fbpx
Cara mengelola usaha dagang kecil

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Dagang Usaha Kecil ?

Saat ini, banyak orang yang memulai usaha kecil  kurang  mengetahui bahwa penting untuk mengatur keuangan dalam berbisnis. Misalnya cara mengelola usaha dagang kecil seperti pemasukan keuangan dan pengeluaran dari usaha.

Bahkan masih ada pula yang mencampur keuangan usaha dengan pribadi yang kedepannya dapat berakibat keuangan usaha susah untuk dikembangkan.

Sebelum itu, kamu harus tahu bagaimana strategi dalam mengatur keuangan usaha agar bisnis kamu bisa terjaga dengan baik dan dapat berkembang lebih baik.

Maka dari itu, kamu dapat mengikuti langkah cara mengatur keuangan untuk bisnis kecil kamu, sebagai berikut.

1.  Membuat Perencanaan

Langkah pertama yang kamu lakukan adalah membuat perencanaan secara general. Disitu kamu dapat merencanakan ­program jangka panjang yang akan dijalankan usaha kamu selama satu periode panjang.

Dalam satu periode tersebut kamu bisa membaginya lagi kedalam periode pendek seperti minggu atau bulan.

Dari sana kamu dapat melakukan perhitungan biaya yang akan dikeluarkan kamu.

Tidak hanya rencana general, kamu juga harus membuat perencanaan pendapatan. Dari perencanaan pendapatan kamu dapat memperkirakan besaran biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan yang sebelumnya sudah direncanakan.

Misalnya, biaya modaluntuk pengembangan usaha, produk yang dijual, target penjualan produk, strategi pemasaran, keuangan untuk cadangan kas, sampai menghitung apakah setiap penjualan menghasilkan keuntungan.

Dan biasanya persentase masing-masing pengusaha itu berbeda, yang pasti dengan perencanaan tersebut membantu kamu mengelola keuangan sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan sebelum memulai usaha.

2.  Membuat Budget secara Rutin

Setelah melakukan perencanaan general dan pendapatan, berikutnya kamu membuat budget karena dengan adanya budgeting bisa membantu kamu membatasi pengeluaran yang telah dikeluarkan dengan estimasi sebelumnya.

Tips cara mengelola usaha dagang kecil dalam menyusun budget, harus kamu lakukan secara rutin dengan mengkondisikan dari periode sebelumnya dan kamu dapat menyusun strategi budgeting periode selanjutnya dari acuan atau review sebelumnya.

Hindari penggunaan budget untuk hal yang tidak terlalu penting dan tidak sesuai dengan perencanaan sebelumnya.

3, Buat Pembukuan Keuangan

Dengan melakukan pembukuan keuangan kamu jadi tahu mengenai transaksi apa saja yang dilakukan oleh bisnis kamu. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat pembukuan keuangan bisa dengan cara manual atau menggunakan bantuan software akuntansi karena lebih memudahkan kamu pastinya.

Tujuan adanya pembukuan keuangan untuk memudahkan kamu dalam menganalisa laba rugi usaha, dapat menjadi acuan untuk menyusun strategi bisnis selanjurnya, dan masih banyak lagi.

Dari catatan keuangan tersebut kamu dapat melihat serta memahami performa dari bisnis kamu. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Jubelio dengan  software tersebut secara otomatis langsung mencatat transaksi pemasukan, penjualan, bahkan retur barang pun juga tercatat dan terintegrasi pula dengan marketplace. Jadi, kamu tidak perlu melakukan pencatatan secara manual.

Sebagai pengusaha memang sebaiknya kamu mulai belajar untuk membuat pembukuan keuangan dengan baik dan benar karena bila usaha kamu semakin berkembang semakin besar dapat bermanfaat pula cara membuat pembukuan keuangan tersebut.

Baca juga : 7 Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Usaha Kamu

4. Kontrol Arus Kas

Seperti yang diketahui bahwa Arus kas mempunyai pengaruh yang penting untuk usaha karena dengan adanya laporan arus kas kamu bisa mengetahui kondisi keuangan dari usaha kamu apakah mengalami keuntungan atau malah rugi.

Maka dari itu, kita harus mengecek arus kas secara berkala dengan ketelitian yang tinggi. Apabila kamu mengalami kesulitan untuk mengawasi arus kas, kamu bisa menggunakan administrator untuk mengontrolnya dengan prosedur keuangan yang baik.

Karena jika arus kas kamu lancer menandakan segala kewajiban yang harus kamu bayarkan terpenuhi dengan baik maka dengan begitu aktivitas usaha kamu dapat berjalan lancar dan usaha kamu terus berkembang.

Baca juga : Bagaimana Cara Membuat Pembukuan Sederhana Untuk Usaha Kecil ?

5. Lakukan Pengawasan 

Setelah melakukan perencanaan budgeting sampai mengontrol arus kas bisnis, langkah terakhir kamu harus melakukan pengawasan terhadap keuangan bisnis. Kamu dapat menggunakan uang dari keuntungan usaha kamu untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar.  Misalnya dengan menginvestasikan ke produk dagangan yang akan dijual sehingga dapat menghasilkan keuntungan.

Selain itu, kamu harus melakukan pengawasan secara teratur. Karena dengan melakukan pengawasan kamu bisa lebih cepat tanggap bila ada permasalahan terkait keuangan bisnismu dan langsung dapat diperbaiki sehingga tidak mengganggu aktivitas operasional perusahaan.

Dan untuk memudahkan usaha kamu yang semakin besar kamu bisa menggunakan platform Jubelio, ikuti langkah aku untuk menggunakan platform Jubelio omnichannel. Dengan Jubelio, kamu enggak perlu ribet untuk mengurus jualan kamu sendiri.

Bersama Jubelio, kamu bisa kelola semuanya mulai dari jualan online, offline, sampai gudang dalam satu sistem.

Jadi, kamu bisa santai aja karena enggak perlu buat upload foto produk satu-satu di masing-masing marketplace dan memproses pesanan juga.

Mau tau lebih lanjut ? klik tombol tanya Jubelio dibawah ini:

Mau cari tahu sendiri tentang Jubelio dan bagaimana cara penggunaannya ? Klik link dibawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

×