fbpx
interpersonal skills wirausahawan

Kenali 5 Interpersonal Skills yang Bisa Memajukan Usahamu

Menjalankan sebuah bisnis tentu yang dibutuhkan tidak hanya kemampuan kamu dalam mengelola keuangan tetapi kamu membutuhkan interpersonal skills.

Mungkin ada yang belum tahu apa itu interpersonal skills, kali ini aku akan membahas mengenai contoh interpersonal skills yang mesti dimiliki seorang wirausaha dalam memajukan bisnisnya.

Tapi sebelumnya aku akan menjelaskan pengertian interpersonal skills dan ada yang belum tahu bedanya interpersonal dan intrapersonal skills.

Interpersonal skills adalah  kemampuan dasar yang dipunyai seseorang dalam berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Sedangkan intrapersonal skills adalah  kemampuan yang ada pada diri seseorang dengan memahami diri sendiri seperti mengenali kelebihan dan kekurangan, memotivasi diri sendiri, dan lainnya.

Contoh Interpersonal Skills Wirausahawan

Setelah memahami interpersonal skills serta perbedaannya dengan intrapersonal skills. Kita akan membahas interpersonal skill dan contohnya.

1. Dapat memelihara hubungan dengan orang lain

Pertama, kamu harus bisa menjaga hubungan dengan orang lain. Karena kemampuan ini adalah penting dalam berbisnis dan salah satu manfaatnya dapat mempunyai jaringan yang luas.

Dengan menjalin hubungan maka akan mudah untuk kamu dalam memasarkan produk yang kamu jual.

Cara yang bisa kamu lakukan salah satunya dengan mendengarkan dan memahami pesan yang disampaikan karena cara tersebut cukup efektif untuk membangun ikatan dengan yang lain.

2. Kemampuan dalam membujuk

Dengan komunikasi persuasif mempunyai tujuan yaitu agar pihak lain mau mengikuti secara sukarela. Sebagai pemimpin yang baik tentu kamu bisa memperhatikan kebutuhan serta emosi seseorang dengan cara mendengarkan orang lain.

Karena dengan begitu seseorang merasa dihargai. Dalam berkomunikasi bisa menjadi persuasif asalkan dengan cara yang baik dan benar.

Baca juga : Pengertian dan 6 Karakteristik Wirausaha Untuk Menuju Sukses

3. Mampu memahami informasi 

Kemampuan dalam memahami penyampaian pesan sebagai bekal kita untuk melakukan komunikasi. Dengan begitu kamu tertarik untuk mengeksplorasi informasi-informasi.

Mendengarkan serta memahami sebuah pesan dapat meningkatkan kualitas pesan yang diterima.

Dengan interpersonal skill ini mempunyai pengaruh untuk bisnis kamu yaitu kamu jadi lebih memahami apa yang dibutuhkan pasar dan cara memenuhi kebutuhan orang lain.

4. Dapat mendengarkan pendapat orang lain

Seperti yang kita tahu mendengarkan merupakan salah satu proses komunikasi dan tidak hanya sekedar melalui telinga.

Mendengarkan orang lain juga kemampuan yang penting karena bila kita tidak memiliki kemampuan tersebut maka sulit memahami informasi yang disampaikan.

5. Bisa menjadi problem solver

Kemampuan yang harus dimiliki wirausahawan selanjutnya dia bisa menjadi seorang problem solver apabila ada masalah dalam bisnis. Untuk menjadi problem solver yang hebat memang membutuhkan waktu.

Kenapa kemampuan ini penting ? Karena kita sebagai wirausaha dapat berpikir kritis dan secara sistematis secara logis dalam mencari solusi untuk masalah dari berbagai aspek.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan problem solving, seperti mengidentifikasi masalah terlebih dahulu, mengevaluasi ide, dan jangan lupa melakukan crosscheck.

Apakah semua interpersonal skills sudah kamu lakukan ? kalau belum, kamu dapat mencoba untuk melatih terus interpersonal skill kamu untuk kedepannya. Untuk mengembangkan usaha harus dibantu pula dengan teknologi

Karena dalam menjalankan usaha yang dibutuhkan tidak hanya hard skill melainkan soft skill juga diperlukan. Jika usaha yang sudah kamu jalankan semakin besar dan produk yang kamu pasarkan juga terus meningkat kamu dapat menggunakan platform Jubelio untuk memudahkan bisnis kamu.

Mulai dari mengatur pembukuan laporan keuangan, catatan penjualan produk, bahkan sampai pencatatan persediaan barang juga, karena semuanya sudah terintegrasi dengan marketplace pula.

Karena bersama Jubelio, kamu enggak perlu ribet untuk mengurus jualan kamu sendir semua bisa dikelola dari jualan offline, online, sampai gudang hanya dalam satu sistem aja.

Mau tau lebih lanjut mengenai Jubelio ? klik tombol tanya Jubelio dibawah ini:

Atau mau cari tahu sendiri apa itu Jubelio dan cara penggunaannya ? Klik link dibawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×