fbpx
apa itu retur

Apa Itu Retur Penjualan dan Pembelian dalam Transaksi Bisnis?

Apa Itu Retur – Dalam setiap kegiatan transaksi jual beli, tidak semuanya berlangsung mulus. Kemungkinan terjadinya kegagalan dalam sebuah transaksi itu tergantung dengan barang yang dijual.

Sebagai contoh, barang-barang yang rentan pecah seperti elektronik dan perabotan alat rumah tangga menjadi salah satunya. Jika tidak diperhatikan dengan baik, seperti menggunakan buble wrap atau packing kayu pada saat pengiriman, maka kegagalan transaksi amat mungkin terjadi.

Apabila pelanggan tidak menerima barang dengan kondisi sempurna, maka mereka akan meminta uang kembali. Hal itulah yang disebut sebagai sebuah pengembalian.

Jadi, apa itu retur? Pembahasan lengkapnya akan ada di bawah ini.

Apa Itu Retur

Ini adalah kegiatan pengembalian barang yang dilakukan oleh pelanggan lantaran barang yang mereka terima tidak sesuai dengan ekspektasi.

Dengan kata lain, barang tersebut beda dari apa yang dilihat ataupun rusak pada saat pengiriman sehingga mereka meminta pengembalian uang.

Hal ini tentunya merugikan bagi pihak penjual karena mereka bakal merugi lantaran barang tersebut kembali ke gudang dalam keadaan yang tidak baik.

Namun, ini juga menjadi pembelajaran bagi mereka agar melakukan pengiriman yang benar sehingga kejadian yang sama tidak terulang lagi?

Beda Retur Pembelian dan Retur Penjualan

Terdapat dua jenis yakni pembelian dan penjualan.

Retur pembelian adalah kondisi dimana penjual mengembalikan barang kepada pihak supplier lantaran tidak sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Biasanya, retur pembelian ini melibatkan jumlah barang yang banyak sebab pembelian yang dilakukan untuk bahan produksi penjualan produk.

Retur penjualan adalah kondisi dimana pembeli ingin mengembalikan barang kepada pihak penjual.

Singkatnya, retur itu terjadi antara pihak supplier dengan penjual atau penjual dan pembeli.

Cara Mengelola Retur yang Benar

Jika kamu ingin mengelola retur secara otomatis, maka kamu bisa menggunakan Jubelio.

Sebagai platform omnichannel #1 di Indonesia, retur di Jubelio mengkoneksikan stok di gudang virtual dengan marketplace tertentu.

Dengan kata lain, ketika ada barang yang diretur, maka stok di marketplace akan otomatis kembali sehingga jumlah stok akan secara otomatis sesuai dengan yang ada di gudang kamu.

Selain berfungsi sebagai penyeimbang stok di marketplace dan gudang sebenarnya, proses retur di Jubelio juga dilakukan dengan dua cara yaitu  pengembalian faktur dan pengembalian uang.

Pengembalian Faktur: Ini adalah proses dimana retur barang tidak kembali menjadi uang melainkan dengan barang baru sesuai keinginan pihak pembeli.

Pengembalian Uang: Ini adalah proses dimana retur barang yang terjadi dikembalikan menjadi uang.

Baca Juga: Omnichannel Adalah Teknologi yang Paling Dibutuhkan Pengusaha?

Retur hanyalah satu dari banyak fitur yang bisa diberikan oleh Jubelio. Sebab, Jubelio merupakan platform omnichannel yang mengintegrasikan semua channel penjualan ke dalam satu akun.

Dengan begitu, kamu bisa mengurus semua pesanan dari berbagai marketplace, webstore hingga POS ke dalam satu akun saja. Hemat waktu dan tenaga buat kamu yang ingin urus bisnis secara cepat.

Mau tau lebih lanjut mengenai Jubelio? Klik tombol di bawah ini.

Daftar Jubelio Gratis!

 

 

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×