus dikumpulkan, salah satu tujuannya untuk memaksimalkan omzet penjualan kamu juga.

Manfaat Database Pelanggan Untuk Bisnis 

Customer database itu penting, karena memberikan beberapa manfaat untuk perkembangan bisnis kamu loh.

Kamu jadi lebih mengetahui pelanggan mana yang setia membeli produk kamu dan dari data itu kamu bisa tentukan strategi penjualan kamu kedepannya.

Selain itu, masih ada manfaat lainnya, diantaranya :

1. Untuk Mengetahui Target Pasar 

Dengan adanya database customer, kamu dapat mengetahui kira-kira produk kamu lebih banyak terjual ke tipe pelanggan yang seperti apa.

Sebab, database pelanggan biasanya berisi mengenai identitas konsumen seperti jenis kelamin, usia, tempat tinggal, dan masih banyak lagi.

Dari data tersebut, kamu jadi tahu lebih spesifik dan detail karakteristik konsumen kamu dan bisa mengidentifikasi produk kamu paling banyak terjual ke kalangan mana saja.

Berdasarkan customer database, nantinya akan menunjukkan produk kamu udah mencapai target pasar yang kamu inginkan atau belum.                                                                              

2. Alat Analisis Penjualan

Bukan hanya bermanfaat memahami target pasar yang sesuai melainkan bisa menjadi alat untuk kamu menganalisis penjualan.

Setelah kamu mengetahui karakteristik pelanggan, kamu bisa mengembangkan produk.baru kepada pelanggan baru maupun pelanggan lama.

Selain itu, customer database berfungsi pula untuk menganalisis penyebab jika penjualan kamu mengalami kenaikan atau pun penurunan.

Dari situ kamu bisa mengatur strategi penjualan yang baik.

Baca juga : 5 Tips Jualan Laris di Marketplace Ini, Bisa Tingkatkan Penjualan Kamu

3. Menentukan Strategi Penjualan

Kamu dapat menentukan strategi penjualan yang baik ketika kamu memiliki data akurat dan analisis yang tepat.

Strategi penjualan yang efektif dapat kamu rancang ketika melakukan analisis penjualan melalui data penjualan setiap produk, produk mana paling banyak terjual, serta untung rugi.

Semua informasi itu bisa kamu dapatkan dari database pelanggan, karena dari data itu kamu bisa lebih terarah seperti produk mana yang harus ditambah persediaannya.

4. Sebagai Sarana Komunikasi

Dengan adanya customer database, kamu bisa menjalin komunikasi kepada pelanggan untuk membangun kedekatan antara toko kamu dengan konsumen.

Biasanya database tersebut tersedia informasi terkait nomor handphone, e-mail, dan lainnya yang bisa kamu jadikan pula sebagai database marketing.

Kamu bisa menghubungi mereka, misalnya ketika konsumen berulang tahun kamu mengirimi e-mail ucapan selamat ulang tahun atau ketika kamu mengadakan promo.

Nah, kemudian lama kelamaan akan terbentuk loyalitas konsumen.

Baca juga : 7 Ide Menarik Konten Instagram Bisnis Agar Menarik Followers

5. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Penggunaan database customer ternyata bisa membentuk loyalitas konsumen.

Karena informasi tersebut kamu gunakan untuk membangun kedekatan personal antara brand toko dan pelanggan.

Dengan kamu memberikan pengalaman pembelian yang lebih personal, usaha kamu bisa dengan mudah mendapatkan hati konsumen.

Ternyata menggunakan database pelanggan sangat penting terlebih ketika kamu ingin mendapatkan konsumen yang loyal dan meningkatkan penjualan.

Tidak hanya itu aja yang penting dalam berbisnis, ada hal yang lebih penting yaitu bagaimana kamu mengelola bisnis itu sendiri.

Walaupun kesannya sangat sulit untuk mengurus usaha, tapi ada loh cara mudahnya apalagi kalau kamu masih membuat pembukuan keuangan secara manual.

Sekarang, kamu bisa bikin laporan keuangan secara otomatis menggunakan Jubelio Omnichannel. 

Selain laporan keuangan, kamu juga bisa mengetahui persediaan barang, memproses pesanan, sampai sistem manajemen gudang hanya dalam satu klik aja.

Apalagi Jubelio sudah terintegrasi ke semua channel penjualan offline dan online (marketplace, e-commerce) sehingga kamu bisa mengelolanya secara bersamaan dalam satu sistem.

Masih penasaran sama Jubelio ? Kamu bisa tahu lebih lengkap atau daftar GRATIS dengan link di bawah ini.

Daftar Jubelio Gratis!

Kamu bisa tanya seputar sistem omnichannel melalui whatsapp tinggal klik tombol di bawah ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×