fbpx
Penyelesaian Pesanan

Ketahui 3 Waktu Penyelesaian Pesanan Nggak Pakai Lama!

Dalam pergudangan, tahap terakhir dari pemrosesan pesanan ialah penyelesaian pesanan. Di awal pemrosesan kamu sudah mengawali dengan pengambilan barang. Sekarang, kamu perlu mengakhirinya dengan penyelesaian pesanan.

Baca juga: Definisi, Manfaat, dan Komponen Pergudangan – Jubelio

Apa sih maksud dari Penyelesaian Pesanan? Penyelesaian pesanan adalah mengakhiri atau menyelesaikan proses dari pesanan yang sedang dilakukan. Ini merupakan tahap terakhir yang dapat dipantau atau dilakukan dalam pemrosesan pesanan. Jadi, kalau pesanan sudah dikirim, kamu tinggal lakukan penyelesaian.

Kamu pasti bertanya-tanya, “Pesanan sudah dikirim, tapi kapan pesanan dapat dikatakan ‘selesai’?” “Harusnya kalau sudah dikirim sudah selesai, dong?” Tenang, kedua pertanyaan itu ada jawabannya, loh! Nah, untuk tau kapan kira-kira waktunya, kamu perlu banget nih simak penjelasan di  bawah ini.

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Pengiriman Barang Mudah dan Aman – Jubelio

Kapan Status Pesanan Jadi Selesai?

  1. Set Jadi Selesai

Pesanan pembeli berasal dari internal perusahaanmu. Kamu sudah melakukan proses dari pengambilan – pengiriman. Jika sistem yang kamu miliki adalah Sistem Manajemen Gudang (WMS) Jubelio, kamu nggak perlu nunggu lagi tuh nunggu pesanan diterma pelanggan untuk jadi “selesai”.

Ini terjadi pada proses pengiriman saat pesanan sudah diterima oleh  kurir dan akan dikirim. Di sini Kamu hanya perlu melakukan penyelesaian pesanan dengan klik “set jadi selesai”. Nah, saat kamu melakukan hal tersebut, pesananmu sudah selesai.

  1. Diterima Pembeli

“Tok..tok..tok..paket!” eits, jangan dilanjtuin. Ini bukan Tiktok, ya haha. Ngomongin soal paket, siapa yang nggak senang kalau sudah dengar tamu yang satu ini? Semua pasti senang, kan? Waktu menerima paket menjadi yang paling ditunggu-tunggu oleh pembeli.

Saat paket diantar oleh kurir ke alamat yang dituju, kemudian diterima oleh pembeli, saat itu lah proses pesanan bisa dikatakan sudah selesai. Biasanya, pembelimu akan melakukan konfirmasi penerimaan produk. Yang dilakukan dengan membuka detail pesanan di e-commerce, lalu mengubah pesanan “dikirim” menjadi “pesanan diterima”.

  1. Tenggat Waktu Marketplace

Setiap marketplace (MP) memiliki kebijakan tertentu untuk penyelesaian pesanan dari pemrosesan pesanan meraka. Ada yang 1×24 jam dari diterimanya pesanan, ada juga yang 2×24 jam, dan lain sebagainya. Nah, misalnya pesanan sudah diterima oleh pembeli, namun pembeli tidak melakukan konfirmasi lagi untuk penyelesaian, kamu nggak perlu pusing.

Saat pesanan sudah diterima pembali, namun ada kejadian seperti itu, tinggal tunggu saja waktu yang sudah ditentukan oleh marketplace. Jadi, secara otomatis pesanan akan “selesai” saat memasuki waktu tersebut. Sabar aja, ya.

Bagaimana? Kamu nggak perlu lagi deh bingung sampai bertanya-tanya, “kapan ya status pesanan jadi selesai?” Yup, penjelasan di atas sudah dapat menjawab pertanyaamu, bukan?

Sistem Manajemen Gudang (WMS) Jubelio memiliki sistem yang memudahkan kamu untuk memantau hal-hal yang terjadi selama pemrosesan pesanan. Menunggu pesanan “selesai” bukan lagi menjadi hal yang membuat kamu jadi dag dig dug nggak menentu.

kamu dapat mengetahui bagaimana penyelesaian pesanan terjadi di Proses Pengiriman Pesanan dari Gudang (jubelio.com)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×