fbpx
jurnal khusus untuk bisnis

Jurnal Khusus : Pengertian dan Macam Jurnal Untuk Pencatatan Bisnis

Jurnal Khusus Akuntansi –  Kalo bisnis kamu semakin besar dan penjualan kamu semakin meningkat pasti kamu membutuhkan bantuan akuntansi untuk membuat laporan keuangan kamu.

Tapi kamu juga harus tahu setiap proses akunting mulai dari jurnal umum, buku besar, laporan laba rugi, dan lainnya. Untuk melihat apakah usaha kamu itu mendapatkan keuntungan atau tidak bukan ?

Nah, biasanya ada yang luput dari proses akunting padahal perannya juga penting yaitu jurnal khusus akuntansi.

Pengertian Jurnal Khusus

Jurnal khusus adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi khusus yang terjadi pada bisnis kamu. Maksud dari transaksi tersebut adalah transaksi yang terhitung banyak dan dilakukan secara berulang.

Karena pada dasarnya jika sebuah usaha semakin besar akan terjadi banyak transaksi yang terus berulang.

Nah, kamu juga harus tahu ada berapa jenis jurnal khusus yang harus kamu catat pada laporan keuangan.

Baca juga : Jurnal Umum : Pengertian dan Cara Membuatnya untuk Usaha

Jenis-Jenis Jurnal Khusus

Ada 4 jenis jurnal khusus yang perlu kamu tahu dalam berbisnis.

1. Jurnal Khusus Pembelian

Jurnal pembelian adalah jurnal untuk mencatat semua jenis pembelian. jenis yang termasuk ke jurnal pembelian ini seperti pembelian barang dagang secara kredit, pembelian perlengkapan dan peralatan serta aktiva lain yang dibeli secara kredit.

Fungsi dari jurnal pembelian ini adalah untuk menyederhanakan catatan keuangan dan memudahkan kamu dalam melakukan pencatatan transaksi yang memiliki nilai besar dan nantinya dimasukkan ke dalam buku besar.

2. Jurnal Khusus Penjualan

Jurnal penjualan bisa kamu gunakan untuk mencatat semua transaksi penjualan secara kredit. Jadi, pada jurnal ini informasi yang disimpan berkaitan dengan ringkasan faktur yang nantinya diberikan ke pelanggan kamu.

Transaksi yang dicatat pada jurnal penjualan dilakukan setiap transaksi per hari lalu disederhanakan untuk nantinya di posting ke buku besar di akhir periode.

Baca juga : 7 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Usaha

3. Jurnal Penerimaan Kas

Jurnal penerimaan kas ini dapat kamu gunakan untuk mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan penerimaan uang. Jika sebelumnya jurnal dilakukan pencatatan disisi kredit sedangkan penerimaan kas ini memiliki fungsi untuk transaksi secara tunai.

Transaksi yang biasanya dicatat pada penerimaan kas adalah penjualan secara tunai, penerimaan pendapatan, retur pembelian secara tunai, dan pelunasan utang yang diterima.

4. Jurnal Pengeluaran Kas

Sedangkan jurnal pengeluaran kas memiliki fungsi sebagai pencatatan semua transaksi yang berkaitan dengan pengeluaran uang. Biasanya jurnal ini mencatat secara terperinci terkait transaksi secara tunai.

Nah, transaksi yang dicatat seperti pembelian secara tunai, pelunasan utang, pembayaran beban, retur penjualan, dan uang tunai yang diambil untuk pribadi.

Dari situ tentu kamu tahu kalau jurnal khusus juga penting dan diperlukan oleh sebuah bisnis, biasanya bukan hanya jurnal khusus yang digunakan dalam kegiatan akunting melainkan masih ada jurnal lainnya.

Kamu mungkin merasa kesulitan jika kegiatan akunting bisnis kamu dilakukan secara manual karena takut terjadi kesalahan saat input data tapi sekarang kamu enggak perlu khawatir.

Kenapa ? karena ada platform yang bisa membantu kamu untuk membuat laporan keuangan usaha kamu.

Nah, salah satunya platform Jubelio, dengan fitur akunting Jubelio kamu bisa mencatat jurnal serta laporan keuangan kamu secara otomatis.

Kalo kamu punya banyak toko online dan offline, kamu lebih mudah mengelolanya karena sudah terintegrasi dengan marketplace jadi kamu kelola usaha hanya dalam satu dashboard aja. Kamu mau tahu lebih lanjut tentang aplikasi akunting Jubelio caranya klik tombol tanya Jubelio di bawah ini:

Atau kamu bisa cari tahu sendiri Jubelio omnichannel serta fitur lainnya dengan klik link di bawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×