fbpx
strategi branding untuk memulai bisnis

4 Langkah Strategi Branding Untuk Memulai Bisnis Online

Di era saat ini, banyak orang berlomba untuk membuat produk atau membangun bisnisnya untuk bisa diterima oleh pelanggan.

Bisa dibayangkan, saat ini terdapat jutaan produk yang memiliki kegunaan yang tidak jauh berbeda satu dengan yang lainnya. Lalu, bagaimana pebisnis bisa menciptakan produk yang mudah diingat di benak para pelanggannya?

Kata yang tepat untuk menjawab itu adalah brand.

Apa sih brand itu? Menurut Kotler (2009), brand adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi semuanya, yang bertujuan mengidentifikasi pembuat atau penjual produk.

Dari pengertian tersebut, bisa disimpulkan brand memiliki fungsi untuk menjadi pembeda antar produk atau sang penjual produknya hingga brand tersebut dapat menempati tempat yang layak di benak para pelanggannya.

Agar produk kamu semakin mudah diingat, kami akan menjelaskan 4 langkah awal dalam strategi branding untuk memulai bisnis online:

1. Ketahui profil pelanggan

Untuk mulai bangun brand, kamu harus tahu terlebih dahulu siapa saja yang akan jadi pelanggan.

Kamu bisa membuat segmentasi pelanggan dimulai dari demografi seperti jenis kelamin, umur, lokasi tempat tinggal, hingga profil pelanggan.

Untuk bisa analisa lebih dalam tentang pelanggan kamu bisa pakai metode STP yakni segmenting, targeting, dan positioning hingga pada akhirnya kamu bisa menganalisa kebiasaan belanja/ perilaku pembelian dari pelanggan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Membuat Toko Online

2. Ciptakan identitas brand

Setelah tahu target pasar, langkah selanjutnya adalah menciptakan identitas brand.

Gagasan dalam memberikan brand sebuah identitas adalah agar para pelanggan dapat memberikan kepribadian layaknya karakteristik manusia.

Identitas brand tersebut dapat dibentuk melalui nama, simbol/logo, warna, iklan, desain, istilah yang dipakai hingga juru bicara.

Semakin unik dan relevan identitas brand yang dibentuk dengan karakteristik penggunanya, maka akan semakin ”lengket” brand tersebut berada di benak pelanggan.

3. Komunikasikan pesan brand

Sebuah brand tentu perlu untuk menyampaikan pesan brand melalui media yang biasa digunakan oleh pelanggannya.

Saat ini, banyak media yang bisa digunakan dan kamu bisa memakai kombinasi berbagai media untuk menyampaikan pesan brand kepada pelanggan.

Tentunya jika kamu berbisnis secara online, salah satu cara yang bisa digunakan ialah melalui media digital.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Toko Online Kamu

4. Konsisten

Salah satu hal penting yang dilakukan pada saat branding ialah konsistensi. Jika konsisten menyampaikan pesan brand dan juga dalam identitas brand, maka brand kamu akan semakin mudah diingat.

Khusus untuk branding melalui social media, kamu perlu mengetahui karakteristik dan algoritma tiap sosial media tersebut.

Aturlah jadwal untuk membuat dan posting konten tentang pesan brand kepada pelanggan. Dengan strategi konsisten ini, brand kamu punya kesempatan dikenal lebih mudah dibenak pelanggan.

Itulah berbagai tips yang bisa dilakukan dalam melakukan strategi branding untuk bisnismu. Di era digital seperti saat ini, membangun sebuah brand sudah semakin mudah salah satu caranya ialah dengan membuat website toko online.

Website toko online mu tidak hanya tempat untuk melakukan transaksi jual beli tapi kamu juga bisa tampilkan pesan brand yang mengandung nilai edukasi kepada pelanggan.

Untuk memudahkan kamu membuat website toko online, kamu bisa menggunakan bantuan dari Jubelio Store.

Dengan menggunakan Jubelio, kamu akan didampingi tim support profesional dan bahkan bisa terintegrasi otomatis dengan platform omnichannel.

Buat Toko Online!
×