fbpx
solusi mengatasi selisih stock opname barang gudang

Simak 4 Cara Mengatasi Selisih Stock Opname Beserta Penyebabnya

Cara Mudah Mengatasi Selisih Stock Opname – Supaya operasional usaha berjalan dengan lancar, maka kamu membutuhkan manajemen persediaan yang baik.

Umumnya ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh pebisnis dan salah satunya adalah terjadinya perbedaan persediaan barang di channel penjualan dengan barang fisik.

Biasanya hal tersebut bisa diketahui ketika kamu melakukan stock opname gudang.

Eittss.. sebelum itu kamu tahu nggak sih apa itu stock opname?

Jadi, stock opname adalah kegiatan perhitungan stok fisik yang ada di gudang untuk pengendalian barang yang bertujuan meminimalisir selisih stok fisik dengan pencatatan.

“Terus gimana dong kalau terjadi selisih stok barang di bisnis aku ?”

Tenang, aku bakalan kasih informasi lengkap ke kamu mulai dari penyebab sampai cara mengatasi selisih stok barang tersebut.

Penjelasan lengkapnya kamu bisa simak di artikel ini ya.

Penyebab Terjadinya Selisih Stok Barang Gudang

penyebab terjadi selisih stok

Sebelum kita membahas tentang bagaimana tips mengatasi selisih persediaan barang gudang dengan jumlah stok barang di channel penjualan.

Kamu harus tahu dulu nih apa aja sih penyebab terjadinya perbedaan stok barang.

Tanpa kamu mengetahui penyebab, maka kamu nggak bisa menentukan cara antisipasi kejadian tersebut.

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya selisih stok barang di gudang.

Tapi kita akan membahas secara lengkap 3 alasan kenapa bisa terjadi selisih stok barang, diantaranya :

Tidak Melakukan Penyesuaian dan Pengecekan Fisik

Sering kali pebisnis jarang untuk melakukan penyesuaian persediaan barang yang ada di marketplace atau channel penjualan lainnya dengan stok fisik yang ada di gudang.

Nah, karena ketidaktelitian tersebut dapat mengakibatkan selisih stok barang pada usaha kamu.

Misalnya aja nih, di marketplace A kamu jual produk B dengan total stok produknya 5 sedangkan ternyata di gudang sisa stok fisiknya cuma 2.

Hal tersebut dapat disebabkan gudang kamu tidak dikelola dan dikontrol dengan baik.

Dari situlah muncul permasalahan yang membuat persediaan produk kamu di marketplace dengan stok barang fisik.

Untuk meminimalisir kejadian itu terulang, umumnya pebisnis akan meminta pihak gudang untuk mencatat ketersediaan barang setiap waktunya.

Pengelolaan Persediaan Barang Masih Dilakukan Manual

Kebanyakan bisnis masih dijalankan secara manual termasuk dalam mengurus serta mengelola setiap persediaan barang mereka.

Padahal dengan mengelola stok barang secara manual tidak efisien dan bisa menyebabkan terjadinya human error. 

Contohnya kesalahan pencatatan data persediaan barang atau perhitungan stok fisik yang tidak sesuai dengan ketersediaan stok di marketplace.

Dimana, hal itu bisa mengakibatkan selisih saat stock opname barang, supaya lebih optimal dalam mengelola persediaan maka kamu dapat lakukan secara digital.

Proses Pengiriman dan Penerimaan Barang

Salah satu faktor penyebab perbedaan jumlah stok barang fisik dengan yang terdapat di e-commerce yaitu ketika terjadi proses pengiriman dan penerimaan barang.

Kenapa proses ini menjadi faktor terjadinya selisih stock opname ?

Karena rata-rata pencatatan barang yang diterima dan keluar tidak sesuai sehingga terjadilah selisih persediaan.

Maka itu, sebagai pebisnis yang handal kamu mesti pastikan semua pencatatan yang berhubungan sama stok barang masuk dan keluar dicatat sebaik mungkin.

Cara Mengatasi Selisih Stock Opname di Gudang

kartu persediaan barang

Langkah berikutnya sesudah kamu memahami faktor penyebab selisih persediaan barang di channel penjualan dengan stok fisik produk.

Inilah saatnya kamu tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut jika terjadi masalah serupa yang menyangkut persediaan barang di gudang.

Penasaran apa aja tips antisipasi selisih persediaan, langsung simak di bawah ini ya.

Lakukan Pemetaan Barang

Tips pertama, lakukanlah pemetaan barang tujuannya supaya kamu bisa dengan mudah melakukan stock opname barang gudang.

Apabila barang sudah ditata dengan baik sesuai klasifikasi barangnya dan letakkan barang di tempat yang mudah dijangkau.

Agar saat proses pemeriksaan barang serta perhitungan data dapat berjalan dengan mudah.

