fbpx
sales order

Langkah Membuat Sales Order yang Sesuai

Pebisnis selain aktif berjualan di marketplace, kamu juga tak jarang kan menerima pesanan langsung dari pembeli. Alias, tidak melalui marketplace atau channel penjualan online lainnya. Biasanya pesanan tersebut datang dari pembeli yang sudah berlangganan, serta memesan dalam jumlah besar. Nah kamu sudah tahu belum cara membuat pesanan di luar marketplace alias sales order yang datang. 

Biasanya pesanan yang datang dari marketplace akan langsung tercatat sendiri rincian penjualan atau sales ordernya. Namun, hal tersebut tidak terjadi dengan pesanan manual, oleh karena itu untuk menjaga akuntansi yang baik kamu harus mencatatnya juga.  

Karena apabila tidak dicatat dengan baik, rapi dan sesuai standar, akuntansimu akan kacau. Selain itu, data persediaan pun tidak lagi akurat karena ada barang yang belum tercatat pengeluarannya. 

Baca juga: Update Stok? Ini Langkah Mudahnya!

Potensi Penjualan di Luar Marketplace 

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan marketplace dan social commerce sangat membantu untuk meningkatkan angka penjualan kita. Kamu pasti merasakannya sendiri, bagaimana perasaan mendapatkan pesanan pertamamu yang berasal dari daerah lain.  

Kemudian dengan adanya channel penjualan online kamu juga bisa menjual dan menawarkan produk tanpa ada batasan wilayah. Yang perlu kamu lakukan tinggal memasang katalog barang yang menarik sehingga pembeli tertarik. 

Baca juga: Cara Mudah Alokasi Stok untuk Channel Penjualan

Walaupun begitu, potensi penjualan secara langsung juga masih ada, malahan bisa bertambah dengan hadirnya toko milikmu di marketplace. Misalnya kamu memiliki pembeli yang menjadi langganan dan sering memesan dalam jumlah besar dari tokomu.  

Tentu dengan rasa percaya yang semakin besar, kamu bisa langsung melakukan transaksi dengan pembeli tersebut. Apalagi jika pesanan darinya mendapatkan prioritas lebih. Nah untuk itu kamu perlu mengetahui cara mencatatkan pesanannya dengan benar. 

Hal ini penting untuk memastikan catatan penjualanmu tetap sesuai. Selain itu, stok yang keluar pun tepat sasaran. 

Cara Mencatatkan Penjualan di Luar Marketplace 

Untuk memproses pesanan yang datang entah dari marketplace atau bukan kamu pasti sudah paham betul caranya bagaimana. Tetapi untuk pencatatan pesanan selain dari marketplace kamu perlu melakukannya sendiri. 

Karena itu, kamu perlu mengetahui komponen apa saja yang wajib ada dalam pencatatan tersebut. Hal ini penting agar semua informasi terkait bisa terekam. Yuk simak data apa saja yang wajib ada dalam pesanan tersebut. 

  1. Nama dan alamat pembeli 
  2. SKU Barang 
  3. Nama Barang 
  4. Harga Jual Barang 
  5. Kuantitas Barang 
  6. Persentase Diskon 
  7. Nilai Diskon 
  8. Harga Total 
  9. Nomor Resi dan Jasa Pengirimannya. 

Nah komponen di atas wajib sekali ada dalam catatan penjualanmu.  

Untuk melihat cara membuat sales order di luar marketplace, klik di sini. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×