fbpx
omnichannel

5 Omnichannel Terbaik Untuk Kelola Bisnis

Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, maka semakin berpengaruh teknologi tersebut pada kehidupan kita bahkan sampai hal itu menjadi ketergantungan kegiatan kita sehari-hari. Teknologi tersebut akan berkembang secara terus-menerus tanpa henti dengan penemuan-penemuan baru yang kreatif dan inovatif. Batas antara apa yang kita lakukan dengan teknologi dan kehidupan nyata akan mulai redup hingga batasan itu akan hilang nanti nya.

Salah satu fenomena yang bisa kita lihat saat ini adalah dimana orang bisa berbelanja secara online tanpa harus pergi ke toko fisik nya. Orang bisa membeli barang yang mereka butuhkan dan inginkan hanya dengan menggunakan ponsel mereka dengan bantuan internet dan teknologi pendukung lainnya.

Saat orang berbelanja secara online, maka mereka akan memeriksa harga produk, membandingkan produk, melihat ulasan produk, dan pasti nya akan memeriksa sosial media produk yang bersangkutan sebelum membeli. Bagi para penjual, jika keberadaan teknologi yang mereka miliki terbatas maka penjualan mereka akan tidak maksimal dan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pembeli.

Anda sekalian mungkin pernah mendengar apa itu omni channel. Walaupun sering terdengar tapi masih banyak yang merasa asing dengan maksud dari omni channel tersebut. Jadi apa itu omni channel? Apakah sama dengan multi channel? dan omni channel apa saja sih yang merupakan terbaik di dunia sehingga banyak pelaku usaha sangat tertarik dengan omni channel tersebut? So, let’s go aja nih kita kupas tuntas hal-hal tersebut di bawah.

Baca Juga: Omni Channel, Platform Bisnis Penting Untuk Pengusaha Masa Kini

Apa Itu Omni channel?

Omni channel merupakan tahap evolusi dari multichannel. Menurut Muliadi W. Jeo (PT Inovasi Informasi Indonesia), Omni channel adalah model bisnis lintas channel yang mengutamakan pengalaman pelanggan mereka. Pelanggan dari perusahaan yang mempraktikkan omni channel dapat berbelanja dengan menggunakan berbagai channel sekaligus baik online maupun offline.

Secara lebih detail nya Omni channel adalah sebuah metode untuk mengintegrasi / mengontrol semua bagian di dalam bisnis ke dalam satu sistem, tidak usah masuk ke dalam berbagai marketplace lagi. Jadi apa sih bedanya dengan multichannel?

Multichannel merupakan model bisnis yang disediakan perusahaan untuk konsumen mereka agar dapat saling berinteraksi dengan perusahaan melalui sistem yang dipilih konsumen. Namun, sistem-sistem tersebut tidak saling terintegrasi / terkontrol dalam satu sistem, akibatnya tiap sistem pun akan ditangani oleh customer service yang berbeda pula.

Dari perbandingan di atas, bukan berarti multichannel tidak se-efektif dan efisien omni channel. Tentu saja masing-masing saluran memiliki kelebihan dan kekurangan nya. Anda sebagai pelaku bisnis hanya perlu menyesuaikan mana yang sekiranya paling cocok bagi bisnis anda ke depan nya.

Bagi yang tertarik untuk mengenal dan menggunakan model omni channel untuk bisnis mereka, kita bisa lihat nih 5 omni channel terbaik di dunia yang pasti nya bakalan memudahkan usaha anda. Berikut 5 omni channel tersebut.

Baca Juga: Cerita Pebisnis, Omset Naik 400% Setelah Menggunakan Jubelio!

5 Omnichannel Terbaik Di Dunia

1. Primaseller

Primaseller adalah platform omni channel dengan produk software nya yang membantu para peritel dalam mengelola bisnis mereka dalam bidang / yang mencakup :

  • Pengelolaan inventory
  • Produk penjualan
  • Pengawasan inventory
  • Pengelolaan pergudangan
  • Pengelolaan pemesanan
  • Pengelolaan pembelian
  • Sistem bisnis B2B
  • Pencatatan yang integratif
  • Pengelolaan pengiriman

Primaseller didirikan pada tahun 2013 dan berpusat di Walnut, California, USA dan sudah terintegrasi dengan berbagai marketplace seperti Etsy, eBay, Amazon, Shopify, Magento, Woocommerce, dan BigCommerce yang sudah tersebar di lebih dari 10 negara di dunia. Berikut adalah kebijakan pricing dalam primaseller yang dibedakan atas klasifikasi pengguna nya :

  • Kategori Pemula : Untuk para pemilik single store dengan tingkat penjualan online yang masih rendah
  • Kategori Profesional : Umumnya untuk yang sudah memiliki 1-2 store dan bisnis online yang sudah berkembang
  • Kategori Lanjut : Untuk yang sudah memiliki toko ritel yang banyak dengan tingkat penjualan online yang tinggi
  • Kategori Enterprise : Khusus untuk yang tergantung dari permintaan.

