fbpx
jenis stock opname gudang

Jenis-Jenis Stock Opname Bisnis yang Harus Kamu Ketahui

Jenis-Jenis Stock Opname Barang – Kamu pernah merasa usaha kamu tidak memiliki penghasilan yag tidak sesuai dengan persediaan stok barang ?

Bisa jadi masalah tersebut diakibatkan dari perbedaan omset pendapatan dan stok barang kamu miliki, misalkan aja ada barang yang mengalami kerusakan.

Tapi kamu enggak perlu khawatir, karena sekarang udah ada software stok barang sehingga kamu lebih mudah melakukan penghitungan persediaan barang.

Mungkin sebagian dari kamu, ada yang belum menggunakan aplikasi persediaan barang sehingga masih melakukan perhitungan manual.

Kamu bisa nih menerapkan salah satu dari jenis stok opname barang di bawah ini dan disesuaikan juga dengan kebutuhan usaha kamu.

Jenis Stock Opname Gudang

Dalam melakukan penghitungan persediaan barang yang tepat maka kamu membutuhkan informasi terkait kapan waktu yang tepat untuk stock opname barang disesuaikan pada produk yang kamu jual.

Nah, ada 3 jenis stock opname yang harus kamu pahami jika ingin usaha kamu berjalan dengan baik.

1. Daily Stock Taking

Jenis pertama ada daily stock taking adalah jenis stock opname yang dilakukan setiap hari, tujuannya untuk memastikan stok barang selalu tersedia.

Salah satu kelebihan dari jenis stok opname ini yaitu kamu dapat mengetahui total persediaan barang yang akurat setiap waktunya.

Ditambah produk yang mengalami kerusakan dan menyebabkan kerugian usaha dapat diminimalisir.

Usaha yang cocok menerapkan bentuk stock opname daily seperti minimarket dengan begitu mereka juga dapat menerapkan sistem metode FIFO (first in first out).

Baca juga : Stock Opname Barang dan Mengapa Penting Bagi Bisnis ? 

2. Periodic Stock Verification

Periodic stock taking adalah salah satu jenis penghitungan barang biasanya dilakukan dengan perhitungan quarter atau kuartal.

Setiap usaha memiliki jangka perhitungan barang sendiri misalkan ada yang 2 quarter dengan perhitung setiap 6 bulan sekali dilakukan stock opname barang.

Biasanya waktu yang diperlukan untuk melakukan penghitungan stok barang sekitar 1 sampai 2 hari.

Metode ini sering digunakan oleh pebisnis yang menjual produk atau barang berharga maupun yang harganya mahal.

Saat melaksanakan stock opname ini jumlah barang fisik akan dimasukkan ke pencatatan inventory.

Lalu, disertakan keterangan mengenai keadaan barang contoh barang rusak atau lecet.

Keuntungan metode periodik dapat dilakukan oleh pebisnis yang mempunyai usaha kecil atau menengah karena produk yang dijual juga belum terlalu banyak dan pembukuan inventory akurat.

Sayangnya, cara ini dapat menghabiskan waktu kamu dan dapat menghambat kinerja penjualan kamu.

3. Annual Stock Taking

Usaha yang menggunakan metode annual stock taking biasanya menjual barang yang tahan lama dan tidak mudah rusak seperti pakaian, sepatu, dan lainnya.

Perhitungan stock opname ini dilakukan setiap satu tahun sekali yaitu pada akhir tahun saat tutup buku laporan keuangan bisnis.

Maka dari itu, jika bisnis kamu menjual barang yang memiliki waktu kadaluarsa, tidak cocok bila memakai bentuk stok opname ini.

Dari kegiatan stok opname ini, bisa kamu jadikan sebagai antisipasi pada periode berikutnya.

Misalkan saat awal tahun kamu menemukan masalah terkait produk atau barang maka di periode berikutnya kamu bisa mengantisipasi permasalahan tersebut untuk meminimalisir kejadian serupa kedepannya.

Baca juga : Pengertian, Fungsi, Beserta Contoh Laporan Stock Opname

Gunakan Teknologi Pada Persediaan Barang

Untuk melakukan stok opname barang secara otomatis dan mudah, kamu bisa memanfaatkan penggunaan teknologi seperti aplikasi stok barang.

Nah, kamu bisa menggunakan platform JUBELIO untuk memudahkan kamu kelola persediaan barang.

Sebagai platform omnichannel di Indonesia, Jubelio menghadirkan fitur persediaan barang agar kamu mengetahui persediaan stok barang secara akurat setiap waktunya.

Lalu, apa aja sih fitur Jubelio yang bisa membantu pebisnis ?

Selain membantu kelola stok barang, Jubelio bisa bantu kamu dalam menyusun laporan keuangan secara otomatis sampai pengelolaan gudang juga bisa karena semua itu masuk ke sistem Jubelio Omnichannel.

Ditambah semua channel penjualan offline dan online sudah terintegrasi, kamu tinggal kelola semuanya hanya dalam satu sistem aja.

Mau gunakan Jubelio Omnichannel ? Caranya mudah kamu bisa langsung daftar GRATIS tinggal klik tombol yang tertera di bawah ini.

Kamu juga bisa tanya langsung ke kita melalui whatsapp seputar promo, fitur Jubelio omnichannel, dan lainnya tinggal klik TANYA JUBELIO.

Tanya Seputar Jubelio

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×