fbpx
apa itu etika bisnis

Apa Itu Etika Bisnis, Tujuan, Beserta Manfaatnya Dalam Berbisnis

Apa itu etika bisnis ? – Ketika kamu membangun dan mengembangkan sebuah bisnis yang harus kamu perhatikan tidak hanya sekedar keuntungan maupun kerugian.

Melainkan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti manajemen bisnis atau etika berbisnis baik internal maupun eksternal.

Etika menjadi suatu yang penting bagi usaha bukan hanya mencakup pimpinan saja tetapi berkaitan langsung dengan karyawan atau pihak yang bekerja sama dengan bisnis kamu.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Baca juga : Ketahui Manfaat Etika Bisnis Beserta Contohnya 

Apa Itu Etika Bisnis ?

Etika bisnis adalah cara yang kamu lakukan dalam berbisnis meliputi semua kegiatan bisnis yang berhubungan dengan perusahaan, masyarakat, maupun individu.

Perilaku dalam bisnis pada perusahaan memiliki peran yang sangat penting yaitu membentuk perilaku karyawan dan pimpinan untuk menjalin hubungan antara semua orang baik internal maupun eksternal perusahaan.

Adanya etika bisnis dapat dijadikan sebagai pedoman bagi karyawan maupun manajemen dalam melakukan tugas sesuai dengan sikap yang profesional.

Tujuan Etika Bisnis

Etika bisnis tidak hanya dijadikan sebuah pedoman bagi karyawan ataupun perusahaan dalam kegiatan berbisnis tapi memiliki banyak tujuan penting lainnya, diantaranya :

1. Meningkatkan Pribadi Karyawan

Adanya etika dalam berbisnis mempunyai tujuan untuk meningkatkan pribadi (personal) karyawan perusahaan.

Tujuannya agar tidak menyalahgunakan kepentingan sesama karyawan lainnya ketika menjalankan tugas bisnis.

Bukan hanya itu, etika ini diperlukan agar organisasi atau perusahaan menepati janji yang diberikan kepada karyawan perusahaannya.

Ketika memperluas usahanya perusahaan tidak boleh mendapatkan keuntungan yang merugikan masyarakat.

Selain itu, jangan sampai melanggar norma-norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat untuk mencapai tujuannya tersebut.

2.  Sebagai Kebijakan Internal Organisasi

Tujuan etika bisnis berikutnya yaitu membantu organisasi untuk mempraktikkan bisnis mereka dengan adil dan tidak menyalahi aturan yang ada, terutama yang berhubungan dengan karyawan usaha.

Dengan begitu, perusahaan dapat membuka komunikasi secara bebas, sebab jika komunikasi berjalan dengan baik maka karyawan akan terdorong untuk menjalani segala kebijakan bisnis yang ada.

3.  Dapat dijadikan Pemangku Kebijakan

Berikutnya, etika bisnis memiliki tujuan untuk menjaga hubungan kamu dengan orang lain yang mempunyai kepentingan.

Misalnya pelanggan, pemegang saham, pemasok barang, karyawan, pemerintah, lembaga keuangan, dan semua orang atau organisasi yang terhubung dengan perusahaan kamu.

Baca juga : 5 Prinsip Etika Bisnis Untuk Memajukan Usaha Kamu

Manfaat Etika Bisnis

Ketika kamu menjalankan sebuah bisnis tentu saja etika bisnis itu sangat penting.

Pastinya mempunyai manfaat salah satunya membangun dan meningkatkan citra perusahaan kamu.

Masih ada lagi manfaat etika bisnis yang harus kamu ketahui, berikut ini 3 manfaat penting etika dalam berbisnis.

  • Menimbulkan Kepercayaan, jika bisnis kamu merupakan usaha yang jujur ketika menjalankan bisnis maka kamu bisa mendapatkan kepercayaan konsumen bisa berupa loyalitas pelanggan dan mereka juga tidak segan untuk mempromosikan produk kamu ke orang lain.
  • Menghasilkan keuntungan yang maksimal, setelah membuat pelanggan percaya selanjutnya bisnis kamu juga bisa menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal sebab pembeli sudah percaya dengan bisnis kamu.
  • Terciptanya nilai moral, tentu saja nilai moral berhubungan dengan etika dalam berbisnis karena memberikan dampak kepada perilaku serta moral karyawan sehingga dapat meningkatkan nilai pada perusahaan.

Itu dia mengapa etika berbisnis sangat penting bagi bisnis, karena dapat membentuk perilaku yang baik dalam lingkungan internal maupun eksternal.

Tapi ketika kamu menjalankan bisnis, ada satu hal yang penting yaitu pengelolaan bisnis seperti manajemen keuangan, manajemen karyawan, manajemen persediaan barang, dan lainnya.

Untuk membantu kamu memudahkan berjalannya usaha, kamu bisa pakai Jubelio sebagai platform bisnis.

Dengan Jubelio kamu udah bisa mengurus kebutuhan usaha dalam satu klik saja sebab semua manajemen bisnis bisa kamu dapatkan hanya melalui satu sistem.

Ditambah sudah terintegrasi dengan semua channel penjualan online maupun offline, jadi kamu bisa mengurus semua toko secara bersamaan dalam satu dashboard.

Kamu bisa langsung coba buat akun GRATIS dengan klik link di bawah ini.

Daftar Jubelio Gratis!

Pengen tahu lengkap Jubelio ? kamu bisa ikut demo Jubelio setiap selasa dan kamis caranya klik tombol di bawah ini.

Ikut Jubelio Demo

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×