fbpx
karakteristik wirausaha menuju sukses

Pengertian dan 11 Karakteristik Wirausaha Untuk Menuju Sukses

Karakteristik wirausaha untuk menuju sukses menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh seorang wirausahawan.

Dalam berbisnis faktor keberhasilannya tidak hanya sekedar dari modal usaha yang sudah dikeluarkan tapi cara kepemimpinan seorang wirausaha untuk menjalankan sebuah bisnis.

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak orang yang memulai sebuah usaha, ada yang sukses ada pula yang mengalami sebuah kegagalan.

Ternyata ada faktor jika sebuah usaha ingin berkembang tidak hanya sebatas modal yang utama tetapi karakteristik wirausahawan dalam memimpin sebuah bisnis juga menjadi faktor utamanya.

Karena tidak semua karakter ataupun sikap seorang wirausaha itu sama terlebih dalam menghadapi permasalahan dari internal maupun eksternal usaha.

Pengertian Karakteristik Wirausaha

Sebelum mengetahui tentang karakteristik wirausaha, kamu harus tahu tentang wirausaha terlebih dahulu.

Wirausaha adalah kegiatan usaha yang semua kegiatannya dibebankan oleh pelaku usaha.

Mulai dari membuat sebuah produk, menentukan cara produksi menyusun rencana untuk mengadakan produk baru serta mengatur perputaran modal dalam bisnis sampai cara pemasarannya.

Ada pula pengertian wirausaha menurut para ahli yaitu menurut J.B Say (1803) wirausaha merupakan pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Sedangkan menurut Dan Stein dan John F. (1993) wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, serta mampu menanggung resiko untuk menciptakan peluang usaha baru.

Karakteristik Wirausaha

Selain pengertian wirausaha ternyata ada 6 karakteristik wirausaha untuk menuju sukses dalam menjalankan bisnis yang harus kamu tahu.

Sebelumnya, kamu wajib tahu dulu nih apa itu karakteristik wirausaha. Jadi, karakteristik wirausaha adalah perilaku, sikap, ciri khas, dan tindakan dari seseorang untuk membuat dan mewujudkan usaha dengan inovatif.

Karakteristik wirausaha yang sukses diantaranya.

Memiliki Komitmen yang Tinggi

Karakteristik seorang wirausaha untuk sukses yang pertama adalah dia harus mempunyai komitmen yang tinggi.

Karena komitmen berkaitan dengan setiap perkataan maupun tindakan yang akan kamu pertanggung jawabkan.

Dengan komitmen yang tinggi dalam membangun usaha membuat sebuah kepercayaan terhadap diri kamu ataupun perusahaan.

Maka dari itu, bisa membuat langkah kamu dalam berbisnis juga lebih mudah.

Baca Juga: Cerita Pebisnis #4 – Transformasi Jualan Offline ke Online Ala IND Onderdil

Disiplin

Sebagai seorang wirausahawan kamu haru mempunya karakter disipilin dengan begitu memperlihatkan bahwa kamu berusaha keras untuk melakukan apapun dalam urusan bisnis.

Disiplin disini maksudnya adalah keteraturan kamu dalam menjalankan usaha.

Jika disiplin kamu dapat memotivasi dan membangkitkan semangat diri untuk mencapai sebuah tujuan.

Percaya Diri

Percaya diri sebagai langkan awal kamu untuk bisa memulai usaha, karena kamu percaya terhadap kemampuan dirimu bahwa dapat membangun dan menjalankan bisnis.

Kepercayaan diri menandakan kalau kamu siap menghadapi segala rintangan kedepannya tapi jangan terlalu berlebihan, kamu harus mengimbanginya juga dengan pengendalian diri agar kesannya tidak sombong.

Pantang Menyerah

Membangun dan mengembangkan sebuah usaha tentu tidak mudah, makanya dibutuhkan sifat pantang menyerah bagi seorang wirausaha dalam membuat bisnis.

Tentu saja, membuat usaha dari awal itu pasti ada tantangannya atau kegagalan selama berjalannya usaha. Sifat pantang menyerah wajib dimiliki oleh wirausahawan agar kita tidak mudah menyerah jika mengalami suatu kegagalan.

Dan dari kegagalan tersebut dapat dijadikan motivasi untuk kamu kedepannya agar meminimalisir gagal dalam berwirausaha.

Memiliki Kreativitas Tanpa Batas

Kreativitas salah satu karakteristik yang penting juga untuk dimiliki oleh wirausaha.

Dengan kreativitas yang dimiliki seorang wirausaha dapat menciptakan ide usaha maupun produk yang tidak terbatas dengan produk atau usaha serupa.

Maka dari itu,  suatu kreativitas harus dibarengi dengan adanya inovasi tujuannya adalah agar menarik minat para pelanggan terhadap usaha kamu.

Caranya kamu bisa mengadakan riset kepada orang-orang mengenai tren yang sedang berkembang saat itu.

Berani Mengambil Resiko

Karakteristik lainnya seorang wirausaha berani bertanggung jawab atas semua keputusannya dan mengambil resiko terberat sekalipun.

Berani mengambil resiko jika bisnisnya nanti akan mengalami kerugian bahkan produk yang dia jual tidak laku.

Dengan adanya permasalahan tersebut, biasanya wirausahawan dapat mengatasinya dengan baik dan sudah memiliki solusi supaya kejadian yang terjadi tidak dapat terulang kembali.

Baca Juga: 5 Contoh Usaha Kecil Menengah Paling Banyak Dicoba Pemula

Bersikap Jujur

Di semua aspek kehidupan, sikap jujur wajib dimiliki oleh banyak orang termasuk saat kamu menjalankan sebuah bisnis.

