fbpx
cara membuat kategori di Lazada

Panduan Lengkap Cara Membuat Kategori di Lazada

Ketika mengupload produk di marketplace, pastinya seller nggak asing nih sama yang namanya kategori produk.

Dimana, mereka mesti menempatkan kategori dari produk yang mereka jual dan umumnya setiap marketplace punya kategori yang berbeda nih.

Jadi, mau tidak mau seller harus menyimpan kategori yang sesuai dengan produk yang mereka jual. Kalau nggak nanti yang ada bisa membuat produkmu sulit ditemukan.

Pasti kamu nggak mau dong itu terjadi? Nah, maka dari itu di artikel kali ini aku bakalan kasih tahu kamu cara membuat kategori di Lazada.

Supaya nggak terjadi lagi tuh masalah penempatan produk yang nggak tepat. Yuk, langsung simak aja artikelnya.

Apa Itu Kategori Toko?

Buat kamu yang baru memulai jualan di Lazada, pernah nggak sih mendengar yang namanya kategori toko?

Ternyata hal ini berbeda dengan kategori produk, dimana fitur ini akan membantu kamu untuk mendekorasi dan menyesuaikannya dengan beranda toko kamu.

Jadi, fungsi dari fitur kategori toko adalah mempercantik tampilan toko supaya dapat menarik perhatian pelangganmu sehingga mereka mau berlama-lama di tokomu.

Tapi apa sih yang membedakan antara kategori produk dengan toko?

Sebenarnya udah kelihatan sih perbedaannya, yaitu kalau kategori produk biasanya digunakan untuk mengelompokkan jenis barang yang kamu jual di Lazada.

Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Kategori Toko

Ternyata kategori toko itu sangat penting loh untuk diterapkan pada toko online kamu, khususnya di Lazada nih.

Selain untuk memperindah toko kamu, penggunaan kategori toko ini bisa menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan konversi penjualan loh.

Bukan cuma itu aja kok, masih ada 3 alasan lainnya mengapa kamu harus menggunakan kategori toko di Lazada.

  1. Toko yang tersusun dengan rapi menjadi salah satu faktor yang membuat bisnis kamu terlihat professional dan bikin pelanggan kamu percaya untuk membeli produkmu.
  2. Kamu dapat membentuk branding yang bagus untuk bisnismu, caranya tinggal sesuaikan dengan identitas unik dari tokomu.
  3. Bisa membuat produkmu mudah untuk ditemukan oleh calon pelanggan sehingga mereka mau menelusuri lebih banyak produk.

Kesalahan Kategori Produk di Lazada

Kalau sebelumnya kita udah bahas mengenai kategori toko, berikutnya tentang kategori produk di Lazada.

Dalam menambahkan produk di Lazada, tentunya kamu nggak boleh sampai salah untuk menempatkan produk kamu ke dalam kategori produk.

Sebab, nantinya akan berpengaruh terhadap pencarian barang. Contohnya gini, kamu punya produk pakaian lalu salah menempatkan kategori barang ke elektronik.

Kalau terjadi kesalahan tersebut yang ada membuat calon pembeli malah kesulitan mencari produkmu dan paling fatal pihak Lazada bisa aja menonaktifkan barang tersebut.

Dikarenakan barang yang dijual tidak sesuai sama kategorinya, untuk lengkapnya kamu bisa cek gambar berikut ini.

kesalahan produk di Lazada

Jika toko kamu mengalami kesalahan kategori produk, tenang aja kamu bisa kok memperbaikinya. Kamu bisa mengikuti cara memperbaiki kategori produk ini ya.

  1. Pastikan kamu sudah masuk ke dalam akun jualan.
  2. Selanjutnya, pilih assortment growth
  3. Lalu, klik perbaiki produk
  4. Pada bagian produk kategori salah, klik selesaikan sekarang.
  5. Kalau sudah, nanti kamu akan diarahkan ke halaman produk yang terdeteksi salah kategori dan Lazada akan memberikan rekomendasi kategori yang harus kamu perbaiki dalam jangka waktu 14-30 hari.

Cara Membuat Kategori di Lazada

Dalam membuat kategori produk pastinya diperlukan ketelitian yang tinggi supaya nggak terjadi masalah kesalahan penempatan kategori yang berakibat fatal sama tokomu.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara membuat kategori di Lazada yang tepat nih. Yuk, ikutin langkah-langkahnya di bawah ini ya.

  1. Login ke akun jualan di Lazada Seller Center
  2. Pilih Tambah Produk, lalu kamu isi rincian produknya terlebih dahulu seperti foto produk dan nama produk
  3. Setelah itu, baru kamu tambahkan kategori produk, lalu lakukan pengelompokkan sesuai dengan produk yang kamu jual.
  4. Pada tahap ini kamu perlu berhati-hati untuk menambahkan dan memasukkan kategorinya ya.

Hindari Salah Kategori Produk Pakai Cara Ini!

Kalau udah tahu seberapa krusial nya penempatan kategori produk, tentunya sebagai seller akan mencari cara menghindari masalah tersebut.

Nah, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan penempatan kategori produk, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini nih.

Tipsnya kamu bisa memakai sistem Jubelio Omnichannel untuk membantu kamu memudahkan dalam mengupload produk di seluruh marketplace.

Sekaligus dengan deskripsi produk, variasi produk, sampai penentuan kategori produk cuma dari satu dashboard aja.

Karena Jubelio udah terintegrasi ke semua channel penjualan online maupun offline seperti marketplace, social commerce, website, dan toko offline.

Bukan cuma menghindari masalah terkait produk melainkan Jubelio dapat bantu kamu dalam hal mengatur stok barang, memproses pesanan, sampai manajemen gudang.

Sekarang urus operasional bisnis nggak perlu susah lagi deh, sebab di Jubelio udah disediakan fitur yang sangat lengkap untuk bantu bisnis kamu.

Daripada penasaran mending kamu coba langsung, tinggal klik tombol di bawah ini.

Coba Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.