fbpx
Aplikasi tiktok shop adalah untuk daftar berjualan produk di tiktok

TikTok Shop, Aplikasi Media Sosial yang Bikin Bisnis Makin Cuan

TikTok Shop adalah – Industri e-commerce di Indonesia terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya.

Seperti yang dilansir dari Kementrian Komunikasi dan Informasi bahwa nilai perdagangan elektronik (e-commerce) Indonesia sudah mencapai 78 persen.

Berdasarkan hal tersebut maka tidak dapat dipungkiri kalau minat masyarakat untuk berbelanja online mendorong peluang para pebisnis di Indonesia untuk bisnis online.

Maka dari itu, munculah berbagai macam platform bisnis online yang menghadirkan kemudahan pelaku usaha dalam berbisnis online.

Salah satunya yang terbaru hadir dari aplikasi TikTok, dimana ia menawarkan fitur terbarunya yang sedang ngetren yaitu TikTok Shop.

Sejak kemunculannya, fitur ini sangat menarik perhatian penggunanya dan bisa menjadi peluang bisnis yang besar bagi pelaku usaha.

Selain penggunanya yang cukup banyak, saat program shopping 10.10, TikTok Shop di Indonesia berhasil mencatat peningkatan penjualan hingga 354 persen.

Mau tahu lebih lengkapnya mengenai fitur TikTok Shop dan bagaimana cara daftar TikTok Shop untuk bisnis ?

Simak artikel ini sampai selesai ya.

Apa Itu TikTok Shop ?

Apa itu TikTok Shop adalah media berjualan bisnis selain marketplace

Apakah TikTok bisa untuk berjualan ?

Sebagian dari kamu pasti belum tahu fitur terbaru dari aplikasi TikTok, dimana penggunanya saat ini dapat melakukan pembelian barang hanya melalui satu aplikasi tanpa harus membuka marketplace.

Fitur yang dihadirkan oleh TikTok untuk pelaku usaha yaitu TikTok Shop.

TikTok Shop adalah fitur yang dihadirkan oleh aplikasi TikTok untuk memudhakan pelaku usaha dan penggunanya dalam menjual serta membeli produk.

Sebab, dengan fitur ini pembeli akan sangat mudah melakukan pembelian melalui media sosial tanpa perlu beralih ke aplikasi lainnya untuk berbelanja.

Ditambah penggunanya dapat melakukan pembelian barang secara langsung dan mendapatkan banyak promo dan diskon seperti gratis ongkir.

Baca juga : Terbaru! Jubelio Sudah Terintegrasi ke TikTok Shop

Keunggulan TikTok Shop 

Keunggulan fitur tiktok shop bagi pengusaha dan brand

Adapun salah satu keunggulan dan kelebihan dari TikTok Shop adalah brand atau pelaku usaha bisa dengan mudah untuk memperluas pasarnya.

Dikarenakan pengguna aplikasi TikTok bisa dibilang cukup banyak tapi selain itu masih ada kelebihan lainnya dari fitur TikTok yang satu ini, diantaranya:

Aplikasi Sosial Media Sekaligus Belanja

Sekarang udah nggak butuh lagi marketplace untuk berbelanja, dengan menggunakan aplikasi TikTok sudah memberikan kamu pengalaman gabungan antara marketplace dengan sosial media.

Jadi, kamu cukup menggunakan satu platform untuk bermain media sosial dan berbelanja sehingga lebih praktis dan pastinya sangat menarik.

Baca juga :  Program Loyalitas Adalah Strategi Menambah Keuntungan Bisnis

Mempunyai Banyak Pengguna Aktif

Aplikasi TikTok sendiri memiliki kurang lebih 800 juta pengguna aktif dan rata-rata mereka membuka aplikasi TikTok sebanyak 8 kali dalam sehari.

Dari situ kamu tahukan jika aplikasi ini termasuk aplikasi sosial media yang paling sering dikunjungi oleh penggunanya.

Kamu dapat menggunakan platform TikTok untuk mempromosikan produk, misalnya saja dengan menggunakan hashtag yang sedang tren dan pastinya sesuai dengan brand kamu.

PROMO JUBELIO

Langkah Bisnis untuk Memperluas Pasar

Salah satu langkah sebuah bisnis untuk menjangkau pasar, kamu dapat memakai fitur dari platform TikTok.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa TikTok menjadi platform media sosial yang memiliki pengguna terbanyak dan paling sering dikunjungi.

Maka, kamu mempunyai peluang untuk memperluas jangkauan pasar dan bisa menarik pelanggan sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan kamu deh.