Hal terpenting yang meski dimiliki oleh seorang pebisnis adalah selalu bersikap jujur, sebab kejujuran akan memberikan rasa percaya.

Sehingga ketika kamu menjalankan sebuah bisnis dapat dilakukan dengan mudah.

Mau Bekerja Keras

Selain memiliki kecerdasan, nyatanya sebagai pebisnis hal tersebut harus diiringi oleh kemauan bekerja keras juga loh.

Coba aja bayangin nih, misalnya kamu ingin mendapatkan air bersih kalau kamu hanya mengandalkan kerja keras, kamu pasti akan mengangkut air tersebut ke rumah.

Sedangkan jika seandainya kamu menggunakan kombinasi antara kerja keras dan kecerdasan tentunya kamu akan membuat aliran air menggunakan pipa.

Dapat Bekerjasama Dengan Orang lain

Sebagai seorang pebisnis, tentunya kamu tidak terlepas dengan orang lain, dimana kamu mesti bekerjasama dengan mereka.

Maka dari itu, kamu mesti bisa membangun hubungan yang baik dengan sesama manusia. Seperti hakikatnya, manusia nggak bisa hidup sendiri

Yang dimaksud dengan bekerjasama sebagai pebisnis, salah satunya adalah bangun kerja sama karyawan, partner kerja, dan kolega bisnis.

Mandiri dan Realistis

Seorang pebisnis pastinya pengen dong usahanya berkembang dengan pesat?

Nah, maka dari itu kamu mesti memiliki karakter wirausahawan yang mandiri dan realistis.

Apalagi kamu diharuskan mengambil keputusan yang cepat tanpa intervensi dari orang lain, sehingga diperlukan sifat kewirausahaan yang mandiri serta realistis.

Berorientasi Pada Masa Depan

Karakteristik wirausahawan terakhir yaitu berpikiran ke depan. Dimana kamu harus bisa memikirkan segala kemungkinan yang terjadi di masa depan.

Contohnya membuat peluang bisnis baru dengan menciptakan produk baru berdasarkan situasi yang akan terjadi.

Sebagai seorang visioner atau berpikiran ke depan tentunya akan menjadikan setiap kekurangan yang terjadi di masa sekarang sebagai pembelajaran.

Sehingga ke depannya meminimalisir terjadinya masalah tersebut.

Manfaat Karakteristik Wirausaha

Beberapa manfaat  yang dapat kamu rasakan jika memiliki karakteristik wirausaha untuk menuju sukses selama berbisnis, sebagai berikut :

  • Memiliki keterampilan untuk membuat keputusan dengan melakukan analisis disetiap pilihan, menimbangnya, dan menentukan alternatif solusi jika ada masalah dikemudian hari.
  • Menumbuhkan keahlian untuk memimpin bisnis dengan menentukan serta berkembangnya keterampilan dibidang kepemimpinan
  • Mampu membuat sebuah inovasi produk maupun pelayanan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan bisa membantu kegiatan lainnya seiring dengan berkembangnya teknologi.

Perbedaan Wirausahawan dan Pebisnis

Mungkin masih ada yang menganggap bahwa seorang wirausaha dengan pebisnis itu sama karakteristiknya padahal keduanya memiliki perbedaan.

Ada 5 perbedaan dari keduanya, diantaranya:

Berdasarkan Tujuan

Seorang pebisnis lebih peduli terhadap sekitarnya dan mengejar passion nya sampai tujuan yang ingin dia capai terwujud sedangkan wirausahawan lebih mengutamakan keuntungan yang didapat dan keuangan yang stabil.

Resiko Usaha

Perbedaan dari segi resiko usaha, kalau dari sisi pebisnis mereka akan mengambil resiko apapun walaupun ada kemungkinan adanya kebangkrutan dari bisnis yang dia jalani karena yang mereka kejar adalah passion jadi tidak peduli dengan uang maupun waktu yang dikeluarkan.

Sedangkan wirausahawan melakukan perhitungan resiko yang akan terjadi terhadap bisnisnya.

Ide Bisnis

Pebisnis lebih kepada menciptakan sebuah produk baru dan mereka rela untuk menghabiskan waktu, energi bahkan uang membuat sebuah bisnis baru.

Kalau dari sisi wirausahawan dia berpikir untuk membuat bisnis yang sedang tren saat ini dan terlihat mempunyai keuntungan yang besar.

Sikap

Perbedaan lainnya dari sikap dalam menjalankan bisnis, kalau wirausahawan akan melakukan perubahan dan mengikuti perkembangan zaman serta selalu berinvoasi untuk membuat usaha sedangkan wirausahawan biasanya dia melakukan pekerjaan secara rutin dan tidak melakukan sebuah inovasi.

Hasil yang Dicapai

Wirausahawan umumnya berorientasi terhadap hasil yang besar dan pasti ingin supaya usaha yang dijalaninya tetap stabil.

Bagi seorang pebisnis hasil yang ingin dia capai sudah melalui perhitungan sehingga membutuhkan waktu yang lama bila dia ingin menginginkan hasil yang besar.

Dan untuk memudahkan usaha kamu yang semakin besar kamu bisa menggunakan platform Jubelio, ikuti langkah aku untuk menggunakan platform Jubelio omnichannel. Dengan Jubelio, kamu enggak perlu ribet untuk mengurus jualan kamu sendiri.

Bersama Jubelio, kamu bisa kelola semuanya mulai dari jualan online, offline, sampai gudang dalam satu sistem.

Jadi, kamu bisa santai aja karena enggak perlu buat upload foto produk satu-satu di masing-masing marketplace dan memproses pesanan juga.

Coba Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.1 / 5. Vote count: 35

No votes so far! Be the first to rate this post.