fbpx
contoh laporan laba rugi untuk bisnis

Bagaimana Cara Membuat Beserta Contoh Laporan Laba Rugi ?

Contoh Laporan Laba Rugi Bisnis – Diantara kamu mungkin belum tahu dalam menjalankan sebuah bisnis diperlukan ketekunan yang tinggi.

Apalagi dalam menyusun laporan keuangan, karena hal tersebut merupakan komponen krusial bagi sebuah bisnis. Salah satu laporan penting yang harus kamu buat yaitu laporan laba rugi.

Karena laporan ini menjadi tolak ukur apakah bisnis kamu mengalami perkembangan atau tidak. Nah, untuk mengetahui fungsi laporan laba rugi kamu bisa baca berikut ini.

Baca juga : Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Beserta Fungsinya

Manfaat Laporan Laba Rugi 

1. Bahan Evaluasi Keuangan Usaha

Ketika bisnis kamu sudah berjalan dalam rentang waktu yang lama maupun sebentar tentu memerlukan yang namanya laporan keuangan laba rugi.

Karena dari situ kamu tahu apakah usaha kamu mengalami kerugian atau keuntungan. Kalau kamu menyusun pencatatannya secara tepat, pasti akan mengetahui asal usul adanya data transaksi tersebut.

2. Mengetahui Perkembangan Bisnis

Fungsi laporan laba rugi berikutnya mengetahui perkembangan usaha. Sebagai seorang pebisnis pasti kamu ingin mengetahui perkembangan dari usaha kamu, kan?

Nah, kamu bisa melihatnya dari kondisi keuangan bisnis. Dari situ kamu bisa melihat apakah lebih besar keuntungan atau malah kerugian.

Kalau kamu mengalami keuntungan tentunya prospek bisnis ke depannya akan semakin meningkat. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui data-data terkait laba rugi usaha.

Baca juga : Jenis Laporan Keuangan Dalam Pengelolaan Bisnis

3. Pengambilan Kebijakan Usaha

Terakhir manfaat laporan laba rugi sebagai pengambilan kebijakan. Biasanya kebijakan yang akan diatur berkaitan dengan pembiayaan.

Karena kamu bisa melihat pengeluaran paling banyak itu berada dimana, misalnya ternyata pengeluaran paling banyak pada alat produksi yang tidak bekerja dan berikutnya kamu bisa menggantinya dengan alat atau aplikasi yang lebih mudah.

Jenis dan Contoh Laporan Laba Rugi Sederhana 

Dalam pembuatan pelaporan laba rugi bisnis ada 2 jenis laporan laba rugi yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, berikut aku berikan penjelasan lengkap beserta contohnya.

1. Laporan Laba Rugi Single Step

Jenis single step ini hanya menunjukkan satu kategori pendapatan dan satu kategori pengeluaran.

Format laporan laba rugi ini kurang cocok untuk penggunaan eksternal karena kamu tidak bisa menghitung antara rasio profitabilitas dan efisensi disebabkan data yang terbatas.

Laporan laba rugi single step merupakan laporan sederhana karena tidak berisi detail mengenai perputaran keuangan pada usaha kamu yang sudah besar.

Tapi bagi kamu yang baru merintis usaha atau UMKM cocok pakai jenis laporan laba rugi ini.

Berikut ini akan aku kasih tau contoh laporan laba rugi single step.

Laporan laba rugi single step

Baca juga : Komponen Harga Pokok Penjualan Dalam Menjalankan Bisnis

2. Laporan Laba Rugi Multiple Step

Ada jenis laporan laba rugi multiple step dimana seorang akuntan akan memisahkan akun biaya ke dalam akun lainnya yang lebih mendetail, relevan dan akan digunakan berdasarkan fungsinya.

Akun yang masuk ke jenis ini adalah beban pokok penjualan, biaya operasi dan non operasional yang akan dipisahkan dan digunakan untuk menghitung laba kotor, laba bersih, dan laba operasional.

Jenis laporan keuangan ini sudah berdasarkan standar yang digunakan pada laporan laba rugi perusahaan dagang. Nah, berikut ini contoh laporan multiple step.

contoh laporan laba rugi multiple step

Dari penjelasan diatas kamu jadi tahu kalau laporan laba rugi penting bagi bisnis, karena salah satu tolak ukur apakah usaha tersebut berkembang atau tidak.

Tapi kamu enggak perlu khawatir, seiring berkembangnya teknologi memudahkan kamu  menyusun laporan keuangan.

Kamu bisa coba menggunakan platform Jubelio Akunting untuk membantu kamu menyusun laporan keuangan usaha nih.

Kenapa harus pake Jubelio Akunting? Harus dong, karena fitur Jubelio akunting termasuk ke dalam Jubelio Omnichannel dimana semua channel penjualan kamu sudah terintegrasi secara otomatis dan kamu bisa dapetin laporan keuangan secara langsung karena kamu cukup kelola bisnis dalam satu sistem dashboard aja.

Apalagi Jubelio omnichannel, kamu udah bisa urus persediaan stok barang sampai sistem manajemen gudang (WMS) loh. Penasaran ? Kamu bisa langsung nih tanya-tanya dengan klik tombol dibawah ini.

Kamu juga bisa langsung daftar secara GRATIS caranya tinggal klik Daftar Jubelio dibawah sini ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×