fbpx
laporan penjualan

Laporan Stok Barang, Manfaat dan Cara Menyusunnya

Hai Pebisnis! Di bulan ramadhan seperti ini pastinya pesanan barang milikmu melonjak naik? Nah karena pesanan yang naik serta pergerakan barang jadi lebih cepat. Kamu gak boleh lupa nih buat monitoring persediaan kamu, biar penjualan gak terganggu. Untuk itu, kamu wajib banget cek laporan stok barang milikmu, agar tahu kondisi yang sebenarnya. 

Laporan ini akan memberi kamu data mengenai kondisi persediaan, yang bisa dibandingkan dengan data hasil stok opname. Jadinya kamu bisa menilai kondisi riil yang ada pada gudang dan persediaan kamu 

Pentingnya Laporan Stok Barang 

Laporan stok pada bisnis kamu sangat penting untuk dilakukan dan dimiliki. Alasannya untuk mengetahui berapa jumlah stok dari produk apa saja yang tersedia. Barang masuk dan keluar pun harus selalu dicatat agar kamu tahu nilai persediaan yang dimiliki pada saat itu. 

Selain itu, laporan ini juga bisa mencatatkan barang apa saja yang rusak dan tidak layak untuk dijual. Biasanya jenis laporan ini dicatat dengan manual pada buku atau melalui microsoft excel. Hanya saja dalam pencatatannya juga membutuhkan waktu yang lama dan hal ini termasuk kegiatan yang melelahkan. Jadinya bisnismu kurang efisien dalam pencatatannya. 

Baca juga: Ini Cara Perhitungan Stok Produk Bundling

Selain itu kamu juga bisa mengetahui posisi dan kronologi apa yang terjadi pada setiap unit stok. Tentunya untuk mendapatkan laporan stok yang sangat mendalam kamu perlu melakukan pencatatan yang detil juga.  

Duh lebih rumit dan lelah lagi pastinya, nah untuk itu kamu bisa saja menggunakan aplikasi manajemen stok untuk memudahkan pengawasan stok kamu. 

Cara Membuat Laporan Stok

Untuk mendapatkan laporan stok yang penuh insights kamu harus melakukan pencatatan dan pendataan barang yang dalam juga. Hal ini bertujuan agar setiap data yang ada tidak luput dari pencatatan. Untuk itu, kamu perlu waktu panjang dan tenaga yang banyak juga. Berikut komponen yang harus kamu catat: 

  1. Nama barang 
  2. Kode Barang 
  3. HPP Barang 
  4. Harga jual 
  5. Jumlah Persediaan dan nilainya 
  6. Jumlah Penjualan dan nilainya 

Setiap komponen tersebut harus kamu isi dengan akurat dan sesuai untuk mencegah salah hitung. Selain itu, HPP barang juga harus kamu sesuaikan apabila ada perubahan harga dari pemasok. Nah cukup rumit kan untuk membuat laporan stok barang. 

Tapi jika kamu menggunakan Jubelio, laporan stok barang akan tersedia secara otomatis dan bisa kamu lihat kapan saja. Laporan ini akan menunjukkan beragam variabel yang berpengaruh dalam manajemen stokmu.  

Untuk melihat cara mengunduh laporan stok barang kamu bisa klik di sini. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×