Fitur TikTok Shop ini memang diperuntukkan bagi kamu yang memiliki small business maupun bisnis yang sudah besar agar lebih mudah menjangkau konsumen.

Tapi selain itu, kamu dapat memanfaatkan TikTok ads sebagai langkah untuk memaksimalkan jangkauan konten yang kamu buat.

Sekaligus mempermudah pengguna mengunjungi laman penjualan menggunakan Call To Action (CTA)

Baca juga : 2 Strategi Promosi Tingkatkan Penjualan di Marketplace

Tahap Mudah Memulai Berjualan di TikTok Shop 

Cara mudah mulai berjualan dengan TikTok shop adalah daftar, melihat order, dan cara berjualan di TikTok shop

Ada 3 langkah mudah yang perlu kamu ketahui apabila ingin menambahkan TikTok shop sebagai media penjualan kamu selain marketplace dan informasi lainnya.

Mulai dari bagaimana cara mendaftar TikTok Shop, melihat orderan yang masuk dari TikTok shop, hingga  bagaimana cara berbelanja di TikTok shop untuk pembeli kamu.

1. Cara Daftar TikTok Shop

  • Untuk mendaftarkan bisnis ke TikTok, pertama kamu harus kunjungi website TikTok Shop Seller dan daftarkan akun
  • Lalu, isi beberapa informasi mengenai bisnis dan data diri kamu berikutnya sesudah terdaftar sebagai pengguna, kamu cantumkan informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat, e-mail, dan lainnya.
  • Setelah itu, masukkan informasi terkait bisnis kamu seperti nama bisnis, jenis usaha yang dijalankan, alamat toko, informasi produk, dan sebagainya.
  • Di tahap terakhir, barulah kamu mengisi informasi tentang registrasi bisnis untuk mendapatkan notifikasi verifikasi dari TikTok.
  • Sesudah terkonfirmasi secara resmi, selanjutnya kamu dapat menggunakan fitur TikTok shop ini untuk berjualan.

2. Cara Berbelanja di TikTok Shop

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk berbelanja di aplikasi TikTok shop yaitu melalui unggahan produk dan siaran langsung.

Nah, kamu bisa menggunakan kedua cara tersebut sebagai langkah promosi di toko TikTok.

Bisa dibilang dengan metode unggahan produk sebagai tempat kamu menyimpan katalog produk di profile akun TikTok kamu sehingga pembeli dapat melihatnya dengan membuka akun kamu.

Baca juga : Mau Jualan Laris Manis ? Pakai 5 Aplikasi Jualan Online Terbaik

3. Cara Melihat Orderan dari TikTok Shop

Sebagai pebisnis, setelah konsumen melakukan pembelanjaan pastinya kamu ingin melihat orderan yang telah dipesan oleh pelanggan di marketplace atau e-commerce. 

Sama halnya dengan toko TikTok, lalu bagaimana cara melihat tracking orderan di aplikasi TikTok ?

  • Masuk ke dalam menu “akun saya”
  • Lalu, klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas
  • Berikutnya, kamu klik tulisan “orders” nanti akan muncul pesanan yang sedang dilakukan pembelian
  • Kamu dapat melihat semua pesanan dari aplikasi TikTok melalui menu tersebut.

Kelola Penjualan TikTok Shop secara Otomatis

Urus Jualan di aplikasi TikTok otomatis

Daripada susah-susah melihat pesanan orderan melalui aplikasi TikTok, kamu dapat dengan mudah mengetahui semua orderan sekaligus memproses pesanan tersebut dari satu sistem aja.

Dengan menggunakan platform Jubelio, kamu udah bisa mengurus orderan hingga proses pesanan di TikTok Shop dan bukan cuma itu aja, kamu dapat menyusun laporan penjualan secara otomatis.

Semua yang dilakukan melalui Jubelio, mulai dari pembukuan keuangan, sistem POS, dan sinkronisasi stok barang bisa kamu kelola hanya dari satu sistem dan dilakukan otomatis.

Seperti yang kamu ketahui bahwa TikTok Shop ini masuk ke dalam social commerce yang udah bisa kamu gunakan di Jubelio bersamaan dengan Instagram Shopping dan Facebook Shop.

Apalagi kalau kamu punya banyak channel penjualan seperti toko offline maupun online (marketplace, social commerce, dan webstore) secara bersamaan dalam satu dashboard.

Mau tahu lebih lengkapnya sistem Jubelio ? Kamu bisa langsung ikutan Jubelio Demo dan dapatkan penawaran DISKON KHUSUS 20%, caranya klik tombol di bawah ini.

Ikut Jubelio Demo

Kamu juga bisa coba Jubelio sekarang, GRATIS!

Coba Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×