fbpx
jenis jenis persediaan barang

Jenis-Jenis Persediaan Barang Dagang yang Wajib Kamu Ketahui !

Pasti kamu pernah mengalami persediaan barang habis secara tiba-tiba apalagi dalam kondisi peak season yang mengharuskan kamu menyediakan stok barang sehingga nanti pengiriman bisa cepat sampai ke konsumen, kan?

Tapi kamu tau enggak sih jenis-jenis persediaan barang? Karena pada dasarnya, jenis persediaan barang itu ada yang dibagi berdasarkan jenis usahanya.

Lalu, apa itu persediaan barang ?

Pengertian persediaan adalah barang yang disimpan dan nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dari situ, persediaan barang untuk sebuah bisnis artinya penting.

Dengan begitu, kamu bisa mengurangi resiko ketidaksediaan produk dan kamu dapat memenuhi kebutuhan pelanggan kamu secara cepat yang memiliki efek pada usahamu.

Baca juga : Pentingnya Persediaan Barang Dagang dan Efeknya untuk Bisnis

Apa sajakah jenis persediaan ?

1. Persediaan Berdasarkan Jenis Usahanya

Jenis-jenis persediaan sesuai dengan jenis usahanya dibagi menjadi 2 yaitu manufaktur dan usaha dagang:

Perusahaan Manufaktur

Usaha manufaktur melakukan semua proses pengolahan barang mentah menjadi barang yang siap dijual. Di setiap tahapnya memiliki jenis inventory yang berbeda dan umumnya ada 4 jenis persediaan yang harus dicatat.

  • Persediaan bahan baku adalah bahan baku dasar (utama) yang diperoleh perusahaan dari alam sehingga raw material  belum mempunyai nilai tambah saat dijual. Kedua inventory bahan baku dalam proses, setelah diproses untuk menghasilkan produk membutuhkan waktu yang berbeda.
  • Produk barang siap jual merupakan jenis bahan baku yang pengolahannya sudah selesai dan siap untuk dijual. Produk ini memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan bahan baku utama yang nilai jualnya masih rendah.
  • Persediaan barang lainnya, persediaan ini tidak masuk ke produksi utama melainkan mencakup kebutuhan yang menunjang proses diluar proses produksi utamanya.

Perusahaan Dagang 

Kalo perusahaan manufaktur persediaan barang dimulai dari bahan baku mentah lalu diproses menjadi produk yang siap dijual sedangkan usaha dagang tidak ada proses produksi sehingga persediaan barangnya lebih sederhana.

Ada 2 jenis inventory yang harus kamu tau yaitu barang dagang dan barang lainnya:

  • Barang dagang tidak dapat mengalami perubahan fisik saat dibeli atau dijual pada masa yang akan datang. Karena, barang yang akan dijual kembali tidak melalui tahap proses produksi.
  • Barang lainnya adalah jenis persediaan barang yang menunjang proses penjualan pada bisnis kamu.

2. Persediaan Berdasarkan Fungsinya

Saat kamu berbisnis, kamu harus siap jika pesanan kamu banyak apalagi saat peak season karena adanya kondisi tersebut maka persediaan dibagi sesuai fungsinya, diantaranya:

  • Persediaan pengaman (safety stock), jenis-jenis persediaan ini dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan antara penyediaan dan permintaan barang. Kalo usaha kamu tidak dapat mengatasi kedua hal itu maka nantinya bisa terjadi kekurangan stok.
  • Anticipation Stock adalah persediaan antisipasi yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi ketidakpastian permintaan barang yang sudah kamu prediksi
  • Transit stock yaitu persediaan yang masih dalam pengiriman, inventory ini dibagi menjadi 2 diantaranya eksternal transit stock adalah persediaan yang masih dalam perjalanan dan internal transit stock ialah persediaan yang masih menunggu untuk diproses.

Baca juga : 10 Daftar Aplikasi Stok Barang Terbaik untuk Bisnismu

Pentingnya Manajemen Inventory Barang

Sistem manajemen inventory penting dilakukan oleh bisnis terlebih kalau usaha kamu jumlah pesanannya banyak sehingga stok barang berkurang.

karena tugas inventory adalah agar produk jualan kamu dapat tersedia dan kamu lebih mudah melakukan pengiriman kepada pelanggan kamu.

fungsi inventory adalah memisahkan permintaan dan persediaan serta keuntungan untuk bisnis kamu. Maka dari itu inventory barang sangat penting.

Tapi sekarang kamu enggak perlu susah untuk melakukan persediaan barang karena sudah ada software stok barang salah satunya adalah Jubelio omnichannel.

Dengan fitur Jubelio kamu bisa melakukan pencatatan stok barang sampai kelola gudang secara otomatis hanya dalam satu sistem aja dan semuanya sudah terintegrasi ke marketplace lho.

Nah, kamu bisa tau lebih lanjut inventory barang Jubelio dengan klik tombol tanya Jubelio di bawah ini:

Kamu bisa juga cari tahu sendiri tentang semua fitur Jubelio, caranya klik tombol di bawah ini ya

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

×