Bukan cuma itu aja, hal itu juga dilakukan sebagai langkah memudahkan kamu untuk melihat kondisi barang, apakah barang tersebut layak dijual atau nggak.

Membuat Kartu Stok Barang

Kamu menjual berbagai macam jenis produk ?

Salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya perbedaan jumlah barang gudang, pebisnis bisa membuat kartu stok barang.

Kamu bisa meminta pihak gudang bikin kartu persediaan untuk setiap barang apabila jumlah barang tersebut mempunyai jumlah yang banyak.

Jangan lupa, berikan kode barang untuk setiap item produk supaya tidak tertukar ya.

Tapi umumnya yang masih menggunakan kartu persediaan barang, bisa terjadi perbedaan stok barang juga apabila tidak teliti.

Melakukan Penyesuaian Stok Barang

Biasanya yang menjadi salah satu kesulitan pebisnis adalah mengontrol persediaan barang antara barang fisik dan jumlah persediaan yang ada di channel penjualan.

Sering kali terjadi, dimana stok barang yang tersedia di marketplace maupun e-commerce itu mengalami selisih dengan stok barang fisik.

Jika kejadian tersebut kamu alami pada bisnis, tenang aja kamu dapat menyesuaikan persediaannya bisa melakukannya secara manual atau memakai sistem.

Dengan menggunakan sistem menjadi cara menyesuaikan perbedaan jumlah stok barang gudang lebih gampang, karena kamu bisa mendapatkan data seluruh stok di berbagai lokasi gudang.

Nah, kalau kamu akhirnya memutuskan untuk menggunakan sistem supaya lebih mudah, pastikan terdapat fitur stock adjusment.

Soalnya fitur ini berguna banget buat para pebisnis yang sering mengalami selisih stok barang fisik di gudang, salah satunya yang aku gunakan yaitu sistem Jubelio.

Ya, sistem ini menyediakan fitur penyesuaian stok sehingga bisa mencegah terjadinya selisih stok barang gudang.

Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal tentukan dulu mana yang dilakukan penyesuaian karena ada dua komponen yaitu menyesuaikan kuantitasnya atau nilainya.

Gimana sih cara kerja penyesuaian stok melalui sistem ?

Misalnya nih kamu jualan di berbagai marketplace dan masing-masing toko menjual produk A.

Anggap produk A memiliki stok 10 tapi ternyata persediaan fisiknya di gudang cuma 6.

Pasti mau nggak mau kamu menyesuaikannya bukan ?

Kalau disesuaikan secara manual pastinya bakalan memakan banyak waktu tapi saat kamu memakai sistem, cukup melakukan penyesuaian di fitur stock adjustment Jubelio.

Setelah itu nanti jumlah persediaan stok barang akan diganti dan disesuaikan datanya dengan yang ada di fitur stock adjustment dan pada sistem akan keluar data seperti ini.

Jadi lebih mudah untuk menyesuaikan stok barang fisik dengan yang ada di marketplace, karena bisa dilaksanakan hanya dari satu sistem aja.

cara menyesuaikan persediaan barang di gudang

Kontrol Setiap Pergerakan Barang di Gudang

Seperti yang sebelumnya udah aku jelasin, kalau pemicu perbedaan jumlah stok barang ialah disebabkan proses pengiriman dan penerimaan barang.

Maka dari itu agar tidak terjadi lagi kejadian serupa, kamu harus mengontrol serta mengawasi setiap pergerakan keluar masuk barang.

Nah, satu lagi yang mungkin dilupakan oleh pebisnis yaitu kontrol stok barang yang laku di channel penjualan.

Kalau melalui sistem Jubelio, tentu kamu akan mendapatkan data yang berhubungan dengan persediaan produk yang mau habis maupun masih banyak stoknya.

Jadi, apabila barang mulai menipis kamu bisa dengan mudah melakukan restock barang.

Kesimpulan

Dalam mengawasi persediaan barang gudang maupun ketersediaan stok di marketplace menjadi hal terpenting ketika kamu menjalankan bisnis.

Sebab, tanpa adanya kontrol yang baik bisa menyebabkan kejadian seperti perbedaan stok antara barang fisik dengan yang terdapat di marketplace.

Ada berbagai faktor yang mengakibatkan selisih persediaan tapi tenang aja sekarang kamu juga tahu tips mengatasi selisih stock opname gudang.

Tapi semoga aja bisnis kamu tidak mengalami hal tersebut ya, karena pasti bakalan ribet banget urusnya.

Supaya nggak susah untuk mengurusnya, ada cara mudahnya yaitu menggunakan sistem Jubelio.

Penasaran gimana mudahnya mengatasi permasalahan penyesuaian barang tersebut dengan Jubelio ? Kamu bisa klik disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.