fbpx
Pekerja gudang

Staff Gudang: Sosok-Sosok di Balik Lancarnya Pesanan Kita

“Tolong letakkan barang ini ke raknya, ya!”

“Barang sudah dikemas, belum?”

“Siapa yang akan ambil barangnya di rak?”

Kalimat-kalimat di atas pasti sering kamu dengar jika bisnis kamu mengandalkan pergudangan. Operasional gudangmu dapat berjalan dengan baik dan teratur karena adanya staff gudang. Staff gudangmu memiliki bagian kerjanya masing-masing, kan?

Ada yang bertugas untuk meletakkan pesanan ke raknya masing-masing. Lalu, bertugas mengambil pesanan. Terdapat pula yang mengemas pesanan. Selain itu, ada yang bertugas untuk mengecek stok opname barang di gudang. Bukan hanya itu, ada juga yang bertugas untuk mempersiapkan pesanan yang akan dikirim ke gudang lain. Ya, masih banyak yang lainnya, deh!

Baca Juga: Definisi, Manfaat, dan Komponen Pergudangan

Mari Mengenal Pekerja Gudang!

Sebelum kamu salah sebut atau berkeinginan untuk merekrut staff gudang, kamu mungkin perlu mengetahui siapa saja yang bekerja di gudang. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Kepala Gudang

Sebuah gudang tidak mungkin sistem di dalamnya berjalan begitu saja tanpa ada yang mengawasi. Tidak mungkin juga beroperasi dengan sesuai tanpa arahan dan orang yang mengaturnya. Nah, hal-hal tersebut dilakukan oleh kepala gudang. Dia akan mengawasi dan mengontrol operasional gudang.

Quality Control

Barang yang masuk ke gudang tidak bisa asal diterima begitu saja. Perlu dicek terlebih dahulu oleh tim gudang untuk mengecek kualitas. Sebutan bagi petugas ini adalah petugas Quality Control.

Receiver

Setelah barang yang masuk sudah lolos pengecekan oleh tim Quality Control (QC), barang tersebut akan diterima oleh petugas. Petugas gudang ini  khusus untuk melakukan penerimaan barang. Nah, penerima barang ini dinamankan receiver.

Picker

Di gudang terdapat pekerja yang disebut picker. Picker ini bertugas untuk mengambil barang (picking) di rak untuk nanti diberikan ke petugas yang akan mengemas barang tersebut.

Baca Juga: Picking Lebih Efisien dan Produktif dengan 5 Hal Ini!

Checker

Barang yang sudah diambil oleh picker diserahkan ke checker. Sebagai checker dituntut untuk teliti karena kalau sampai ada kesalahan saat pengecekkan barang, akan salah pula pengiriman ke pelanggan.

Selain pengecekkan barang setelah diambil oleh picker, checker di sini juga mengecek kesesuaian stok dan opname. Saat akan melakukan penyesuaian stok opname di gudang, checker sangat berperan penting. Dengan adanya checker, keamanan kondisi dari tiap stok lebih terjamin karena sudah disaring berdasarkan kualitas setiap barang.

Dispatcher

Setelah pesanan melewati tahapan dari picking – checking, selanjutnya pesanan akan dikirim ke packer untuk dilakukan pengepakan. Atau mungkin dikirim ke bagian lain yang membutuhkan barang tersebut. Misalnya, barang akan dikirim ke rak lain yang berlokasi di gudang tersebut bisa melalui dispatcher ini.

Packer

Setelah barang yang diambil oleh picker dan sudah dicek oleh checker, selanjutnya dispatcher akan mengantarkan barang tersebut ke packer. Tugas packer untuk mengepak barang tersebut. Packer memerhatikan keamanan pesanan yang sedang dikemas. Keamanan pengemasan sangat penting demi keselamatan pesanan tersebut sampai ke pelanggan.

Baca Juga: Packing: 4 Tips Jitu Anti Komplain, Check!

Dalam fitur Sistem Manajemen Gudang (WMS) Jubelio, terdapat beberapa pekerja gudang seperti yang sudah disebutkan, loh! kamu bisa mengeceknya di sini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×