fbpx
tips fotografi

5 Tips Fotografi Untuk Membuat Pelanggan Tertarik Datang ke Toko Onlinemu

Beragam cara bisa dilakukan agar pelanggan tertarik berbelanja secara online salah satunya melalui foto produk. Bagi pemilik bisnis online, foto produk merupakan hal yang krusial karena jika tidak dieksekusi secara baik maka pelanggan bisa tidak jadi membeli produk kamu.

Jika belum menguasai cara foto produk, berikut beberapa tips fotografi yang bisa kamu gunakan agar toko onlinemu ramai pembeli :

1. Alat Fotografi

Untuk mendapatkan kualitas foto yang baik tentunya perlu didukung peralatan fotografi yang mumpuni. Beberapa alat fotografi yang perlu dipersiapkan seperti kamera profesional, alat bantu pencahayaan, hingga layar background jika kamu melakukan pemotretan di dalam ruangan.

Spesifikasi alat fotografi bukan satu-satunya komponen yang bikin foto produk menjadi menarik. Tentunya semakin tinggi spesifikasi peralatan fotografi akan mendukung kualitas dari foto itu sendiri.

2. Pemilihan Model atau Peraga

Ketika ingin membeli barang, biasanya pelanggan ingin tahu contoh pemakaian oleh model atau cara barang digunakan oleh peraga. Hal ini akan memberikan gambaran atau ilustrasi tentang benefit yang bisa diterima.

Tips untuk komponen ini ialah dengan menyesuaikan karakteristik model atau peraga dengan profil target pelanggan  yang sudah kamu buat. Sebagai pertimbangan tambahan, di zaman sekarang bisa menggunakan model atau peraga yang popular sehingga dapat menambah awareness produk kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Pengunjung Betah Berlama-lama di Website Toko Online Kamu

 3. Tema Foto Selaras dengan Produk

Tema foto yang tepat bisa menambah gambaran penggunaan bagi para pelanggan. Namun sebaliknya jika tema foto tidak sesuai maka akan terjadi kontradiksi di benak pelanggan.

Kamu bisa bayangkan, jangan sampai jika kamu memiliki produk fashion untuk pergi ke pantai tapi menggunakan tema pergi ke gunung. Kalau ga cocok seperti itu, bisa jadi pelanggan bisa mengurungkan niat untuk membeli produk kamu loh.

 4. Teknik Foto

Teknik dalam pengambilan foto produk dapat mempengaruhi tampilan produk itu sendiri. Tiap produk memiliki keunikannya masing-masing sehingga membutuhkan teknik yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang pas.

Beberapa teknik fotografi yang bisa digunakan yakni pengaturan alat fotografi, pengambilan sudut foto, hingga merancang koreografi jika kamu menggunakan model atau peraga.

Baca Juga: 4 Langkah Strategi Branding Untuk Memulai Bisnis Kamu

 5. Edit Foto

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan sebelum posting foto produk kamu ialah dengan mengeditnya. Terkadang saat melakukan photo shoot berhadapan dengan masalah seperti intensitas cahaya atau ketajaman gambar sehingga hasil foto tidak maksimal.

Jika seperti itu, kamu perlu menyempurnakan foto dengan mengeditnya. Kamu bisa pilih beragam aplikasi yang menyediakan layanan edit foto. Yang perlu diperhatikan dalam komponen ini ialah keseimbangan warna dan kesesuaian tone warna dasar dengan produk kamu.

Jika kamu sudah melakukan tips fotografi di atas, kamu sudah bisa membuat foto produk yang menarik. Namun untuk menarik pelanggan tidak cukup dengan foto berkualitas, perlu diperhatikan desain website toko online mu agar meningkatkan keterikatan pelanggan.

Masih bingung caranya agar desain toko online mu tampak atraktif? Kamu bisa menggunakan jubelio.store, sebuah solusi buat website toko online dengan desain premium dan responsif serta bisa untuk integrasi marketplace mu.

Dapatkan informasi cara kami buat website toko online jadi lebih menarik.

Buat Toko Online!

 

×