fbpx
Putaway

Putaway: Sebuah Kunci untuk Pertumbuhan Bisnismu

Sistem Manajemen Gudang (WMS) memiliki salah satu proses penting dalam proses inbound atau barang masuk. Proses tersebut, yaitu proses penempatan. Mungkin kamu mengenalnya dengan sebutan putaway. Sudah nggak asing, dong?

Putaway adalah proses terakhir dalam urutan barang masuk (inbound). Penempatan barang ke raknya masing-masing dilakukan setelah tim gudangmu selesai melakukan penerimaan barang.

Baca Juga: 3 Sumber Penerimaan Barang yang Wajib Kamu Ketahui! – Jubelio

Manajemen gudang yang baik tercermin dari perpindahan barang dan stok otomatis ke lokasi gudang sesuai yang direncanakan. Proses putaway ini memastikan bahwa barang yang kamu terima tersimpan dengan baik.

Baca Juga: Definisi, Manfaat, dan Komponen Pergudangan – Jubelio

Sebagai pebisnis, kamu pasti tau bahwa dengan melakukan penempatan ke rak maka akan berpengaruh pada inventory (persediaan). persediaan di gudangmu baru akan bertambah setelah dilakukan penempatan ini.

Baca Juga: Atur Nomor Rak agar Penyimpanan Stokmu Lebih Efisien! – Jubelio

Ketika kamu ingin bisnismu tumbuh dan berkembang, tentu kamu akan mencari cara apa pun untuk tercapainya target tersebut. Tentunya dengan cara yang mudah, efektif, dan efisien untuk dilakukan. Pasti terpikirkan dalam benakmu untuk melakukan strategi tertentu supaya gudangmu dapat dioptimalkan sebagai tempat penempatan barang. Muncul kesadaran untuk meningkatkan penggunaan ruang untuk penyimpanan dan semakin fokus dengan barang di gudang.

Strategi Penempatan Tepat untuk Gudangmu

Beberapa strategi ini mungkin cocok untuk kamu terapkan di saat penempatan!

  1. Stok

Ketersediaan stok menjadi acuan utama bagi bisnismu. Stok yang tersimpan di rak gudang dan statusnya tersedia akan mempercepat proses pesanan pelangganmu. Dengan demikian, tersedianya stok akan menguntungkanmu ketika ada pesanan masuk dari pelanggan.

  1. Menghindari Kerusakan Barang

Selain untuk menambahkan ketersediaan stok, penempatan barang ke gudang sjuga untuk menghindari kerusakan. Hal yang bisa saja terjadi jika barang tersebut tidak disimpan pada tempat yang benar. Berkaitan dengan itu, barang yang sudah ada di rak gudangmu tentunya barang yang kondisinya bagus atau lolos QC pada saat penerimaan. Kondisi barang yang baik akan meningkatkan kepuasan pelangganmu, loh!

  1. Mengategorikan Rak

Pastikan rak sudah sesuai dengan kategorinya. Maksud kategori di sini, yaitu setiap barang ditempatkan sesuai jenisnya. Misalnya, baju diletakkan di rak khusus baju atau makanan ringan diletakkan di rak khusus makanan. Penempatan barang sesuai jenisnya di tiap rak akan memudahkan kamu nantinya saat pengambilan barang.

  1. Memperlebar Jarak masing-masing rak

Setiap rak sangat perlu untuk diperhitungkan. Usahakan jarak antar rak A dengan B dan seterusnya tidak terlalu dekat, tetapi juga tidak terlalu jauh. Mengapa demikian? Jarak yang pas akan mempemudah pergerakan saat petugas gudangmu saat menempatkan barang. Bayangkan jika petugas membawa barang ke setiap rak dengan jarak seperti di gang senggol? Huft, sudah pasti akan terhambat mobilisasi penempatan barang tersebut.

  1. Mempersingkat Proses Penempatan

Semakin sedikit alur dari proses penempatan, semakin kecil pula risiko yang akan diterima. Tidak perlu banyak tahapan, di Jubelio hanya perlu scan barang yang akan ditempatkan dan juga rak, penempatan barang selesai. Dengan singkatnya proses penempatan, barang akan lebih terawat sehingga pelangganmu akan mendapatkan barang dengan kondisi baik serta berkualitas.

Tertarik dengan strateginya? Lakukan 5 strategi putaway tersebut demi kelancaran bisnismu. Nah, di sini Jubelio bisa membantumu mempermudah putaway di gudangmu, loh! Kalau kamu mau lebih mengetahui lebih jelas mengenai putaway, silakan kunjungi Proses Barang Masuk Gudang (jubelio.com)

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×