fbpx
laporan laba rugi komprehensif

Laporan Laba Rugi Komprehensif dan Kegunaannya Pada Bisnis

Pada dasarnya sebagai seorang pebisnis kamu harus mengetahui keadaan atau kondisi usaha kamu mulai dari ketersediaan stok barang, jumlah pelanggan, manajemen usaha, sampai laporan keuangan.

Semua hal tersebut saling berkaitan dengan berjalannya usaha.

Tetapi ada satu hal yang sulit yaitu penyusunan laporan keuangan usaha karena dalam menyusunnya terdiri dari banyak jenis pembukuan keuangan.

Mulai dari jurnal umum, jurnal penyesuaian, laporan arus kas, laporan laba rugi, dan lainnya.

Nah, sekarang kita akan membahas mengenai laporan laba rugi komprehensif yang berbeda dengan laporan laba rugi biasa.

Apa Itu Laporan Laba Rugi Komprehensif

Laporan Laba Rugi Komprehensif adalah salah satu metode yang dapat kamu gunakan pada bisnis untuk mengevaluasi performa ataupun kinerja dari usaha kamu.

Performa tersebut dapat kamu lihat dari laba atau keuntungan yang dihasilkan pada periode tertentu.

Salah satu fungsi dari laporan laba rugi ini adalah sebagai langkah kamu untuk mengambil keputusan secara cepat apabila terjadi keadaan bisnis kamu mengalami kerugian maupun keuntungan.

Baca juga : 4 Jenis Laporan Keuangan Sederhana yang Perlu Dipahami Pebisnis

Kegunaan Laporan Laba Rugi Komprehensif

Salah satu fungsi dari laporan laba rugi ini yaitu bisa membantu kamu dalam memprediksikan profit yang terjadi , jumlah nvestasi yang sudah dikeluarkan, dan total kredit di waktu yang akan datang.

Selain itu, ada 3 fungsi lainnya diantaranya :

1. Investasi

Adanya laporan ini, investor kamu bisa mendapatkan informasi terkait dengan perkiraan laba yang akan didapatkan dan arus kas keuangan di masa akan datang.

Dari data dan informais tersebut nanti dapat dijadikan sebagai patokan untuk menentukan harga jual saham serta keuntungan usaha.

2. Pinjaman Modal

Kedua, kamu bisa mendapatkan pinjaman modal dari kreditor dengan lebih mudah. Dengan laporan ini, mereka bisa melihat seberapa mampunya bisnis kamu membayar pinjaman tersebut nantinya.

3. Manajemen Perusahaan

Laporan laba rugi ini bisa kamu jadikan sebagai alat ukur seberapa berhasilnya bisnis kamu mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya.

Unsur Laporan Laba Rugi Komprehensif

Dalam menyusun setiap laporan keuangan akuntansi kamu pasti memiliki unsur atau elemen penting termasuk pada laporan laba rugi ini.

Ada 3 unsur penting yang masuk ke dalam laporan laba rugi kompre, yaitu:

1. Penghasilan

Adanya penghasilan pada usaha membuat adanya kenaikan dari sisi modal dalam penambahan aset maupun penurunan hutang.

Ada berbagai macam unsur dalam penghasilan seperti pendapatan dan keuntungan.

2. Beban

Beban dalam suatu usaha dapat menyebabkan penurunan manfaat ekonomi seperti dalam bentuk arus kas, berkurangnya aset, ataupun penambahan hutang.

Tetapi tidak berasal dari keterlibatan pemilik modal usaha.

Pada beban terdapat 2 unsur yaitu beban (expenses) dan kerugian (loss).

3. Pendapatan Komprehensif Lainnya

Pendapatan komprehensif adalah keuntungan dan kerugian yang terjadi pada usaha tetapi tidak berpengaruh terhadap arus kas yang disebabkan penggunaan nilai wajar pada beberapa komponen.

Komponen yang terdapat pada pendapatan komprehensif berasal dari berbagai pos pendapatan serta beban yang tidak diakui pada laporan laba rugi.

Ada beberapa komponen pendapatan komprehensif lain, sebagai berikut :

  • Keuntungan dan kerugian yang diperoleh usaha dari penjelasan laporan keuangan dan entitas asing yang masuk.
  • Keuntungan serta kerugian berdasarkan hasil dari pengukuran kembali aset keuangan yang dikategorikan untuk dijual kembali.
  • Bagian dari keuntungan dan kerugian dalam melindungi nilai arus kas usaha kamu.

Baca juga : Pengertian Laba Rugi, Bentuk, dan Cara Membuatnya

Keterbatasan Laporan Laba Rugi Komprehensif

Laporan laba rugi biasan berbeda dengan laporan keuangan ini karenadisusun berdasarkan asumsi dan kebijakan tertentu dan pastinya memiliki keterbatasan, diantaranya :

  • Hasil dari pencatatan perhitungan dan beban tidak dapat diukur secara terpercaya sehingga tidak dapat dimasukan ke laporan laba rugi serupa.
  • Penghasilan yang dilaporkan akan berpengaruh terhadap metode akuntansi yang kamu gunakan. Jadi, jika metode berbeda maka hasilnya juga berbeda.
  • Ada syarat tertentu bahwa penghasilan dan beban dapat diakui jika dihitung dengan baik sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK)
  • Perhitungan penghasilan dan beban harus membawa asas pertimbangan dari manajemen.

Itu dia penjelasan mengenai laporan laba rugi komprehensif yang harus kamu ketahui untuk bisnis agar usaha kamu semakin berkembang.

Kamu udah enggak perlu khawatir, sebab sekarang udah ada loh platform yang bisa membantu kamu mengurus bisnis yaitu platform JUBELIO.

Jadi, kamu bisa susun laporan keuangan usaha lebih mudah karena software akunting Jubelio udah masuk ke sistem Omnichannel loh.

Dengan Jubelio kamu udah bisa nih urus bisnis bukan hanya laporan keuangan tapi sampai persediaan stok barang, POS, Webstore, sampai sistem manajemen gudang, semuanya udah terintegrasi.

Enggak cuma itu, kamu juga udah bisa urus jualan offline dan online secara bersamaan loh karena kamu tinggal kelola hanya melalui satu sistem aja.

Kamu pengen tahu bagaimana cara kerja Jubelio omnichannel ? Bisa langsung hubungi melalui whatsapp kita, tinggal klik TANYA JUBELIO ya.

Kamu juga bisa nih  langsung daftar secara GRATIS caranya mudah banget klik link di bawah ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×