fbpx

Pentingnya Melakukan Penyesuaian Stock dan Opname

Saat kamu mengelola bisnis, sangat penting untuk melakukan pengecekan tiap produk yang kamu jual secara berkala. Mau usaha kamu usaha yang bergerak di bidang kuliner, fashion, ataupun yang lainnya. Baik itu grosir atau retail. Dengan adanya pengecekan, kamu bisa sekaligus melakukan penyesuaian stock opname. Nantinya akan memudahkan dalam mengatur kerapihan data dan ketersedian produk di gudang kamu.

Selain itu, produk yang tersedia di gudang belum tentu semuanya dalam kondisi baik. Jika produk itu tersedia dan kondisinya baik itu bagus. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa produk bisa jadi dalam kondisi sebaliknya. Ntah itu rusak, hilang, kadaluwarsa, dan sebagainya. Nah, dengan Kamu melakukan pengecekan stock dan opname di gudang, Akan membantu dalam memantau kondisi produk terkini.

Baca Juga: Definisi, Manfaat, dan Komponen Pergudangan

Mengapa Penyesuaian Persediaan Barang Itu Penting?

Dalam sistem gudang Jubelio, penyesuaian stock dan opname menjadi salah satu proses yang penting. Bayangkan, jika kamu memiliki stock produk di gudang, tetapi tidak dilakukan pengecekkan untuk stock tersebut, kira-kira apa yang akan terjadi?

Hal-hal yang mungkin akan terjadi, yakni data produk yang ada di sistem tidak sesuai dengan yang ada di gudang, bisa jadi produk tidak dalam kondisi baik, dan hal-hal lainnya yang dapat merugikan keberlangsungan usaha kamu.

Kalau hal itu terjadi, operasional usahamu akan terhenti dan kamu bisa jadi mengalami kerugian. Ih, jangan sampai deh!

Oleh karena itu, terdapat beberapa hal penting dari Penyesuaian Stock dan Opname yang perlu kamu ketahui. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Menyesuaikan stock jika ada kejadian barang rusak, hilang, ditemukan, atau expired berdasarkan SKU barang.
  2. mencocokkan stock antara stock fisik di gudang dengan stock dalam sistem berdasarkan filter barang.
  3. Meminimalisir adanya perbedaan jumlah stock yang ada di gudang dengan yang ada di sistem.
  4. Bisa melakukan penambahan jika terdapat stock yang kurang.

Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Pengecekan Stok?

Nah, setelah kamu mengetahui pentingnya penyesuaian stock dan opname, alangkah baiknya kamu meluangkan waktu untuk mengecek kondisi stock di gudangmu. Memang, pengecekan akan memakan waktu lama. Kamu jadi harus menutup usahamu untuk sementara antara 1—3 hari.

Namun, hal itu tidak apa-apa. Toh, kamu mengeceknya tidak setiap hari, kan? Hanya perlu meluangkan waktu-waktu tertentu saja. Pada umumnya, kamu bisa melakukannya dalam kurun waktu berikut ini.

  1. Awal bulan

Kamu bisa melakukannya per awal bulan untuk mengecek selisih stock di pergantian bulan.

  1. Per kuartal

Pengecekan per kuartal atau per triwulan dapat kamu lakukan jika kamu membutuhkan laporan khusus tiap per kuartal.

  1. 6 bulan sekali

Kalau usahamu bergerak di bidang F&B dan pastinya tiap stock memiliki tanggal kadaluwarsa yang tidak lama, misalnya hanya 6 bulan, kamu bisa melakukan dengan kurun waktu ini.

  1. Akhir tahun

Kalau kamu ingin melakukan penyesuaian stock dan opname ketika perhitungan audit tahunan sudah selesai dan pencatatan sudah rapi, kamu bisa melakukan hanya di akhir tahun.

Berdasarkan kurun waktu tersebut, kapan waktu yang pas untuk kamu melakukan penyesuaian stock dan opname? Itu disesuaikan kembali dengan kebutuhan usahamu. Yang perlu diperhatikan dan diperhitungkan ialah  jangka waktunya.

Jika usahamu memiliki banyak stock di gudang, bisa jadi jangka waktu yang diperlukan untuk melakukan penyesuaian menjadi lebih lama. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Jubelio akan membantumu untuk melakukan penyesuaian stock dan opname dengan lebih efektif.

Lihat tahapan penyesuaian stock dan opname di sini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×