fbpx
jenis digital marketing

6 Jenis Digital Marketing Untuk Menjual Produkmu Secara Online

Bagi seorang pebisnis, pastinya ingin selalu meningkatkan penjualan dari produk yang dimilikinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menarik pelanggan, ialah dengan kegiatan pemasaran yang sesuai dengan target pelanggan dan kebiasaannya dalam berbelanja.

Jika kamu merupakan seorang pebisnis yang melakukan penjualan secara online, kamu perlu mengetahui kegiatan pemasaran apa saja yang perlu kamu lakukan melalui media digital atau internet.

Agar kamu bisa memasarkan produk kamu dengan tepat, maka kamu perlu pahami jenis-jenis digital marketing sebagai berikut :

1. Website Toko Online

Dengan memiliki website toko online kamu gak hanya bisa menampilkan produk yang kamu tawarkan, tapi juga bisa memberikan pesan brand dan informasi yang bersifat edukasi buat pelanggan.

Agar pelangganmu semakin yakin bertransaksi kamu bisa lakukan cara untuk meningkatkan reputasi brand di website toko online .

2. Search Engine Optimization (SEO)

SEO dilakukan untuk mengoptimasi sebuah website agar dapat menempati peringkat teratas dari hasil pencarian.

Dengan menempati ranking tinggi, maka potensi untuk trafik bahkan mengasilkan leads pun meningkat.

Untuk bisa menyusun strategi yang tepat dalam SEO, kamu perlu mengetahui cara kerja atau algoritma dari mesin pencari.

Hal yang perlu kamu perhatikan dalam SEO ialah URL, struktur konten, konten informasi, pahami maksud pencarian dari pelanggan, banyaknya backlink berkualitas yang terhubung website kamu hingga kecepatan website yang kamu miliki.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Membuat Toko Online

3. Search Engine Marketing (SEM)

SEM adalah cara yang kamu bisa gunakan untuk meningkatkan visibilitas dari website kamu. SEO yang udah dibahas sebelumnya merupakan bagian dari SEM. Selain itu SEM juga termasuk dengan pencarian berbayar seperi klik berbayar. Untuk memaksimalkan hasil dari SEM ini, kamu perlu perhatikan hal seperti keyword yang dipakai pelanggan, dana yang dialokasikan, serta ad copy yang digunakan.

4. Media Sosial

Di era saat ini, hampir semua orang mulai dari orang tua hingga anak kecil, mulai dari yang berada di kota besar hingga di daerah terpencil sudah memiliki akun sosial media.

Sosial media yang ada pun beragam dan memiliki karakteristik penggunanya masing-masing.

Untuk itu dalam melakukan pemasaran, kamu perlu mengetahui cara kerja tiap sosial media dan menggunakannya sesuai dengan identitas brand kamu.

5. Affiliate Marketing

Kamu bisa melakukan pemasaran secara afiliasi dengan pebisnis lain sehingga dapat menghasilkan penambahan trafik.

Semakin terpercaya, maka semakin banyak pengikut dari rekan afiliasi bisnismu maka semakin besar juga kesempatan bisnismu untuk mendapatkan trafik.

Cara yang digunakan dalam jenis ini ialah dengan pemasangan backlink pada website atau artikel maupun media sosial yang dimiliki oleh afiliasi bisnis.

Baca Juga: 4 Langkah Strategi Branding Untuk Memulai Bisnis Online

6. Broadcast Marketing

Salah satu alternatif yang banyak digunakan untuk marketing ialah dengan menggunakan broadcast marketing. Adapun media yang sering digunakan ialah e-mail, sms, hingga layanan pesan singkat seperti whatsapp, line, telegram dan facebook mesengger.

Keuntungan dengan memakai broadcast marketing ini dapat mengirimkan pesan langsung kepada target pelanggan. Namun kamu perlu berhati-hati memakai jenis marketing ini karena jika pelanggan merasa terganggu, mereka dapat mengkategorikan pesan yang kamu kirimkan menjadi spam atau pesan yang tidak relevan.

Setelah mengetahui jenis marketing beserta strategi dalam pengguna, sekarang saatnya kamu untuk memiliki jenis digital marketing mana yang sesuai dengan bisnis dan pelangganmu.

Jika kamu masih bingung dengan strategi pemasaran yang dibutuhkan, kamu dapat menggunakan bantuan dari Jubelio. Dengan menggunakan Jubelio kamu tidak hanya bisa membuat website toko online mu sendiri, bahkan dibantu oleh tim support profesional untuk layanan digital marketing bisnismu.

Buat Toko Online!

 

×