fbpx
Konten Instagram untuk meningkatkan engagement rate

5 Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

Salah satu kunci kesuksesan konten bisa diterima oleh audiens di instagram adalah tingginya engagement instagram.

Apa itu Engagement Rate? Engagement rate adalah metriks dasar yang digunakan dalam pemasaran media sosial untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial.

Sedangkan engagement Instagram bisa dilihat dan diukur dari interaksi di akun Instagram berupa likes, comment, share, views, dan repost. 

Ada banyak cara untuk meningkatkannya yaitu dengan membuat konten yang sesuai dengan brand dari usaha kamu dan harapannya bisa lebih banyak orang yang melihat konten tersebut.

Tidak hanya followers yang dimiliki tetapi pengguna lainnya bisa dapat menemukan konten tersebut melalui fitur explore.

Baca juga : Bangun Kepercayaan Konsumen di Bisnis Anda dengan 5 Cara Mudah Ini

Ada beberapa cara mudah untuk meningkatkan engagement akun usaha kamu secara organik sesuai dengan algoritma instagram. Berikut 5 cara agar menumbuhkan engagement audiens.

Membuat konten yang original dan menarik audiens

Konten instagram yang original dan menarik

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, salah satu yang diperhatikan adalah konten yang akan disampaikan.

Konten harus  dapat menarik perhatian audiens, karena kita diberikan waktu beberapa detik saja membuat audiens berhenti sejenak untuk scroll melihat konten yang kita buat.

Tidak hanya menarik perhatian audiens tetapi konten harus bersifat original. Semakin konten yang dibuat unik maka semakin banyak audiens yang memberikan likes, comment, dan share. 

Manfaatkan Fitur yang tersedia

Fitur story instagram

Instagram memberikan kemudahan bagi penggunanya melalui fiturnya, untuk mengunggah konten tidak cuma di feed, bisa juga pada story.

Dengan fitur story memberikan kemudahan buat meng-engage followers walaupun konten yang diunggah melalui story akan hilang setelah 24 jam.

Tetapi fitur ini cukup efektif untuk meng-engange followers dengan menggunakan Q&A, vote, dan bisa memberikan isyarat kalau ada postingan baru yang diunggah. 

Buat caption yang menarik

Membuat caption yang menarik

Tidak hanya berpacu dengan isi konten yang dibuat, tetapi kamu harus membuat caption yang dapat menarik audiens, karena dengan caption tersebut kamu bisa menggiring dan mengajak followers untuk berinteraksi satu sama lain.

Tips membuat caption yang menarik tidak perlu panjang, dapat disesuaikan dengan audience, dan pada kalimat pertama bisa menggunakan kata-kata yang mencuri perhatian dari audience.

Gunakan hashtag yang relevan

Meningkatkan likes, comment, dan share di Instagram

Setelah menentukan caption yang akan dipakai, kamu bisa memanfaatkan fitur hashtag untuk menjangkau pengguna lain.

Hashtag digunakan agar mereka bisa menemukan konten yang dibuat dan mengunjungi akun instagram.

Kamu bisa memakai hashtag yang populer tetapi ada kemungkinan postingan kamu juga bisa tenggelam karena sudah pasti banyak yang menggunakannya.

Tips lainnya jangan menggunakan terlalu banyak hashtag dalam satu postingan maksimal 5 sampai 10 saja.

Posting di waktu yang tepat

Waktu mengunggah konten yang tepat

Bagaimana cara menentukan waktu yang tepat untuk mengunggah postingan ? Ada cara untuk melihat kapan followers aktif menggunakan instagram.

Caranya, bisa dilihat dari insight yang ada pada akun instagram bagi yang sudah menjadi instagram bisnis.

Dari insight tersebut, kamu bisa mempelajari followers mulai dari jam berapa mereka aktif melihat feed dan story instagram kamu.

Berdasarkan data tersebut kamu dapat memposting konten tersebut. Lebih baik lagi, memberikan jadwal untuk mengunggah postingan seperti pagi, siang, dan malam.

Nah, itu dia caranya untuk meningkatkan engagement rate instagram kamu.

Jadi, setelah mengikuti cara itu pasti kalian pengen tahu dong kira-kira engagement instagram naik atau enggak kalian bisa coba menghitung sendiri pakai perhitungan ini.

Mau jadi pebisnis yang handal?  ikutin langkah aku untuk menggunakan platform Jubelio omni-channel karena dengan Jubelio kamu enggak perlu ribet untuk mengurus jualan kamu sendiri.

Bersama jubelio kamu bisa kelola semuanya mulai dari jualan online, offline, sampai gudang dalam satu sistem.

Jadi, kamu bisa santai aja karena enggak perlu buat upload foto produk satu-satu di masing-masing marketplace dan memproses pesanan juga.

Mau tau lebih lanjut ? klik tombol tanya Jubelio dibawah ini

Mau cari tahu sendiri tentang Jubelio dan bagaimana cara penggunaannya ? Klik link dibawah ini

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×