2. Brightpearl

Brightpearl adalah platform omni channel untuk para peritel dan wholesalers untuk dapat mengelola bisnis mereka yang sudah melakukan perdagangan sebesar $ 1 juta atau lebih dalam setahun dengan menggunakan solusi yang meliputi pengelolaan keuangan, pengelolaan inventory dan pesanan penjualan, pengelolaan pembelian dan pemasok, CRM, POS, B2B payment, pencatatan akunting. Brightpearl telah terintegrasi dengan berbagai marketplace seperti Magento, BigCommerce, Walmart, dan Shopify.

Lebih dari 1.200 bisnis di 26 negara telah menggunakan Brightpearl dan lebih dari 10 juta transaksi dan $ 3 miliar bisnis per tahun nya telah dikelola oleh Brightpearl. Untuk pricing, Brightpearl merancang nya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pedagang / penjual tersebut. Saat ini kantor Brightpearl berpusat di kota Austin, Texas, USA, untuk Kantor global nya terletak di Bristol, Inggris.

3. Hike Up

Hikeup adalah sebuah platform omni channel untuk para peritel yang melakukan perdagangan dalam suatu toko, online, serta di manapun dan kapanpun terjadi perdagangan ke dalam satu sistem yang terintegrasi. Hikeup memberikan solusi agar penjualan dapat terus meningkat dan mendorong lebih banyak keuntungan dengan fitur-fitur seperti pengelolaan inventory di multi-lokasi, POS, pencatatan akunting, membuat janji temu online, dll.

Hikeup tersedia di Cloud dan berfungsi di perangkat apa pun dan di manapun. Hikeup bahkan dapat digunakan ketika sedang offline sekalipun. Hikeup sudah terintegrasi dengan

berbagai sistem bisnis terkenal seperti Xero, MailChimp, dan Magento. Klasifikasi pricing Hikeup dibuat berdasarkan tipe perusahaan yaitu,

  • Start Up
  • One-Store
  • Multi-Store

Kantor pusat dari Hikeup itu sendiri terletak di kota Glen Waverley, Victoria, Australia.

4. iVend

iVend Retail by CitiXsys adalah suatu platform omni channel bagi toko digital yang berbasis Cloud untuk manajemen ritel perusahaan. iVend memberikan solusi layanan retail dan keramahtamahan bagi para pemakai nya yang mencakup infrastruktur dan layanan terkelola untuk pengoperasian di head-office dan back-office si pengguna seperti, POS, mobile POS, customer loyalty, eCommerce, kartu digital, retail reporting and analytics yang sudah terintegrasi dengan Magento Commerce, Sage 300cloud dan X3, Microsoft Dynamics 365 Business Central One, S / 4 HANA, ECC 6.0 dan IS-Retail yang sudah ter sertifikasi.

Untuk sistem pricing iVend Retail dirancang sesuai dengan kebutuhan / keinginan yang bersangkutan dan berkantor pusat di kota New York, USA.

Baca Juga: OMNI-CHANNEL VS MULTI-CHANNEL SALES

5. Jubelio

Jubelio adalah platform omni channel yang menawarkan solusi bagi para peritel dalam mengelola bisnis offline dan online dari berbagai marketplace ke dalam satu platform yang dapat terintegrasi mulai dari pengadaan barang, listing barang ke berbagai marketplace, sinkronisasi dan pengaturan stok, memproses pesanan, pengiriman, sampai pencatatan nya ke dalam akunting.

Dengan open API milik Jubelio, anda bisa menyambungkan nya ke berbagai marketplace, toko online, jasa pengiriman, POS atau aplikasi lain nya seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi. Saat ini Jubelio baru memiliki satu kantor yang berpusat di kota Jakarta, Indonesia, Namun pertumbuhan Jubelio sudah cukup sangat pesat.

Perusahaan berbasis Omni Channel mungkin masih tidak terlalu banyak di Indonesia saat ini, sedangkan solusi berbasis omni channel saat ini bisa dibilang menjadi kebutuhan bagi para peritel online. Oleh karena itulah Jubelio hadir sebagai pionir omni channel di Indonesia. Jubelio juga tidak menyajikan produk omni channel yang biasa-biasa saja, sehingga selain layanan manajemen stok barang dan transaksi, Jubelio juga terintegrasi dengan sebuah layanan POS, Accounting, dan Webstore.

Well, udah tahu kan apa itu omni channel dan perusahaan berbasis omni channel mana aja nih yang terbaik yang pasti nya kalau ingin bisnis anda jadi lebih mudah. Buat di Indonesia sendiri kita punya banget nih, namanya Jubelio. Kenapa Jubelio? Pertama, karena dia adalah pionir omni channel di Indonesia, yang kedua, Jubelio menyajikan jasa produk yang gak biasa-biasa aja, dan yang ketiga, langsung aja buka website nya disini untuk dapetin informasi lebih lanjutnya

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

×