fbpx
brand awareness artinya bagi bisnis

Brand Awareness Artinya dan Fungsi Bagi Toko Online Kamu

Kata siapa sebuah bisnis hanya membutuhkan modal? Padahal sebagai seorang pebisnis kamu harus membuat rencana jangka panjang bagi bisnis kamu.

Kamu bisa menyusun rencana agar brand kamu dapat dikenal oleh banyak orang, karena tanpa kamu sadari membangun brand awareness artinya kamu menciptakan kesadaran mengenai bisnis kamu.

Tanpa kesadaran merek, calon konsumen kamu tidak akan tau produk yang kamu jual. Maka dari itu kesadaran suatu merek sangat penting bagi suatu bisnis

Pengertian Brand Awareness 

Brand awareness adalah sejauh mana konsumen kamu langsung dapat mengenali dan mengingat brand kamu hanya dengan melihat logo, warna, dan lainnya sebagai identitas bisnis kamu.

Maka dari itu, brand awareness artinya sangat penting bagi usaha offline maupun online.

Karena kesadaran merek memiliki manfaat seperti menciptakan loyalitas konsumen, kamu juga bisa memperluas target pasar, bisa meningkatkan penjualan, dan membangun relasi.

Lalu, bagaimana cara membuat brand produk bisa dikenal banyak orang? Ada 4 langkah membangun branding produk melalui online, mulai dari membuat postingan secara rutin dan lainnya kamu bisa baca artikel di bawah ini ya

Baca juga : Langkah Membuat Branding Produk Agar dikenal Banyak Orang

Fungsi Brand Awareness untuk Bisnis

Selain mempunyai manfaat, kesadaran merek juga punya 4 fungsi penting untuk semua bisnis tidak hanya usaha offline tetapi bisnis online juga bisa menerapkannya.

1. Membangun Persepsi

Kesadaran merk atau brand awareness dapat kamu lakukan dengan mengirimkan referal atau bisa juga melalui sosial media. Nah, kalo berjalan sesuai dengan rencana kamu maka dapat membuat citra yang positif untuk bisnis kamu.

Misalkan kamu berjualan pakaian lalu konten sosial media kamu menarik dan review dari konsumen kamu sebelumnya juga baik. Kemungkinan calon konsumen kamu yang melihat media sosial kamu akan merekomendasikan produk kamu kepada orang lain.

2. Menumbuhkan Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan pelanggan penting, jika mereka percaya dengan produk yang kita jual maka ada kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan loyal bisnis kita.

Contoh brand awareness adalah kamu berjualan pakaian dengan kualitas barang yang bagus dan harga yang terjangkau lalu kamu mengirimkan produk ke pelanggan dan mereka merasa puas dan percaya sehingga mereka bisa merekomendasikannya kepada orang lain.

Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Toko Online Kamu

3. Dapat Membuat Jaringan dan Asosiasi

Kalo kamu dapat merencanakan dengan baik, maka kesadaran akan brand kamu bisa menyebar secara cepat.

Nah, dari situ sebuah merek bisa dijadikan sebagai topik diskusi dan membangun sebuah jaringan yang nantinya bisa kamu gunakan untuk menyebarkan informasi.

Selain membangun jaringan kamu juga bisa menciptakan asosiasi dimana orang akan memikirkan brand kamu saat menemukan kategori produk.

4. Menciptkan Ekuitas Bisnis

Semakin banyak orang yang mengenali produk kamu, maka brand kamu semakin berharga sehingga kamu bisa menciptakan ekuitas merek. Dengan ekuitas merek yang tinggi, kamu bisa mendapatkan konsumen yang loyal.

Selain langkah strategi marketing untuk membangun brand awareness, kamu juga membutuhkan teknologi dalam membangun sebuah bisnis bukan?

Teknologi yang dapat kamu lakukan salah satu caranya dengan menggunakan software atau aplikasi yang membantu kamu untuk segala proses penjualan.

Platform yang menyediakan banyak fitur terintegrasi laporan keuangan, pencatatan stok barang, webstore, point of sale (POS) sampai gudang adalah Jubelio omnichannel.

Dengan Jubelio, toko fisik (offline) maupun online sudah terintegrasi dan kamu dapat mengakses keduanya hanya dalam satu sistem aja udah bisa urus akunting, persediaan barang, dan WMS juga.

Kalo kamu mau tau penjelasan lengkapnya, tinggal klik tombol tanya Jubelio di bawah ini:

Kamu juga bisa cari tau sendiri fitur Jubelio dan kelebihannya, kamu bisa klik link di bawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×